Antisipasi Hama Tanaman Padi, Babinsa Koramil 0815/16 Pacet Bersama Petani Lakukan Penyemprotan

11 Oct 2018 19:24 834 Hits 0 Comments
Mojokerto -  Untuk mengantisipasi serangan hama atau penyakit pada tanaman padi, Babinsa Koramil 0815/16 Pacet Kodim 0815 Mojokerto, Sertu Didik Sandi Tofan turun langsung mendampingi petani melakukan penyemprotan tanaman padi di Dusun Dukuh Desa Petak Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. 

Mojokerto -  Untuk mengantisipasi serangan hama atau penyakit pada tanaman padi, Babinsa Koramil 0815/16 Pacet Kodim 0815 Mojokerto, Sertu Didik Sandi Tofan turun langsung mendampingi petani melakukan penyemprotan tanaman padi di Dusun Dukuh Desa Petak Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.         

Penyemprotan tanaman padi jenis varietas membramu di lahan seluas 0,7 hektar milik Mulyono, anggota Poktan Tani Makmur II, dusun/desa setempat dilakukan pada Kamis (11/10/2018) pagi, dengan menggunakan satu unit handsprayer. Agar hasilnya maksimal, dalam penyemprotan tersebut mendapat pendampingan dari Babinsa setempat, Sertu Didik Sandi Tofan. 

Usai kegiatan Babinsa mengungkapkan, tujuan dilakukannya penyemprotan pada tanaman padi, diantaranya untuk menjaga tanaman agar terhindar dari segala serangan hama atau penyakit sehingga pertumbuhannya maksimal dan dapat menghasilkan panen yang optimal.

Masih lanjutnya, gangguan hama atau penyakit tersebut bisa datang dari Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) berupa serangan hama dan penyakit, adanya gulma atau rumput liar, termasuk beberapa faktor penyebabnya.

Sertu Didik Sandi Tofan mengatakan, waktu penyemprotan yang baik pada pagi hari, ketika air embun mulai hilang dan sebelum terik matahari menyengat atau antara pukul 08.00 hingga menjelang pukul 10.00.  

Sedangkan pada sore hari, lanjutnya, penyemprotan dilakukan antara pukul 15.00 hingga menjelang pukul 17.00. “Lakukan penyemprotan pada pangkal batang padi, karena saat itu hama biasanya menetap pada pangkal batang padi,” tandasnya. 

Masih kata Babinsa, saat matahari menyengat, hama akan bersembunyi sehingga kesulitan untuk bersentuhan atau kontak dengan insektisida.  “Untuk itu jangan menyemprot saat panas terik dan kering, atau saat angin sangat kencang dan bila akan turun  hujan,” pesan Babinsa.

Secara bersamaan Babinsa Bendungjati Sertu Sutrisno melakukan pendampingan perawatan tanaman padi varietas yang sama, Mamberamo, di lahan seluas 0,5 Ha milik Liyanto salah satu anggota Poktan Mekarsari I.  

Tags

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel