1

Kenapa Internet Indonesia Lebih Lambat Dari Singapura ?

1 Aug 2018 09:15 1000 Hits 0 Comments
Mau Tahu Kenpa Internet Di Indonesia Lebih Lambat Dibandingkan Negara Singapura ? yuk simak

Kecepatan Internet Indonesia memang belum secepat Negara Negara Maju di Asia seperti Korea , Jepang , China dan Negara Tetangga yaitu Singapura , memang wajar karena mereka merupakan negara yang sudah maju dalam berbagai bidang apalagi Bidang Teknologinya . Seperti Jepang adalah negara yang menciptakan Robot Robot yang sudah canggih dan pastinya Teknologinya juga sudah maju.

Sekarang kita tak usah membandingkan negara maju yang jauh , sekarang kita bandingkan Negara Singapura, Negara kecil yang luas nya hampir sama dengan DKI Jakarta ini merupakan Negara di Asia Tenggara yang sudah maju di berbagai bidang , Tak heran negara kecil ini sudah di bilang negara maju walaupun negara ini adalah negara kecil.

Perkembangan teknologi di Singapura, sangatlah baik karena pemerintah telah menyediakan fasilitas-fasilitas untuk publik yang berupa koridor bisnis yang akan di kembangkan adalah apa yang disebut dengan “Science Habitats” yang merupakan lingkungan yang berkualitas tinggi dan dekat dengan kegiatan bisnis.

 

Tetapi memang saat ini untuk kecepatan rata-rata internet global, Singapura menduduki posisi ke-6 menurut data AKAMAI Q3-2016 dengan kecepatan rata-rata 18.2 Mbps, sementara Indonesia menurut data yang sama, berada di peringkat ke-76 dengan kecepatan rata-rata 6,4 Mbps. Dibandingkan tahun lalu, kecepatan rata-rata internet di negara kita sudah naik 115%. Saat kecepatan ini dihitung bukan rata-rata, tetapi average peak connection atau kecepatan rata-rata internet maksimal, selisihnya tidak jauh lagi.

Singapura memang menduduki peringkat pertama di dunia dengan kecepatan 162 Mbps, dan Indonesia di posisi ke-4 dengan kecepatan 99,3Mbps, naik 220% dibanding kecepatan tahun lalu. Jika dilihat dari rata-rata kecepatan tertinggi ini, kecepatan internet Indonesia mengungguli banyak negara-negara maju lainnya. Jadi jangan berkecil hati, melihat persentase pertumbuhan kecepatannya tiap tahun, beberapa tahun ke-depan bisa saja kita akan memiliki kecepatan internet yang setara atau bahkan mungkin lebih baik dari negara tetangga kita itu.

Lagipula secara geografis, Singapura itu luas negaranya kecil jika dibandingkan Indonesia. Luas Singapura hanya lebih besar sedikit dari kota Jakarta.

Luas Indonesia yang demikian besar, menjadikannya tidak mudah bagi para operator, provider, dan pemerintah kita untuk membangun jaringan internet yang merata. Apalagi di Indonesia masih begitu banyak hutan dan gunung dengan ketinggian yang bervariasi.

Singapura sendiri 'gunung' tertingginya bernama Bukit Timah, tingginya hanya 164 meter saja. Jika kita berwisata dari Jakarta ke daerah Puncak (Bogor), tingginya sudah naik 1400 meter, dan gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya di Papua, tingginya hampir 5000 meter. Tempat-tempat yang luas dan bervariasi tingginya ini sangat sulit untuk dibuat jaringan internet biasa, misalnya melalui jaringan kabel. Untuk itu, pemerintah kita berupaya menggapai tempat-tempat yang jauh dan sulit, untuk sama-sama memiliki akses internet, dengan memiliki satelit sendiri, juga bekerjasama dengan ide-ide internet baru seperti Project Loon, internet menggunakan balon udara dengan Google, atau dengan Facebook yang menjadikan drone sebagai sarana pembawa sinyal internet.

Semoga saja proyek-proyek ini nantinya berhasil dan internet bisa tersedia merata di seluruh Indonesia

Mungkin saja dengan kemajuan Teknologi 5G nanti Indonesia dapat menikmati Internet yang cepat dan merata di seluruh Indonesia

Tags

About The Author

Elsa Aprilia Azzahra 30
Ordinary

Elsa Aprilia Azzahra

Haloo
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel