Komunitas AMI Bali Ajak Pengunjung CFD Donor Darah

18 Feb 2018 20:13 1471 Hits 0 Comments

Komunitas AMI Bali Ajak Pengunjung CFD Donor Darah

Denpasar ( Bali)  – Komunitas Anak Muda Indonesia (AMI) Wilayah Bali melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengadakan kegiatan donor darah pada hari Minggu (18/2) 2018 dari pukul 06.00 s/d 10.30 wita. Kegiatan ini dilaksanakan di Pelataran Parkir Bank Mandiri Syariah Renon Jalan Raya Puputan Renon bertepatan dengan pelaksanaan Car Free Day. Komunitas AMI juga menggandeng organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Dewata dalam pelaksanaan donor darah ini. Target peserta dalam kegiatan donor darah tersebut hingga 50 kantong darah. 

Kegiatan Donor Darah pertama kedua organisasi kepemudaan ini mengusung tema “Setetes Darah Kita Berarti untuk Mereka” ini dapat berjalan dengan lancer dengan dukungan dari berbagai pihak mulai dari Komunitas Sahabat Donor Darah Bali, Bank Mandiri Syariah, Dompet Sosial Madani, JCI Badung Bali dan tentunya PMI Provinsi Bali.

Selain kegiatan donor darah para peserta donor darah juga dapat mengecek kesehatan mereka dan mengecek golongan darah pendonor. Sebelum melakukan donor darah para calon pendonor melakukan proses registrasi. Jika memenuhi syarat maka calon pendonor bisa melanjutkan untuk memasuki tahap mengetahui seberapa banyak hemoglobin yang mereka miliki. Bila sesuai dengan ambang batas yang ditentukan oleh petugas PMI maka para peserta donor bisa berbaring disalah satu  kasur untuk para pendonor berbaring. Beberapa calon pendonor ada yang gagal melakukan donor saat kegiatan ini karena beberapa faktor seperti istirahat yang tidak cukup, jarak melakukan donor darah yang belum genap tiga bulan, jumlah hemoglobin yang tidak sesuai standar, dan berat badan yang kurang cukup.

Sementara itu, Fitria Pebri Evariyanti selaku Kepala Departemen Sosial organisasi Anak Muda Indonesia (AMI) Bali yang ditemui disela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu PMI dalam mengumpulkan darah untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga masyarakat di Bali khususnya Di Kota Denpasar bisa terbantu dengan aksi kemanusiaan yang kami lakukan. Kedepannya AMI Wilayah Bali akan menggandeng organisasi kepemudaan dan komunitas sosial di Bali untuk melakukan kegiatan sosial kembali” jelasnya.

Ditemui di tempat terpisah, Ketua KAMMI Komisariat Dewata yaitu Ferry Nur Samsi mengaku sangat mendukung positif atas terselenggaranya kegiatan donor darah ini.

“Melalui kegiatan donor darah ini, KAMMI sebagai organisasi kepemudaan yang senantiasa hadir membantu masyarakat melalui aksi nyata. KAMMI mengajak anak muda Indonesia untuk selalu ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini pula organisasi AMI Wilayah Bali dan KAMMi Komisariat Dewata mendapatkan pengahargaan dari PMI Provinsi Bali dan juga cinderamata atas komitmen melakukan aksi donor darah. Penghargaan ini langsung diberikan ke perwakilan masing-masing organisasi usai acara berakhir.

Tags

About The Author

Herdian Armandhani 42
Ordinary

Herdian Armandhani

Blogger, Citizen Journalist, Traveller

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel