Kasdim 0815 : Babinsa Harus Kuasai Kondisi Wilayah

9 Oct 2018 19:44 1550 Hits 0 Comments
Mojokerto, -  Sebagai ujung tombak Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) para Babinsa dituntut menguasai kondisi wilayah binaan. Babinsa juga harus mampu beradaptasi dan melakukan komunikasi sosial dengan seluruh komponen masyarakat.

Mojokerto, -  Sebagai ujung tombak Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) para Babinsa dituntut menguasai kondisi wilayah binaan. Babinsa juga harus mampu beradaptasi dan melakukan komunikasi sosial dengan seluruh komponen masyarakat.

Demikian diungkapkan Kepala Staf Kodim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos saat melepas para Bintara Abituren Diktukba Regsus Babinsa, di Ruang Data Makodim 0815 Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto, Selasa (09/10/2018).

Kasdim juga meminta para Babinsa harus bersinergi dengan unsur tiga pilar lainnya yang ada di tingkat desa/kelurahan, yakni Kepala Desa/Kelurahan dan Bhabinkamtibmas.

“Selain tiga pilar tersebut, Babinsa juga harus membangun komunikasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan segenap elemen masyarakat lainnya,” tegasnya.

Namun untuk mencapai itu semua, lanjut Kasdim, para Babinsa harus membekali diri dengan pengetahuan teritorial dan ilmu pengetahuan lainnya atau paling tidak harus menguasai Lima Kemampuan Teritorial sehingga memudahkan dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

"Saat ini kalian sudah berubah status, dari Tamtama sudah menjadi Bintara, tentunya ini harus menjadi bekal untuk lebih percaya diri dalam menjalankan tugas sebagai Babinsa," lanjutnya.

“Para Babinsa harus mampu menjadi teladan bagi masyarakat di wilayah binaan dan pastikan kehadiran kalian sebagai Babinsa dapat membawa manfaat untuk masyarakat,” pinta Kasdim.

Sementara Pelaksana Harian Perwira Seksi Personel Kodim 0815 Kapten Inf Kambali, saat dikonfirmasi mengatakan, ada sejumlah 14 personel Kodim 0815 Mojokerto yang sudah alih golongan dari Tamtama menjadi Bintara melalui Pendidikan Pembentukan Bintara Reguler Khusus Babinsa (Diktukba Regsus Babinsa) Tahun 2018.

“Ke-14 Babinsa tersebut sudah diarahkan dan diploting masuk ke sejumlah Koramil jajaran Kodim 0815 Mojokerto,” ungkap Pasipers saat mendampingi Kasdim 0815..

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel