Sinergi Foundation Ajak Masyarakat Berwakaf Wujudkan Rumah Sakit Ibu dan Anak Gratis

12 Apr 2018 20:18 529 Hits 0 Comments
Ajakan berwakaf membangun Rumah Sakit Besalin

Tingginya angka kematian ibu dan anak mendorong Sinergi Foundation sebagai lembaga filantropi untuk terus bergerak menyelamatkan generasi.

Maka, berawal dari Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) yang menjadi saksi kelahiran lebih dari 7.500 bayi, kini Sinergi Foundation siap mewujudkan Rumah Sakit Ibu dan Anak berbasis wakaf.

CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia, mengajak masyarakat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan aset layanan kesehatan ini, yang tentu hasilnya berimbas untuk masyarakat luas, dan terkhusus kaum dhuafa.

“Mengapa wakaf? Sebab jika menilik sejarah peradaban Islam, wakaf memiliki tempat yang sangat strategis,” ujarnya kepada wartawan di sebuah rumah makan di kawasan Jalan Pasteur Bandung, Kamis (12/4/2018).

Tentu, lanjut Ima,  kita pernah mendengar kisah rekening sahabat Nabi Utsman bin Affan yang masih ada hingga kini, dan itu berawal dari wakaf sumur air di Madinah. Pun di masa-masa berikutnya, wakaf terus menjadi salah satu tonggak peradaban Islam.

Termasuk, Ima menerangkan, perwakafan memiliki peran signifikan dalam bidang kesehatan. Salah satunya, rumah sakit wakaf Al Adhadi di masa pemerintahan Al Buwaihi di Baghdad tahun 976 H.

“Dalam Rumah Sakit Al Adhadi ini terdapat banyak perwakafan, di antaranya  pengobatan gratis bagi seluruh warga, makanan bergizi, obat-obatan dan vitamin, dan biaya perjalanan pulang bagi pasien setelah sembuh,” kisah Ima.

Dahulu, ia melanjutkan, pengaruh wakaf bisa begitu dahsyatnya untuk aspek kesehatan dan kini, Sinergi Foundation hendak berikhtiar mengulang kegemilangan itu melalui pembangunan Rumah Sakit Wakaf Ibu dan Anak – Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RSWIA RBC).

 Ia berharap RSWIA menjadi wasilah agar Sinergi Foundation dan segenap donatur bisa meneruskan dedikasi untuk ibu dan generasi.

“Komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, berkhidmat, dan menebar manfaat pada sesama, terutama pada dhuafa. Mari bersama mewujudkan kembali kegemilangan wakaf kesehatan, dimulai dari Rumah Sakit Wakaf Ibu dan Anak RSWIA Rumah Bersalin Cuma-Cuma,” pungkasnya.

 

 

 

Tags

About The Author

Buddy Wirawan 31
Pena

Buddy Wirawan

jurnalis, suka musik metal

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel