Pesan Donny Imam Priambodo di Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

10 Oct 2018 16:53 1215 Hits 0 Comments
Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Jakarta – DPR RI Partai Nasdem Dapil Jateng III Donny Imam Priambodo memberikan tanggapannya mengenai peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang diperingati saban tanggal 10 Oktober. Menurutnya, jiwa dan mental itu merupakan daya yang memberikan spirit bagi setiap kegiatan di kehidupan kita.

Terlebih di kota-kota besar yang tekanan mentalnya dua kali lebih berat dari pada daerah pedesaan. Otomatis masyarakatnya juga memerlukan kesehatan jiwa dan mental yang kuat pula. Misalnya Jakarta, kata Donny, merujuk pada data Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kemenkes, masyarakat Jakarta rentan sekali terkena sakit jiwa.

“Hal ini dikarenakan tekanan mental, psikologis serta emosional kota-kota besar seperti Jakarta cukup besar. Misalkan tekanan ekonomi, daya saing, atau tekanan lainnya,” jawab Donny saat dimintai keterangan di Jakarta Pusat, Rabu (10/10/2018).

Persoalan kesehatan jiwa, lanjut Donny, juga masalah yang serius. Dia membeberkan data yang dirilis oleh WHO pada tahun 1990 yang mengatakan bahwa dari 10 masalah kesehatan utama yang menyebabkan disabilitas, 5 di antaranya adalah masalah kesehatan jiwa seperti depresi, alkoholisme, gangguan bipolar, skizofrenia, dan obsesif komplusif.

“Bahkan pada tahun 2020 mendatang, WHO menilai persoalan depresi akan menjadi penyakit urutan kedua dalam menimbulkan bebab kesehatan,” terang Donny.

Oleh karena itu, lanjutnya, sudah semestinya persoalan ini mendapat perhatian lebih baik dari pemerintah, maupun dari kalangan masyarakat itu sendiri. Sebelum nantinya persoalan jiwa dan mental ini meledak tidak terkendali. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?. (MN)
Tags

About The Author

Miss Nindy 27
Novice

Miss Nindy

I Like Coffee!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel