Tingkatkan Kualitas Kesehatan Satgas TMMD Bangun 18 Unit Jamban Keluarga Di Desa Jembul

12 Jul 2018 20:55 1053 Hits 0 Comments
MOJOKERTO.  Dalam upaya membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat maka pada TMMD Reguler Ke – 102 TA. 2018 di wilayah Kodim 0815 Mojokerto, pembangunan jamban sehat menjadi salah satu sasaran fisik bagi warga yang kurang beruntung di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.  Keberadaan jamban sehat merupakan sanitasi dasar yang harus dimiliki setiap keluarga, dengan adanya jamban maka limbah manusia (tinja) dapat diisolasi sehingga tidak menyebabkan pencemaran pada air, tanah dan udara (bau) serta kesehatan lingkungan dapat terjaga.   

MOJOKERTO.  Dalam upaya membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat maka pada TMMD Reguler Ke – 102 TA. 2018 di wilayah Kodim 0815 Mojokerto, pembangunan jamban sehat menjadi salah satu sasaran fisik bagi warga yang kurang beruntung di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Keberadaan jamban sehat merupakan sanitasi dasar yang harus dimiliki setiap keluarga, dengan adanya jamban maka limbah manusia (tinja) dapat diisolasi sehingga tidak menyebabkan pencemaran pada air, tanah dan udara (bau) serta kesehatan lingkungan dapat terjaga.   

Untuk itu pada TMMD Reguler Ke – 102 di wilayah Kodim 0815 Mojokerto menjadikan jamban keluarga sebagai salah satu prioritas yang harus dibangun di samping pembangunan infrastruktur lainnya seperti jalan, balai desa, dan lain-lain.  Tercatat sejumlah 18 unit jamban sehat yang tersebar di wilayah Desa Jembul, dibangun pada TMMD kali ini.

Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH melalui Pasiterdim 0815 Kapten Arh Supriyono saat dikonfirmasi awak media, Kamis (12/07) mengungkapkan, pembangunan jamban keluarga sebagai salah satu sasaran fisik pada TMMD kali ini dimaksudkan untuk membantu mewujudkan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya bagi masyarakat yang kurang beruntung secara ekonomi yang tersebar di empat RT dan dua RW se-wilayah Desa Jembul. Pembangunan jamban keluarga ini, selain dari personel TNI, juga melibatkan masyarakat setempat secara gotong royong.  Melalui kegiatan ini diharapkan akan semakin memantapkan kemanunggalan TNI – Rakyat.   

Masih tuturnya, memasuki hari ketiga pasca dibukanya TMMD, pembangunan jamban keluarga sudah mencapai hasil cukup signifikan. Dari 18 jamban tersebut, 14 unit jamban sudah mencapai kisaran 53 %, 2 unit jamban mencapai 25 % dan 2 unit pada kisaran 1 %.  

Ditambahkan Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Inf Supriyanto, menambahkan ke-18 unit jamban keluarga tersebut, tersebar di lingkungan RT 01 sebanyak 5 unit dan  sisanya sejumlah 13 unit berlokasi di wilayah RW 02. 

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel