Mantapkan Identitas Bangsa Lewat Hari Kesaktian Pancasila

1 Oct 2017 11:09 5026 Hits 0 Comments
kediri

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila berlangsung di Kediri dan kali ini Kodim 0809/Kediri mengkonsentrasikan peringatan tersebut di berbagai tempat. Untuk peringatan Hari Kesaktian Pancasila di kecamatan-kecamatan yang berlangsung hari ini,Koramil jajaran Kodim Kediri mengkonsentrasikan di 23 lokasi yang berbeda dengan waktu yang hampir bersamaan. Sedangkan untuk Kodim Kediri mengkonsentrasikan di 3 tempat yang berbeda, di halaman Pemkab Kediri, Dandim Kediri, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han) mendampingi Bupati Kediri, Hj.Haryanti Sutrisno, di Balai Kota Kediri, Mayor Inf Joni Morwantoto mendampingi Walikota Kediri, Abdullah Abubakar dan Pabung Kodim Kediri ,Mayor Inf Puguh Jatmiko memimpin jalannya upacara di lapangan Makodim Kediri, minggu (01/10/2017)

 

Sementara itu di halaman Pemkab Kediri, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han) mengatakan ,”Saat ini ada indikasi upaya merubah pancasila dengan berbagai bentuk, ada yang berusaha menabrakkannya dengan agama, ada yang berusaha mengkritiknya dengan pemikirannya sendiri dan ada yang sengaja memutarbalikkan sejarah Pancasila dengan pandangannya. Pancasila adalah ideologi bangsa kita. Bukti-bukti sejarah menyatakan Pancasila tetap berdiri tegak walaupun berbagai upaya dilakukan untuk merubahnya.”

 

Ditempat terpisah, Mayor Inf Joni Morwantoto mengatakan,”Kita tetap harus mewaspadai segala bentuk cara yang ingin menggeser Pancasila dari NKRI. Sejarah mencatat, sejak Proklamasi dikumandangkan, usaha-usaha untuk merubah Pancasila selalu gagal dan kegagalan itu tidak lepas karena seluruh rakyat Indonesia bersatu menegakkan Pancasila di Indonesia.”

 

Di lapangan Makodim kediri ,dalam amanatnya Mayor Inf Puguh Jatmiko mengatakan ,”Pancasila itu bersifat absolut dan mutlak. Sebagai warga negara Indonesia sudah seharusnya mengetahui dan memahami Pancasila sebagai satu-satunya ideologi. Banyak bukti sejarah yang menjelaskan, bagaimana Pancasila sengaja ingin dirubah, tetapi peristiwa demi peristiwa itu tak mampu merubahnya dan gagal mengganti Pancasila. Pancasila bagian yang tidak terpisahkan dari identitas kita sebagai bangsa Indonesia.”

 

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilakukan serentak di Kota dan Kabupaten Kediri juga diikuti siswa/siswi tingkat SD, SMP dan SMA, mahasiswa, TNI, Polri, PNS dan Satpol PP. Sebagaimana pada umumnya, setiap Hari Kesaktian Pancasila, seluruh peserta diingatkan akan untuk tetap konsekuen menjaga Pancasila.

Tags

About The Author

Dodik suwarno 55
Expert

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel