1

Mojokerto Dikunjungi Tim Monev Alsintan Ditjen PSP Kementan RI

7 Jul 2018 16:34 1050 Hits 0 Comments
MOJOKERTO.         Tim Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian RI  melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) Alat Mesin Pertanian (Alsintan) di wilayah BPP Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (06/07/2018). 

MOJOKERTO.    Tim Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian RI  melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) Alat Mesin Pertanian (Alsintan) di wilayah BPP Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (06/07/2018). 

Turut serta mendampingi Tim antara lain, Danramil 0815/05 Gedeg Kapten Inf Kambali, Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Gedeg, H. Akhmad Burhan, SP, Babinsa, PPL dan Ketua Poktan Tani Jaya, Niadi beserta anggota.   

Menurut keterangan Danramil 0815/05 Gedeg Kapten Inf Kambali, kedatangan Tim Monev dari Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan RI yang dipimpin Gunawan, selain untuk monitoring dan evaluasi juga sekaligus mengevaluasi kinerja Alsintan Bantuan APBN dan APBD yang tersebar di kelompok tani. 

Kelompok Tani (Poktan) Tani Jaya, Dusun Mulyosari Desa Gembongan menjadi sasaran monitoring kali ini.   Dari hasil pantauan di lapangan, sejumlah tiga unit hand tractor yang merupakan Alsintan bantuan dari Kementan RI dalam kondisi baik dan operasional.

Sehari sebelumnya, Kamis (05/07) di Kantor BPP Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, juga dilaksanakan kegiatan sosialisasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pemanfaatan Alsintan oleh Staf Ditjen PSP Kementan RI, yang dihadiri sekitar 80 orang, antara lain Danramil 0815/11 Pungging Kapten Inf Mujiono, Para Kabid Distan Kabupaten Mojokerto, Danpos Ramil Mojoanyar Letda Inf Akhmad Rifa’i, Para Ketua Koordinator BPP, Perwakilan PPL dan Ka Poktan  se-wilayah Kabupaten/Kota Mojokerto.

Tim Ditjen PSP Kementan RI yang diwakili Hananta, menghimbau para Poktan dan Penerima Alsintan untuk memanfaatkan penggunaan Alsintan khususnya TR 2 secara maksimal, dan diupayakan setelah masa panen agar lahan secepatnya diolah dan dibajak kembali guna menyiapkan masa tanam berikutnya. 

Hananta juga meminta agar pelaporan Luas Tambah Tanam (LTT) dan Operasional Penggunaan Alsintan harus sinkron.  Para Ketua Koordinator dan PPL agar menginvetarisir Alsintan dengan benar, tandasnya

Sementara Kadistan Kabupaten Mojokerto Ir. Suliestyowati, MM, menegaskan agar para PPL mendata ulang kebutuhan Alsintan yang sangat diperlukan kelompok tani di wilayahnya, untuk Alsintan yang sudah ada di Poktan agar dioptimalkan penggunaannya. Kebutuhan sarana dan prasarana pendukung untuk peningkatan produksi pertanian akan disesuaikan dengan kebutuhan Poktan, ungkapnya.

Koordinator PPL Kecamatan Mojoanyar, Sutrisno, SP, menambahkan, para Ketua Poktan dan PPL diharapkan bisa menjelaskan kepada Poktan, betapa pentingnya optimalisasi penggunaan Alsintan untuk mengejar LTT demi mewujudkan swasembada pangan.

Usai pelaksanaan sosialisasi dilanjutkan kegiatan pengecekan pengolahan lahan Poktan Sumber Rejeki Dusun Jatisari Desa Sumberjati Kecamatan Mojoanyar. Sedangkan untuk pengecekan Alsintan akan dilanjutkan esok hari Jum’at (06/07)

Turut serta mendampingi Tim, antara lain Danramil 0815/11 Pungging Kapten Inf Mujiono, Para Kabid Distan Kabupaten Mojokerto, Danpos Ramil Mojoanyar Letda Inf Akhmad Rifa’i dan Koordinator BPP Kecamatan Mojoanyar.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel