Kaum Perempuan Desa Jembul Terima Pelatihan MTU Kewirausahaan

12 Jul 2018 19:47 1182 Hits 0 Comments

MOJOKERTO.   Untuk membantu mewujudkan masyarakat yang mandiri di wilayah pedesaan, diperlukan upaya pemberdayaan dari pemerintah maupun pihak ketiga. Sepertinya halnya masyarakat di lokasi TMMD Reguler Ke-102 di Wilayah Kodim 0815 Mojokerto, yang berlokasi di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO.   Untuk membantu mewujudkan masyarakat yang mandiri di wilayah pedesaan, diperlukan upaya pemberdayaan dari pemerintah maupun pihak ketiga. Sepertinya halnya masyarakat di lokasi TMMD Reguler Ke-102 di Wilayah Kodim 0815 Mojokerto, yang berlokasi di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto.

Untuk mewujudkan kondisi tersebut, Satgas TMMD Reguler Ke-102 Kodim 0815 Mojokerto bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Tansmigrasi Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis – Pelatihan Kerja (PTPK) Mojokerto (Dulu BLK) menggelar pelatihan Mobil Training Unit (MTU) untuk warga Desa Jembul.

Kegiatan Pelatihan MTU bertemakan “Pelatihan Keterampilan Kejuruan Pengolahan Hasil Pertanian Program Peningkatan Kualitas Dan Produktivitas Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jatim Oleh Unit Pelaksana Teknis – Pelatihan Kerja Mojokerto Bersama TNI Manunggal Membangun Desa Ke-102 Tahun 2018 Di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto”, berlangsung di rumah Kasi Kesra Desa Jembul, Syamsul Huda diikuti 25 orang warga Desa Jembul yang semuanya merupakan kaum perempuan.

Pada kesempatan tersebut, penyaji material dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Kerja (PK) Mojokerto, Moh. Makhfud, menyampaikan materi seputar pengolahan hasil pertanian, yang meliputi pengetahuan bahan baku dan alat produksi untuk membuat donat, nastar, kastengel, roti, brownies dan rendang. 

Kegiatan pelatihan pengolahan hasil pertanian ini sudah dimulai sejak Selasa (10/07) dan akan berlangsung hingga tanggal 27 Juli 2018. Kegiatan dilaksanakan setiap hari, pada pukul 09.00 sampai dengan 10.00 WIB, untuk hari Sabtu dan Minggu libur.     

Adanya pelatihan pengolahan hasil pertanian ini disambut antusias kaum perempuan warga Jembul yang didominasi kaum ibu, mereka berharap usai menerima materi pelatihan ini mampu mempraktekannya, sehingga dapat menambah penghasilan.   

andim 0815 Mojokerto melalui Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, saat dikonfirmasi, Kamis (12/07) menuturkan, kegiatan pelatihan pengolahan hasil pertanian ini merupakan bagian dari sasaran non fisik dalam TMMD Reguler Ke-102 TA. 2018 yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan usaha ekonomi produktif  untuk masyarakat Jembul. 

Pelatihan ini, lanjutnya, sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam membantu merintis dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan baru di masyarakat.  Ini suatu ikhtiar untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas masyarakat,  sehingga diharapkan dapat membuka peluang usaha dan kesempatan kerja baru di masyarakat, tandasnya. 

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan warga masyarakat Desa Jembul khususnya kaum ibu-ibu dalam mengolah hasil pertanian yang ada, sehingga akan berdampak positif dalam menopang ekonomi keluarga dan dalam jangka panjang akan meningkatan kesejahteraan keluarga, pungkasnya.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel