3 Pilar di Kediri kompak lawan hoax

27 Mar 2018 14:59 1591 Hits 0 Comments
kediri

Kediri. Danramil Kandat Kapten Inf Sunarjo bersama Kapolsek Kandat, Kapolsek Ringinrejo ,Camat Kandat dan Camat Ringinrejo, kompak menyatukan visi untuk bersama-sama menolak segala bentuk maupun jenis berita bohong atau hoax, senin (26/03/2018)

 

Menurut Kapten Inf Sunarjo, sebagai warga yang memiliki komitmen untuk menjaga ketentraman dan kenyamanan, khususnya di Kecamatan Kandat dan Ringinrejo harus lebih bijak dalam menerima dan membagikan berita, terutama apabila berita itu mengandung unsur hoax.

 

âHoax biasanya berisi beberapa informasi yang valid dicampur dengan informasi yang palsu. Informasi yang valid biasanya diletakkan di awal berita, agar masyarakat yang membaca berita tersebut percaya dan yakin terhadap berita tersebut. Saat mendapatkan informasi, jangan langsung share apa yang didapat, entah itu facebook atau medsos sejenisnya. Lebih baik dibaca dahulu dan pahami maksudnya, jangan asal share,â tuturnya.

 

Lebih lanjut, sebagaimana jargon yang diusung âOjo Sharing Sadurunge Saringâ, masyarakat hendaknya cermat dan membaca keseluruhan berita yang dibagikan ,sekaligus harus tahu kebenaran dari berita tersebut. Pada bagian akhir berita yang dibagikan biasanya dicantumkan sumber atau referensi berita atau link informasi. Dengan demikian, kita bisa memeriksa akan kebenaran berita tersebut dengan searching lewat google.

 

âKita tahu bahwa semua orang bisa saja memberikan berita hoax melalui media sosial, apalagi saat ini semua serba instant. Saat pemberitaan tersebut mengandung SARA atau hate speech, masyarakat harus lebih hati-hati dalam menyebarkan konten-konten di media. Memang ada beberapa konten-konten media yang dapat kita bagikan tanpa resiko apapun yang melanggar UU ITE,â pungkasnya.

 

Beberapa Danramil jajaran Kodim Kediri juga melakukan hal sama ,sebagaimana yang dilakukan Danramil Kandat, yaitu bersama Muspika setempat menyatukan visinya untuk melawan sekaligus menolak hoax atau berita bohong.

 

YOUTUBE :

https://www.youtube.com/watch?v=lqqj1COUbac

Tags

About The Author

Dodik suwarno 55
Expert

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel