Teori Konspirasi Penganut Keyakinan Bumi Datar!!

16 Oct 2018 13:41 2460 Hits 0 Comments
Bumi ini bulat atau datar? Teknologi telah membantu kita menyaksikan sendiri Bumi yang bulat, bukan lagi sekedar kesimpulan dari deretan fenomena yang menjadi pembuktian tak langsung. 

Bumi ini bulat atau datar? Teknologi telah membantu kita menyaksikan sendiri Bumi yang bulat, bukan lagi sekedar kesimpulan dari deretan fenomena yang menjadi pembuktian tak langsung. Pada 600 SM, filsuf Yunani Kuno bernama Phytagoras sudah berujar tentang bentuk Bumi yang bulat. Pada Abad Pertengahan, pengetahuan bahwa Bumi bulat seperti bola sudah cukup diterima. Hanya saja, seperti yang dibantah oleh Galileo, Bumi masih dipandang sebagai pusat tata surya.

Kemudian di pertengahan 1800-an, Samuel Rowbotham muncul, ia mengumumkan bahwa Bumi berbentuk datar. Bahkan, 1,5 abad kemudian, lahirlah Masyarakat Bumi Datar(Flat Earth Society, FES) di Internet.  Kaum Bumi Datar memiliki pendapat sendiri mengenai bentuk Bumi. Padahal banyak ahli telah memberikan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa Bumi kita ini memiliki bentuk bulat, seperti planet-planet lain yang mengelilingi Matahari.

Bahkan beberapa anggota Kaum Bumi Datar pernah melakukan beberapa hal, seperti meluncurkan roket atau mengadakan ekspedisi ke Antartika, untuk membuktikan pendapat mereka.

Berikut beberapa teori  yang dilontarkan oleh para pencinta pandangan Bumi Datar:

1. Tembok Es Antartika

Gambar terkait

Untuk suatu model Bumi datar, dunia ini berbentuk cakram dengan Kutub Utara di tengahnya. Cincin di tepiannya adalah tembok es yang mengelilingi lingkaran 'cakram' Bumi. Nah, cincin itulah yang disebut Kutub Selatan (Antartika). Tembok es itu dimaksudkan agar samudra-samudra Bumi tidak bocor ke sisi lain di antah berantah. Ada banyak teori, mulai dari spekulasi ilmiah hingga fanatisme agama. Salah satunya adalah klaim bahwa tembok es Antartika dikelilingi oleh samudra lain. Di luar sana ada "benua terlarang, yaitu Antichtone".

Samuel Rowbotham menyerah melakukan tebakan dan dengan enteng mengatakan, "Pemahaman manusia terhalang oleh es abadi tak tertembus, membentang lebih jauh daripada yang dapat dilihat mata atau teleskop dan tersesat dalam bayangan atau kegelapan."

Sudah ada banyak penjelajah yang melintasi Antartika, sehingga Kutub Selatan seakan telah menjadi tujuan wisata. Sukar dibayangkan ada orang yang jatuh ke perbatasan es abadi.

2. Gambar-gambar Palsu

Gambar terkait

Mudah menyaksikan Bumi dari angkasa, termasuk menggunakan begitu banyaknya gambar dan video International Space Station (ISS).

Atau menyaksikan video selang-waktu (time-lapse) rekaman satelit Jepang bernama Himawari-8. Satelit itu mengambil foto Bumi setiap 10 menit dari ketinggian 35 ribu kilometer.

Nikmatilah foto ketika Bumi 'terbit' yang diambil oleh William Anders dari bulan pada 1968 atau tayangan dari wahana Cassini ketika menoleh sejenak ke Bumi saat ia melintasi Saturnus.

Tapi, bagi para penggemar Masyarakat Bumi Datar (Flat Earth Society) dan jutaan orang serupa mereka, gambar-gambar itu adalah palsu.

Bagi mereka, semua video terbitan NASA, ESA, CNSA, Roscosmos dan semua badan antariksa lainnya hanyalah skedar grafik komputer. Fotopun dianggap sekedar rekayasa Photoshop.

Dengan demikian, suatu organisasi yang selama sejak 1946 menciptakan gambar-gambar palsu, dianggap memiliki rencana jahat.

3. Bumi Tidak Bergerak

Hasil gambar untuk pergerakan bumi

Penganut Bumi Datar menganggap bahwa Bumi tidak bergerak sama sekali. Padahal sekarang saja Bumi berotasi dengan kecepatan 1.600 kilometer per jam.

Lalu kenapa kita tidak merasakannya? Untuk mudahnya bayangkan kita berada di dalam pesawat yang bergerak 926 kilometer per jam. Biasanya kita akan bisa merasa stabil di dalamnya, kecuali saat pesawat mendarat atau lepas landas. Kita bisa berjalan di dalam kabin, menuang minuman, atau pergi ke toilet.

Hal yang sama juga terjadi saat kita berada di permukaan Bumi. Jadi rotasi Bumi yang konstan membuat kita merasa stabil.

4.Gravitasi Tidak Ada

Hasil gambar untuk bukti gravitasi

Gravitasi adalah kekuatan pada benda-benda dengan massa sehingga saling menarik. Kekuatan itulah yang menjaga orang tetap di tanah, air pasang, dan orbit planet seputar matahari. Itu jugalah yang menjadi bukti bahwa Bumi bulat atau mendekati bulat.

Karena Bumi yang datar tidak tunduk pada hukum gravitasi, maka para pencinta teori Bumi datar bersikeras bahwa gravitasi tidak ada. Yang ada adalah Akselerasi Semesta (Universal Acceleration, UA).

Menurut UA, cakram datar Bumi melakukan akselerasi ke atas secara konstan, seperti suatu roket besar. Dampaknya sama, sehingga orang yang melompat akan jatuh lagi. Tapi, bukan Bumi yang menarik orang itu, melainkan Bumi itulah yang naik

Jadi, apa penyebabnya? Suatu teori mengatakan bahwa akselerasi (percepatan) itu disebabkan oleh selimut energi gelap yang muncul di bawah Bumi.

5. Matahari Tidak Sejauh Jutaan Kilometer

Hasil gambar untuk jarak matahari ke bumi

Menurut para pencinta teori Bumi Datar, matahari hanya berjarak sekiotar 4800 kilometer dengan garis tengah hanya sekitar 51 kilometer. Matahari dianggap seperti bola lampu raksasa yang mengitari dan menerangi permukaan datar seperti sebuah mercusuar.

Seperti disebut sebelumnya, model Bumi datar mengandaikan Kutub Utara sebagai pusat cakram dengan dikelilingi tembok es raksasa di tepinya.

Mirip sebuah senter bergerak pelan menurut arah jarum jam di atas lembaran kertas, maka seperti itulah matahari. Lingkaran cahaya itu tidak menyentuh seluruh lempengan itu sekaligus, sehingga itulah yang membedakan siang dan malam.

Tapi, bagaimana dengan pergantian musim dan matahari tengah malam di kutub-kutub bumi? Anggaplah matahari memang mengelilingi Bumi seperti itu, mungkin sedikit oleng sehingga terciptalah musim-musim. Mungkin bergerak mendekat ke Kutub Utara di musim panas dan menjauh di musim dingin.

Tapi bagaiman dengan muism panas di belahan selatan bumi ketika matahari bersinar 24 jam di Kutub Selatan? Seandainya Antartika memang sebuah cincin sekeliling Bumi, maka tidak mungkin ada satu segmen yang terus menerus menerima cahaya kecuali kalau seluruh Bumi itu juga terkena cahaya.

6. Langit Adalah Kubah Kaca

Gambar terkait

Menurut yang percaya, langit dan semua yang ada di dalamnya adalah palsu. Kita sekedar melihat kubah yang menyembunyikan angkasa yang sesungguhnya. Tak ada yang mengetahui ada apa di atas sana karena kubah itu menghalangi kita, mungkin ada alien.

Asal mula teori kubah mengacu kepada ayat yang menyebutkan Tuhan memasang "lengkung langit" di atas Bumi. Beragam teori tentang apa yang ada di balik kubah itu bermacam-macam, ada yang menduga samudra raksasa atau kehampaan yang luas. Banyak orang mengatakan bahwa matahari dan atmosfer berada di dalam kubah itu, bahkan kubah dianggap sebagai pemegang kedudukan atmosfer, bukan gravitasi.

Hampir semua pencinta teori ini sepakat bahwa apapun yang di luar sana bukanlah angkasa luar yang kita kenal. Bahkan ada teori lain yang menyebutkan bahwa hologram diproyeksikan ke permukaan kubah itu sehingga menampilkan pemandangan angkasa yang kita lihat tiap malam.

Lalu, siapa yang menempatkan hologram itu di sana? Bagaimana caranya dan untuk apa? Jawabannya pun disederhanakan pada dua hal: paranoia dan alien.

Teori yang lebih meluas adalah bukan langit itu yang merupakan hologram, tapi bulan lah yang merupakan hologram. Cukup banyak video diunggah tentang bulan yang "tergelincir" atau "meleleh".

Tapi, penjelasannya tidak berkaitan dengan dampak atmosferik, kerusakan kamera, distorsi video, ataupun penjelasan lain yang masuk akal.

7. Benda Bayangan Penyebab Gerhana Bulan

Hasil gambar untuk gerhana bulan

Beberapa orang menyebutnya Benda Bayangan (Shadow Object) atau ada yang menyebutnya Nega Moon. Tak ada yang mengetahui apa itu, tapi dianggap menyebabkan gerhana bulan. Secara tradisional, gerhana bulan terjadi ketika matahari, Bumi, dan bulan berada segaris. Bumi ada di tengah-tengah sehingga bayangannya mengenai permukaan bulan.

Tapi, jika matahari hanya berjarak beberapa kilometer dan Bumi datar, maka hal itu tidak bisa terjadi. Karena itu, diciptakanlah suatu benda yang disebut Shadow Object tadi--suatu benda misterius yang selalu berada di langit.

Secara periodik, Benda Bayangan itu melintas di depan bulan dan menyebabkan gerhana. Kadang-kadang benda itu disebutkan sebgai versi lain dari bulan yang biasanya tersamar karena silaunya cahaya matahari. Beberapa pendapat lain mengatakan bahwa benda itu sebagai "kekelaman" tempat bulan keluar dan masuk. Lagi-lagi, bulan dipandang sebagai hologram.

8. Roket Tidak Bisa Mencapai Angkasa

Gambar terkait

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi roket telah meningkat pesat. Pada Desember 2015, SpaceX berhasil mendaratkan tahap pertama roket Falcon 9 setelah membawa suatu muatan satelit ke orbit. Pada Januari 2016, Blue Origin mentuntaskan pendaratan ke dua dengan roket mereka sendiri, New Shephard.

Bagi para pencinta Bumi Datar, pencapaian roket-roket itu mustahil. Bagi mereka, roket subortbit seperti Falcon dan Shephard maupun roket orbit penuh seperti roket pemasok ISS, semuanya dianggap tidak meluncur secara vertikal, melainkan mengikuti lintasan yang dikenal sebagai tikungan gravitasi.

Ketika meninggalkan landasan peluncuran, roketnya bergerak lurus ke atas. Tapi, gravitasi melawan daya dorong roket itu. Sehingga, agar roket bisa naik, ia akan melenceng sedikit agar gravitasi menarik roket mendekati posisi mendatar sambil mendekati garis Karman.

Garis Karman adalah titik di mana atmosfer Bumi secara teknis berubah menjadi angkasa, sekitar 100 kilometer di atas sana. Teknik ini berguna menghemat bahan bakar, karena roket menggunakan bagian besar bahan bakarnya untuk akselerasi ke kecepatan orbit saat sebelum sampai di garis Karman.

Tapi, jika orang mengamati ini dari permukaan Bumi, roket itu seakan melintas melengkung sepanjang dasar langit-langit kaca. Menurut pencinta teori Bumi Datar, lengkungan lintasan itu merupakan bukti bahwa roket tidak dapat menembus hingga keluar angkasa

9. Nasa Didirikan Oleh Nazi

Hasil gambar untuk nazi di nasa

Menurut pandangan FES, NASA adalah sekumpulan orang-orang jahat, lengkap dengan kisah Freemasons, Illuminati, manusia kadal, dan kekuatan-kekuatan setan. Yang lebih jahat lagi adalah orang-orang yang mengendalikan NASA, diduga kaum Nazi.

Mari kembali ke tahun 1940-an. Perang Dunia II sedang pada puncaknya dan seorang insinyur muda bernama Wernher von Braun membangun roket untuk kepentingan Nazi, termasuk V-2 yang membawa bencana ke London pada 1944.

Setelah menyerah kepada Sekutu pada 1945, von Braun dipekerjakan di Angkatan Darat Amerika Serikat dan menjadi tokoh penting program angkasa AS, termasuk penciptaan roket Saturn V yang meluncurkan Appolo.

Sejak saat itu, NASA menyebutnya "ilmuwan roket terhebat sepanjang sejarah."

Sejak saat itu, bermunculanlah kemajuan-kemajuan teknolgoi dalam sejarah dan kesempatan untuk memasuki dunia-dunia baru.

Tapi, bagi para pencinta teori Bumi Datar, NASA tidak lebih daripada "sekumpulan pembohong profesional, ilmuwan palsu, Freemason, dan Mormon." Bahkan, nama "Apollo" pun dianggap sekedar nama lain untuk setan.

10. Pemandangan Ufuk Langit Tidak Lengkung

Gambar terkait

Rapper B.o.B adalah seorang penganut Bumi datar yang sering berpendapat bahwa datarnya ufuk langit sebagai bukti utama bentuk Bumi datar.

B.o.B juga pernah mengunggah sebuah foto dirinya sendiri di atas sebuah bukit dengan latar belakang kota ke Twitter-nya. Di foto itu ia menulis: "Kota di belakang kurang lebih berjarak 16 mil (25,7 kilometer). Di mana lengkungannya? Tolong jelaskan hal ini."

Namun B.o.B sepertinya lupa bahwa Bumi memiliki rata-rata diameter 12.742 kilometer. Artinya ukuran Bumi yang sangat besar membuat kita tidak bisa melihat langsung dari permukaan Bumi. Bayangkan seekor semut di atas bola basket yang memiliki diameter 1.000 meter. Tentu semut tidak akan bisa melihat lengkungan dari bola tersebut.

Teorinya, kita bisa melihat sedikit lengkungan di ufuk langit saat sedang berada di pesawat yang terbang di ketinggian di atas 10.600 meter. Namun untuk bisa melihatnya kita tetap memerlukan jarak pandang yang luas.

Itulah beberapa kospirasi dari penganut keyakinan bumi datar.

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 32
Ordinary

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel