Qatar GP 2017, Cuaca Ekstrem, Vinales Juaranya

27 Mar 2017 10:54 1974 Hits 0 Comments
MotoGP Qatar yang berlangsung di sirkuit internasional Losail sempat terkendala cuaca ekstrem, akibatnya pada kelas MotoGP mengalami penundaan start hingga 2 kali. Akibatnya jadwal molor hingga hampir 1 jam dari jadwal semula, dan dapat baru dimulai jam 01.45 dini hari tadi di waktu Indonesia Bagian Barat. Penundaan start ini diakibatkan adanya genangan air pada kerb di tikungan ke 14 karena sempat terjadi hujan lokal sesaat, hingga Safety Commision MotoGP yang salah satunya adalah mantan pembalap GP Loris Cappirossi memutuskan untuk menunda start hingga kondisi trek kembali normal.

MotoGP Qatar yang berlangsung di sirkuit internasional Losail sempat terkendala cuaca ekstrem, akibatnya pada kelas MotoGP mengalami penundaan start hingga 2 kali.  Jadwal molor hingga hampir 1 jam dari jadwal semula, dan dapat baru dimulai jam 01.45 dini hari tadi di waktu Indonesia Bagian Barat. Penundaan start ini diakibatkan adanya genangan air pada kerb di tikungan ke 14 karena sempat terjadi hujan lokal sesaat, hingga Safety Commision MotoGP yang salah satunya adalah mantan pembalap GP Loris Cappirossi memutuskan untuk menunda start hingga kondisi trek kembali normal.

Namun selepas dari semua itu, tidak ada kata sia-sia telah menunggu hingga dini hari. Aksi-aksi memukau ditunjukan oleh para pembalap. Dimulai dari awal race dengan aksi start dramatis oleh Johan Zarco, pendatang baru kelas motoGP yang dapat memimpin lomba sebelum akhirnya terjatuh di tikungan ke-2 pada lap ke-6.

Qatar GP 2017, Cuaca Ekstrem, Vinales Juaranyafoto : Tech3

Pertarungan memperbutkan posisi pertama terus berlanjut oleh 4 pabrikan berbeda, sesuatu yang sudah jarang kita lihat di musim 2016 lalu. Andrea Dovizioso dari Ducati memimpin, diikuti oleh pembalap Suzuki Andrea Iannone, lalu Honda dengan Marc Marquez, dan Yamaha dengan Maveric Vinales. Perebutan posisi 1 ini sangat sengit sebelum akhirnya Iannone harus tersungkur pada lap 10.

Qatar GP 2017, Cuaca Ekstrem, Vinales Juaranya

Yang diluar dugaan adalah Valentino Rossi sang legenda, harus memulai start dari posisi 10 namun tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bergabung dengan Top Grup. Mengalami masa sulit dari sesi test dan free practice, Rossi membuktikan pengalamannya dengan terus memberikan perlawanan hingga lap akhir.

Qatar GP 2017, Cuaca Ekstrem, Vinales Juaranya

Pertarungan sengit tidak berhenti hingga pertengahan race saja, namun berlangsung hingga menjelang race berakhir. Aksil susul-menyusul yang dilakukan Andrea Dovizioso dan Maveric Vinales membuat jantung dag-dig-dug hingga bendera finish di kibarkan. Dan akhirnya Vinales tidak terbendung dan menjadi kemenangan pertamanya dengan Yamaha, Dovizioso di posisi ke-2 diikuti sang legenda di posisi ke-3. Dan marc Marquez harus puas hanya di posisi ke -4.

foto : motorsport.com

Tags

About The Author

Rifki Muhammad Fauzi 34
Ordinary

Rifki Muhammad Fauzi

Automotive Enthusiast.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel