1

Investor Pemula Biasanya Menggebu-gebu untuk Dapatkan Cuan

24 Jul 2018 14:01 1281 Hits 0 Comments
"Jika menguasai dua cara analisis ini, investasi saham yang dilakukan tentu akan lebih maksimal," tandasnya.

BANDUNG - Tidak sedikit investor pemula yang sedang memulai berinvestasi di pasar modal begitu menggebu-gebu untuk mendapatkan cuan yang gede. Sayangnya, mereka belum memiliki bekal yang mumpuni untuk melakukan analisis.

Berbekal keprihatinan semacam ini, Bursa Efek Indonesia Kp Bandung bekerjasama dengan PT Indo Premier Sekuritas, IPOT Bandung, terus melakukan edukasi gratis untuk investor pemula agar mahir melakukan analisis dalam transaksi saham sehingga bisa mendapatkan cuan yang maksimal.

Memang, membeli saham nggak boleh dilakukan sembarangan, terutama untuk investor pemula. Sebaiknya, belilah saham yang punya fundamental baik, yaitu saham blue chip. Ciri-ciri dari saham blue chip adalah perusahaannya sudah dikenal luas oleh publik, kegiatan usaha yang jelas, tidak punya banyak hutang, dan produknya laku di pasaran.

Selanjutnya, untuk memaksimalkan keuntungan investasi saham, belajar menganalisis saham dengan rajin sangat disarankan. Ada dua cara yang umum dilakukan untuk menganalisis saham, yaitu analisis teknikal dan fundamental.

Saran ini disampaikan oleh Senior Marketing Officer IPOT Bandung, Isa Martian saat memberikan penjelasan pada para investor pemula di BEI KP Jawa Barat, Jalan PHH Mustofa No. 33 Bandung, Sabtu, 21 Juli 2018. Berbekal analisis, investor pemula akan tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual saham.

Ia pun menjelaskan, secara garis besar, analisis teknikal berguna untuk mengetahui rekam jejak pergerakan harga saham tertentu, serta faktor apa yang memengaruhinya. Sementara itu, analisis fundamental bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan atau emiten yang sahamnya diperdagangkan di bursa saham.

"Jika menguasai dua cara analisis ini, investasi saham yang dilakukan tentu akan lebih maksimal," tandasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan analisis fundamental adalah suatu analisis yang mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kondisi keuangan suatu perusahaan dengan tujuan untuk mengetahui sifat-sifat dasar dan karakteristik operasional dari perusahaan publik. Beberapa analisis fundamental yang biasa dilakukan biasanya mencakup analisis ekonomi, industri, keuangan perusahaan.

Sementara itu, analisis teknikal hingga kini digunakan sebagian orang sebagai salah satu tools di dalam berinvestasi. Analisis teknikal adalah teknik yang menganalisis fluktuasi harga saham dalam rentang waktu tentertu. Dari analisis pergerakan ini akan terlihat pola tertentu yang dapat dipakai sebagau dasar melaukan pembelian atau penjualan.

Tak hanya memaparkan dua analisis tersebut, ia juga menjelaskan fitur-fitur unggulan dari produk IndoPremier yang bernama IPOTSTOCK. Diketahui, IPOTSTOCK adalah online trading untuk saham dan ETF (Exchange Traded Fund) yang dapat diakses melalui aplikasi maupun web browser milik IndoPremier.

IPOTSTOCK menyediakan kenyamanan investasi saham online di pasar saham dengan teknologi tools modern untuk mengatur return terbaik investasi saham untuk para investor pemula. Dengan dukungan fitur dan tools analisis andal ditambah dengan distribusi berita dan informasi riset secara berkala yang komprehensif investor pemula berpotensi mendapatkan imbal hasil yang maksimal.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 40
Ordinary

Johanes Sutanto

Pembelajar dalam menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel