1

Pentas Sejuta Aksi Dalam Pekan Budaya Dan Pariwisata Kediri

16 Jul 2017 14:41 1020 Hits 1 Comments
pendim kediri

Berbagai atraksi dan parade mobil hias ditampilkan pada acara ini, dan iikuti para kontestan dari berbagai daerah lainnya. Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pariwisata Dan Budaya Kabupaten Kediri, menggelar Pekan Budaya Dan Pariwisata Kediri, minggu (16/07/2017)

 

Mendikbudpar ,Prof.Muhajir Effendi, Bupati Kediri, Hj.Haryanti Sutrisno, Dandim Kediri, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han), Kapolres Kediri, AKBP Sumaryono, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, H.M.Sulkani dan pemerhati kebudayaan dan pariwisata, Prof.Hardiman Joyonegoro turut menghadiri acara tahunan yang berlangsung di kawasan monumen SLG ini.

 

Pada sambutannya, Hj.Haryanti Sutrisno mengatakan, parade tarian kolosal bertajuk âKami merasa bangga dengan adanya pagelaran ini dan merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kediri. Pariwista merupakan icon berprospek internasional. Selain itu, perkembangan dunia pariwisata di Kediri, harus didukung semua pihak ,baik dalam pengelolaan objek-objek wisata maupun keterlibatan seniman lokal, untuk memelihara dan memperkaya khazanah budaya di negeri iniâ.

 

âFesitival Panji merupakan pencerminan dan refleksi budaya lokal, yaitu Kediri. Karya sastra lisan muncul pada kerajaan Doho yang menceritakan tentang peradaban masyarakat di masa lampau. Sastra panji dikenalkan kepada dunia internasional sebagai memori of the world. Kekayaan budaya nasional ialah warisan bangsa Indonesia dan ini sudah diakui UNESCO,â kata Prof.Hardiman Joyonegoro.

 

Prof.Muhajir Effendi mengatakan,âMewujudkan anak bangsa yang menghargai budaya bangsanya ,bagian yang tidak terpisahkan dari identitasnya. Generasi yang baik dan berkualitas akan memajukan negeri ini. Cerita Panji merupakan produk epos sastra jawa yang mencerminkan perjuangan anak mud menggapai cita-cita serta impiannya. Rencana kedepan, cerita Panji akan dijadikan mata pelajaran di sekolah-sekolah, sehingga bisa dikenal luas generasi muda.â

 

Duta-duta kesenian dan kebudayaan turut maramaikan pekan budaya dan pariwisata ini, seperti dari Trenggalek, Pacitan, Tulungagung, Malang, Tuban, Lamongan, Bojonegoro dan Jember. Selain itu, Kodim 0809/Kediri dan Polres Kediri turut meramaikan pawai yang dipadati penonton siang ini, dan pawai ini sekaligus menjadi bukti partisipasi maupun dukungan terhadap perkembangan dunia pariwisata, khususnya di Kediri.

 

 

Tags

About The Author

Dodik suwarno 55
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel