Alasan orang India lebih sukses dibidang IT

12 Jul 2018 08:42 102 Hits 0 Comments
Inilah beberapa alasan mengapa programmer india lebih unggul dibanding programmer Indonesia

Diantara kalian, terutama anak smk pasti ingin langsung bekerja setelah lulus sekolah. Tentu tidak semudah itu mendapatkan pekerjaan, apalagi lulusan smk tidak memiliki gelar seperti lulusan kuliah. Namun tidak hanya anak kuliah yang menjadi pesaing bagi anak lulusan smk. Saat ini orang-orang yang berasal dari india lebih unggul kemampuannya dalam bidang IT dibanding orang-orang Indonesia. Banyak orang-orang India yang menjadi CEO di perusahaan-perusahaan ternama.

Jika kita tidak mengejar ketertinggalan, maka kita akan kalah saing oleh orang-orang India. Dampaknya, orang-orang Indonesia banyak yang akan kehilangan pekerjaannya, karena perusahaan lebih percaya akan kemampuan orang-orang India. 

Disini saya akan menjelaskan, mengapa orang India lebih unggul dibidang IT daripada orang Indonesia:

1. Jaringan Besar di Amerika Serikat sejak 30 tahun lalu

Ternyata usaha mereka tidak baru seumur jagung, sejak tiga puluh tahun lalu mereka berusaha keras  membangun perusahaan dan jaringannya di Silicon Valley. Disana mereka menciptakan hal-hal baru yang membuat mereka mencapai puncak posisi jabatan tertentu. Tidak hanya itu, mereka juga menempuh pendidikan/ kuliah di AS dan bekerja pada perusahaan teknologi disana. contohnya Sundar Pichai (CEO Google).

2.  Bahasa Inggris yang baik

India merupakan negara yang dijajah cukup lama oleh Inggris, hingga pada saat kemerdekaanya India menetapkan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Dengan berbahasa inggris yang baik, mereka dapat dengan mudah beradaptasi disana. Kemampuan tersebut merupakan anugerah besar bagi negara tersebut.

3. Pendidikan kelas dunia dalam bidang IT

Mereka yang sekarang menduduki posisi penting diperusahaan top IT, merupakan lulusan dari universitas ternama juga. Contohnya Sundar Pichai yang mendapat beasiswa dari Stanford University . Selain itu banyak juga pemuda India yang bermodal nekad untuk berkuliah di Amerika, mereka hanya menyewa rumah yang kecil dan membayar secara patungan. Namun setelah menyelesaikan pendidikannya, hidup mereka jauh lebih baik.

4. Gaya kepemimpinan dan manajemen yang partisipatif

Gaya kepemimpinan mereka cenderung kearah partisif, dimana mereka membangun hubungan yang baik dengan bawahannya . Mereka jauh dari sikap egosentris dan kasar pada bawahan. Selain itu mereka juga akrab dengan perbedaan, mereka terbiasa berbicara dengan bahasa yang berbeda dan menghadapi orang yang berbeda agama.

5. Gaji yang kompetetif

Jika dibanding dengan negara lain, india termasuk tidak mahal dalam urusan gaji. Padahal kemampuannya dibidang IT sudah terjamin.

6. Faktor Karakter

Orang-orang India memiliki karakter yang keras dan ambisius dalam mengejar impian. Mereka mengandalkan modal nekad untuk melalukan sesuatu. Contohnya banyak dari pimpinan perusahaan yang berasal dari India, awal mula karirnya memulai pendidikan pendidikan di Amerika dengan modal nekad.

Dari penjelasan tersebut dapat dijadikan motivasi untuk kita semua menjadi orang yang ahli dibidang IT. Tidak sedikit juga orang-orang India yang sukses dibidang IT, kita dapat mencontohnya agar kita tidak tertinggal oleh orang-orang yang sudah ahli.

Cukup sekian terima kasih.

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 9
Kapur Tulis

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel