Ridwan Kamil Ajak Warga Turut Jaga dan Rawat Taman Cikapundung

7 Feb 2018 17:43 1313 Hits 0 Comments
Taman baru kembali hadir di sekitaran alun-alun Bandung

Revitalisasi Sungai Cikapundung yang melintasi jalan arteri yang menghubungkan Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Pelajar Pejuang berhasil diselesaikan pada tahap I ini. Diantaranya dengan diresmikannya Taman Cikapundung Alun-alun Regol oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Rabu ini (7/2/2018).

“Alhamdulillah sesuai dengan komitmen revitalisasi 1 km Sungai Cikapundung di sepanjang Pasirluyu ini antara Jalan Pelajar Pejuang sampai Sukarno Hatta kita resmikan tapi baru tahap 1 sekitar 600 meter. 400 meternya nanti dilanjutkan di tahap berikutnya,” terang Wali Kota Ridwan Kamil, di sela-sela peresmian.

Dikemukakan, revitalisasi Sungai Cikapundung ini merupakan bagian dari komitmen Pemkot  Bandung untuk mewujudkan Citarum Harum seperti yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Sebagai salah satu anak Sungai Citarum, Cikapundung memiliki peran vital dalam kehidupan warga Kota Bandung.

“Anak-anak sungai di Bandung Insya Allah sudah bisa kita rapikan dan bersihkan dengan berbagai program. Pertama, ada 12 eskavator untuk sungai. Kedua, ada sekitar 3000 petugas kebersihan yang setengahnya selalu turun (untuk membersihkan, red) sungai,” ungkapnya.

Ridwan Kamil berharap, langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemkot Bandung bisa didukung masyarakat dengan disiplin menjaga kebersihan dan merawat fasilitas kota. Termasuk taman Cikapundung Alun-alun Regol yang baru diresmikan.

“Mudah-mudahan dengan sungai yang bersih, Citarum bersih. Setiap ada ruang terbuka hijau di sepanjang aliran-aliran sungai akan kita rapikan. Kita jadikan ruang publik seperti yang saya resmikan hari ini,” tandasnya.

Dari informasi yang diperoleh, pembangunan taman sepanjang 600 meter itu didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bandung senilai kurang lebih Rp 20 miliar. Revitalisasi bagian di bagian hulu sungai juga mendapatkan bantuan dari Balai Besar Aliran Sungai (BBWS) Citarum senilai Rp 5 miliar

Tags

About The Author

Buddy Wirawan 33
Pena

Buddy Wirawan

jurnalis, suka musik metal

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel