1

Geliat Wasbang Nasional Bersama SMK Ahmad Yani

25 Oct 2017 16:06 1203 Hits 0 Comments
kediri

Agenda wawasan kebangsaan dan outbond berlangsung pagi hingga siang tadi di SMK Ahmad Yani Gurah Kediri. Agenda ini tidak lepas dari program Kodim 0809/Kediri menyebarluaskan pandangan secara global dari cinta tanah air dan bela negara, ditambah dengan motivasi lewat outbond, rabu (25/10/2017)

 

Terlebih dulu Danramil Gurah, Kapten Inf Khoirul Sunaryo bersama Sri Wiljueng selaku guru SMK Ahmad Yani, menyampaikan wawasan kebangsaannya kepada ratusan siswa/siswi yang masih duduk di bangku kelas 10 atau kelas 1. Mengusung materi bertemakan cinta tanah air dan bela negara, Sri Wilujeng berharap anak didiknya mengenal lebih dekat konteks kebangsaan dalam uraian yang dijabarkan di aula SMK Ahmad Yani.

 

Diawal wawasan kebangsaannya, Kapten Inf Khoirul Sunaryo menjelaskan kecenderungan generasi saat ini sangat mudah mengikuti informasi dari berbagai media sosial tanpa klarifikasi kebenaran informasi itu. Akibatnya ,ada informasi yang keliru tetapi dianggap benar. Terutama berkaitan dengan Pancasila yang sengaja atau tidak sengaja diutak-atik sesuai asumsi pribadi tanpa riset atau literatur.

 

Lanjut Kapten Inf Khoirul Sunaryo ,“Para pendiri bangsa sudah mengetok palu, inilah dasar bangsa ini, inilah pandangan hidup bangsa ini, yaitu Pancasila. Perlu diingat, Pancasila itu pedoman bangsa, bukan pedoman agama. Jadi jangan mencampuradukan atau menabrakkan agama dengan Pancasila, konteks agama dengan ideologi itu berbeda jauh.”

 

Usai wawasan kebangsaan, siswa/siswi berpindah lokasi di halaman belakang sekolah dan di lokasi inilah selama durasi 1 jam, mereka menjalani outbond pasca kesibukan ditengah-tengah proses belajar mengajar.

 

Tags

About The Author

Dodik suwarno 55
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel