Sambara : Aplikasi Untuk Masyarakat Jawa Barat

9 Jun 2018 20:19 679 Hits 0 Comments
Internet dan Smartphone adalah bagian dari Teknologi . Dan sekarang kehidupan kita sudah dimudahkan dengan aplikasi bernama Sambara ( Samsat Mobile Jawa Barat ) . Tapi , Apa Itu Sambara ?

Zaman Smartphone . Zaman Internet . Zaman Teknologi .

Memudahkan kehidupan kita , kehidupan sehari-hari kita hanya dengan sebuah Smartphone . Mulai dari bayar tagihan online , beli barang online , pesan makanan online , sampai sekarang mesen ojek udah bisa lewat Smartphone . Zaman ini membuat hidup kita lebih praktis , tidak ribet dan tidak capek . Semua serba Internet .

Dan tahukah anda , bahwa Bapenda ( Badan Pendapatan Daerah ) Jawa Barat telah membuat sebuah aplikasi bernama Sambara ( Samsat Mobile Jawa Barat ) .

“ Apa Itu Sambara ? “ .

Sambara ( Samsat Mobile Jawa Barat ) adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Bapenda Jawa Barat untuk melakukan pengecekan Pajak Kendaraan roda 2 atau roda 4 di wilayah Jawa Barat secara online lewat Smartphone ( Atau disebut dengan Info PKB ) . Aplikasi yang tersedia di Google Play Store ini tidak hanya menyediakan fitur seperti pengecekan pajak , melainkan ada berbagai menu yang disediakan dalam aplikasi ini , yaitu :

  • Anda bisa mengupdate No. Handphone anda .
  • Anda bisa mengupdate status kepemilikan .
  • Anda bisa mengetahui lokasi pelayanan samsat  hingga kantor alamat samsat . 
  • Anda bisa mengetahui info Samling ( Samsat Keliling ) dan Samdong ( Samsat Gendong ) .
  • Anda juga bisa melakukan pembayaran hanya dengan lewat aplikasi Sambara  , bisa lewat SMS Banking atau Internet Banking . Dan anda bisa mengetahui bukti pembayaran . 

Seperti itulah fitur-fitur yang disediakan oleh Sambara , dan masih ada beberapa fitur lainnya yang tersedia di aplikasi Sambara . Tapi , ada satu hal yang mungkin bisa jadi pertanyaan .

“ Bagaimana Cara Mengecek Pajak Kendaraan Saya ? “ .

Caranya mudah sekali , yang perlu anda lakukan adalah :

  1. Download Aplikasi Sambara ( Samsat Mobile Jawa Barat ) yang telah tersedia di Google Play Store .

  2. Jika sudah terpasang  , lalu jalankan aplikasinya .

  3. Lalu pilih Info PKB untuk mengecek pajak kendaraan anda .

  4. Lalu isi kolom yang telah tersedia , cara mengisinya gampang . Anda hanya perlu mengisi dengan plat nomor kendaaran anda , misalnya D 4311 DH .

  5. Jika kolom sudah terisi , lalu pencet tombol “ Cari “ .

  6. Jika ditemukan , maka akan keluar hasilnya berupa informasi yang berisi merk , model , tahun , warna , nomor rangka , nomor mesin , PKB , PKB denda , SWDKLLJ , SWDKLLJ denda ,PNBP STNK , PNBP TNKB , tanggal pajak , milik ke berapa ,  serta total biaya yang harus anda bayar .

Dengan adanya aplikasi ini , warga Jawa Barat lebih mudah untuk melakukan pengecekan pembayaran pajak kendaraan roda 2 atau roda 4 . Sehingga tidak alasan lagi bagi warga Jawa Barat untuk tidak melakukan hal itu , karena sudah dimudahkan oleh aplikasi bernama Sambara ( Samsat Mobile Jawa Barat ) .

Until Next Time , Peace .

About The Author

Ahmad-13 27
Pena

Ahmad-13

Ordinary Man But Crazy And Weird . 2 x 3 .

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel