Menyambut Perayaan Hari Kopi Internasional

21 Sep 2017 14:30 976 Hits 0 Comments
Coffee Lover, jangan sampai terlewat tanggal 29 September - 1 Oktober merupakan rangkaian acara dalam rangka perayaan hari kopi internasional. Catat tanggalnya dan cari informasi agenda acara di kota kalian. Secangkir kopi untukmu dan untukku. 

Bagi pecinta kopi, tahukah kalian kapan pastinya hari kopi internasional dicanangkan? Bukan tanpa alasan yang pasti, kepedualian terhadap petani kopi merupakan salah satu penyebabnya, perlu adanya suatu perayaan hari kopi internasional. Awalnya ada dua tanggal yang berarti, yaitu tanggal 29 September dan 1 Oktober. Mengapa sampai ada dua tanggal tersebut? Versi yang pertama, yaitu tanggal 29 September dirayakan oleh 17 negara, seperti; AS, Kanada, Jepang, Skotlandia, Ethiopia, Britania Raya dan Australia. Kemudian Internasional Coffee Organization (ICO), meresmikan tanggal 1 Oktober sebagai International Coffee Day. Di kota London tahun 2015. Sejak saat itu, seluruh anggota yang terdiri dari 75 negara sepakat bahwa hari kopi internasional (Coffee Day) jatuh pada 1 Oktober setiap tahunnya.

Bagaimana dengan Indonesia yang termasuk anggota ICO, apakah turut memperingati juga ? Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia tidak tutup mata. Menteri perindustrian kala itu, Saleh Husein turut serta menetapkan Hari Kopi Nasional. Tujuannya sama, yaitu merayakan gerakan meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi nusantara, turut mempromosikan peningkatan konsumsi kopi nusantara. Serta usaha untuk meningkatkan kualitas kopi nusantara sebagai salah satu andalan export non migas yang dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Tahun 2016, peringatan kopi dipusatkan di kota Semarang, Jawa Tengah, dengan puncak peringatan bertajuk “It’s Coffee Day”.Untuk mendukung acara ini, hampir semua hotel serentak memberikan diskon 10-20% bagi penikmat kopi, serta menyajikan kopi terbaik yang dimiliki. Bagaimana dengan tahun ini? Tentu saja pemerintah tidak tinggal diam. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto telah mengirim surat kepada Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, yang berisi penunjukan Lampung sebagai penyelenggara peringatan kopi di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, Lampung sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesai dan didukung oleh Gubernur yang konsen dengan kemajuan produk kopi Lampung menanggapi dengan serius penunjukan ini. Mengingaat acara ini sangat penting bagi kemajuan produk kopi lampung khususnya dan kopi nusantara pada umumnya. Kita tunggu gebrakan penyelenggara tahun 2017 di Lampung. Siapa dan apa saja yang akan ditampilkan. Pastinya acara yang ditunggu adalah mencicipin aroma kopi robusta Lampung di kebun diracik oleh Barista bertaraf internasional.

Meskipun perayaan hari kopi dipusatkan di Lampung, tidak menutup kemungkinan daerah lain turut berpartisipasi, seperti yang diadakan coffee lover dan instansi pemerintah di beberapa kota, antara lain; Yogyakarta, Medan, Malang, Majalengka, Surabaya, selanjutnya daerah lain akan menyusul dengan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari kopi internasional. Coffee lover, Catat tanggalnya jangan sampai terlewatkan, biasanya rangkaian acara dimulai dari tanggal 29 September sampai dengan 1 Oktober. Apabila teman-teman tinggal di daerah yang mayoritas penduduknya penikmat kopi, tidak menutup kemungkinan event ini akan diadakan di tempat kalian. Saatnya untuk mencati informasi lokasi perayaan acaranya. Secangkir kopi untukmu dan untukku.

Tags

About The Author

meis musida 20
Pensil

meis musida

Consultant, traveller and writer, crazy photographer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel