1

Analisis Teknikal Tidak Ubah Investor Jadi Seperti Dukun

17 Jul 2018 15:59 1728 Hits 0 Comments
Analisis teknikal dapat membantu investor mempelajari karakter pergerakan harga dan membuat investor mengenali peluang besar yang mungkin tercipta dalam fluktuasi harga.

JAMBI - "Mempelajari analisis teknikal secara komprehensif memang susah. Apalagi, dengan basic bukan ekonomi. Harapan saya sedikit demi sedikit memahami analisis teknikal," tegas salah satu peserta Training Analisa Teknikal di IDX KP Jambi, Sabtu, 14 Juli 2018.

Hal senada diungkapkan oleh peserta lainnya seperti Wanti Wirora dan Riko Putra Jaya yang lantas berharap waktu training untuk mengupas tema serupa diperpanjang.

Memang keberadaan analisis teknikal dalam transaksi saham sangat diperlukan. Analisis teknikal terbedakan dari analisis fundamental.

Sementara analisis fundamental memperhitungkan berbagai faktor, seperti kinerja perusahaan, analisis persaingan usaha, analisis industri, analisis ekonomi dan pasarf makro-mikro untuk mengetahui sehat atau tidaknya suatu perusahaan penerbit saham, analisis teknikal adalah teknik menganalisis fluktuasi harga saham dalam rentang waktu tertentu.

"Jika analisis fundamental lebih menentukan tentang apa saham yang bisa dibeli maka di analisis teknikal memprediksi kapan kita bisa membeli saham tersebut. Dari pergerakan harga bisa terlihat pola tertentu yang dapat dipakai sebagai dasar untuk melakukan pembelian dan penjualan," tandas Marketing Officer PT Indo Premier Sekuritas, IPOT Jambi, Lasmin.

Analisa teknikal mempelajari pergerakan harga suatu saham dan melihat moment di setiap pergerakan harga untuk mendapat keuntungan. Jadi, meskipun kondisi keuangan atau fundamental perusahaan tidak terlalu bagus, namun harga masih bergerak dengan aktif teknikalis masih dapat memanfaatkan pergerakan harga untuk menghasilkan keuntungan.

"Analisis teknikal dapat membantu investor mempelajari karakter pergerakan harga dan membuat investor mengenali peluang besar yang mungkin tercipta dalam fluktuasi harga. Penting untuk dipelajari bahwa analisis teknikal tidak akan membuat investor menjadi seperti dukun yang pasti bisa membaca pergerakan harga saham secara pasti."

Ia menegaskan tidak ada yang pasti dalam analisa teknikal. Di analisa teknikal kita berbicara tentang potensi atau kemungkinan.

Nah, biar bisa langsung melakukan transaksi saham, manfaatkanlah platform IPOTSTOCK keluaran PT Indo Premier Sekuritas.

Platform ini menyediakan kenyamanan investasi saham online di pasar saham dengan teknologi tools modern untuk mengatur return terbaik investasi saham. Dengan dukungan fitur dan tools analisis andal ditambah dengan distribusi berita dan informasi riset secara berkala yang komprehensif investor berpotensi mendapatkan cuan yang maksimal.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 40
Ordinary

Johanes Sutanto

Pembelajar dalam menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel