Negara-negara dengan teknologi paling maju di dunia

13 Jul 2018 09:34 192 Hits 0 Comments
Indonesia jangan sampai mau kalah oleh negara-negara ini.

Teknologi tentu sudah tidak terdengar asing di telinga orang-orang masa kini. Karena hampir semua peralatan dibangun menggunakan sebuah teknologi. Nah apasih pengertian teknologi itu sendiri? Teknologi adalah berbagai keperluan serta sarana yang berbentuk aneka macam barang , yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia. Teknologi juga merupakan aplikasi dari sains yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai macam masalah. 

Pada saat ini teknologi sangan berkembang pesat, dapat dilihat dari aneka inovasi yang ada saat ini. Perkembangan tersebut menyentuk beberapa sektor, yaitu:

  1. Ekonomi
  2. Pangan
  3. Informasi
  4. Komunikasi
  5. Tranportasi
  6. Medis
  7. Pendidikan

Berikut beberapa negara dengan teknologi paling maju di dunia:

1. Amerika Serikat

Amerika dapat berbangga diri dengan 6,7 juta pekerja di industri teknologi yang mereka miliki, 6% dari PDB negara itu berasal dari ekonomi digital dan belum termasuk dari sektor teknologi lainnya.

Apple  memberikan pengaruh untuk kesuksesan ekonomi negara ini, pada tahun ini Apple mencapai level tertinggi di pasar sakitar 800 miliar dolar.

2. Jepang

Jepang merajai industri teknologi asia. Pemerintah menginvestasikan 26 triliun yen pada tahun 2016 untuk perkembangan teknologi  dan usaha kecil untuk 5 tahun ke depan. Sony, Toshiba, Mitsubishi, Panasonic merupakan perusahaan ternama Jepang yang ikut meramaikan pasar teknologi dunia.

3. Korea Selatan

Korea merupakan negara ekonomi terbesar ke-14 didunia. Korea juga mempunyai beberapa perusahaan teknologi paling sukses di dunia. Salah satunya adalah Samsung dengan penjualan 174 miliar dolar pada 2017.

4. Jerman

Siemens adalah salah satu perusahaan Jerman yang berkembang pesat. Siemens yang dulu terkenal sebagai produsen ponsel kini mengembangkan usahanya ke berbagai lini. Dari transportasi hingga energi terbarukan.

5. Cina

Perusahaan perangkat keras Huawei telah memulai serangan mereka di pasar smartphone, belum lagi Baidu, Google China dengan lebih dari 70 pengguna aktif, dan ditambah Alibaba dengan situs ritel yang menjual barang elektronik hingga layanan real estat.

6. India 

Ternyata India pun masuk kedalam daftar negara dengan teknologi termaju didunia. Negara ini mampu menghasilkan 160 miliar dolar hanya dalam rentang waktu satu tahun. Salah satu negara yang berhasil monorehkan hasil suksesnya adalah Infosys yang beroperasi diseluruh dunia setelah memulai investasi  hanya dengan 250 dolar.

7. Inggris

Negara ini merupakan rumah bagi perusahaan IT ternama. Salah satu diantara yaitu Sage, perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak akuntansi yang terjual keseluruh dunia.

8. Kanada

Pada 2016,teknologi kanada mengungguli sektor keuangan dan asuransi negara ini. Perusahaan IT telah menyumbang 117 miliar dolar dari 51 triliun dolar PDB negara ini. Kanada memiliki Silicon Valley sendiri di Kitchener  dan Waterloo, pinggiran kota Toronto.

9.Swedia

Keberhasilan swedia keluar dari krisis keuangan tahun 2008 dilatarbelakangi oleh perusahaan teknologi negara tersebut. Swedia pada saat ini mengandalkan Sportify, Skype, dan Torrent, perusahaan yang menggunakan fleksibilitas internet untuk komunikasi dan berbagi informasi.

10. Australia

22% dari tenaga kerja negara ini merupakan tenaga kerja ini, jadi tidak heran banyak perusahaan teknologi terbesar melihat potensi pasar di Australia dan membuka kantor serta fasilitas penelitian dinegara ini.

11. Finlandia

Negara pembuat ponsel nokia ini, saat ini memfokuskan diri pada pengembangan perangkat lunak. Contohnya game mobile Angri Birds yang populer sampai saat ini.

12. Rusia

Sejak tahun 2000, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di negara ini berkembang empat kali lebih pesat dari rata-rata kinerja ekonomi Rusia. Bahkan semua tahu tentang kemampuan hebat para hackernya.

13. Israel

Pada bulan Maret 2017, Israel berhasil merebut perhatian dunia ketika Intel membeli perusahaan MobileEye dengan harga 15,3 miliar dolar. Demi pembangunan teknologinya, Israel menyediakan lebih dari 300 pusat penelitian dan fasilitas lain yang berhubungan dengan pengembangan teknologi.

14. Perancis

Pada tahun 2016, Perancis memiliki 96 perusahaan yang bergerak dibidang teknologi. Demi meningkatkan perindutriannya, Perancis kini menawarkan visa kepada siapapun yang bersedia mendirikan atau berinvestasi dalam startup teknologi di negaranya.

15. Malaysia

Malaysia mendapatkan perhatian setelah hadirnya Vitrox Corp, produsen semi konduktor dan microchip yang digunakan pada beberapa teknologi high-end yang berhasil menaikkan sahamnya sebesar 24% pada tahun ini. 

Walaupun Indonesia belum termasuk kedalam 15 negara dengan teknologi paling maju termasuk, tetapi Indonesia harus tetap berusaha agar dapat menyaingi negara-negara tersebut.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 17
Pensil

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel