Babinsa Koramil 0815/02 Trowulan Bekali Siswa PBB Dan Wawasan Kebangsaan

11 Jul 2018 17:53 245 Hits 0 Comments
MOJOKERTO.         Mengawali Tahun Pelajaran 2018/2019 para peserta didik baru diwajibkan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).   Seperti di  MTs/MA Miftahul Hikmah Desa Jambuwok Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.   Tujuan dari MPLS itu sendiri, salah satunya agar siswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

MOJOKERTO.         Mengawali Tahun Pelajaran 2018/2019 para peserta didik baru diwajibkan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).   Seperti di  MTs/MA Miftahul Hikmah Desa Jambuwok Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.   Tujuan dari MPLS itu sendiri, salah satunya agar siswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

Guna mencapai tujuan tersebut, sebagai Satuan Komando Kewilayahan, Koramil 0815/02 Trowulan Kodim 0815 Mojokerto, melalui Babinsa setempat turut berpartisipasi dalam kegiatan MPLS di MTs/MA Miftahul Hikmah, yang diwujudkan dalam bentuk melatih Peraturan Baris Berbaris (PBB), Selasa (10/07/2018).

Sejumlah 120 siswa/siswi MTs/MA Miftahul Hikmah terdiri dari 65 siswa/siswi kelas VII MTs dan 55 siswa/siswi MA mendapat pelatihan PBB dari Bati Komsos Koramil 0815/02 Trowulan Pelda Maryadi dibantu satu orang Babinsa, Serda Ahmad Mulyadi.   

Pelda Maryadi dan Serda Ahmad Mulyadi secara bergantian memberikan materi latihan dasar PBB kepada para siswa, meliputi gerakan di tempat, gerakan berjalan dan penghormatan.  Selama latihan, kedua anggota Koramil Trowulan tersebut tidak bosan memberikan koreksi sekaligus membenahi para siswa/siswi yang gerakannya kurang tepat/salah.

Selain materi PBB, Babinsa juga memberikan pemahaman wawasan kebangsaan bagi peserta didik baru.  Materi Pancasila menjadi pokok bahasan dalam kegiatan tersebut, dengan titik berat pada pengamalannya.  Seperti sikap toleran dan saling menghormati antar pemeluk agama dan keyakinan yang sangat beragam dan lain-lain.  

Di akhir kegiatan, Pelda Maryadi juga memberikan materi bela negara bagi para peserta didik baru. Dijelaskannya, bahwa bela negara merupakan hak sekaligus kewajiban bagi setiap warga negara.  Melalui bela negara dapat mewujudkan kehidupan masyarakat yang tertib, aman dan damai serta untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.    

Sementara Kepala Sekolah MTs/MA Miftahul Hikmah M. Awam, SE, saat membuka kegiatan, diantaranya menyampaikan, kegiatan MPLS ini dilaksanakan dengan tujuan agar para siswa peserta didik baru dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengenal potensi siswa, memotivasi siswa untuk belajar, dan membantu siswa untuk berinteraksi dengan siswa lainnya atau warga sekolah. 

Tak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan Kepala Sekolah atas kesediaan waktu para Babinsa Koramil untuk hadir dan memberikan materi PBB, kedisiplinan dan wawasan kebangsaan bagi peserta didik baru di MTs/MA Miftahul Hikmah.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 37
Pena

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel