5 Tips Memilih Tepung Terigu untuk Membuat Kue Kering Istimewa

23 Dec 2016 18:26 5972 Hits 0 Comments
Mendekati hari raya biasanya ibu-ibu sudah mulai berburu resep aneka jenis kue kering untuk menghiasi meja tamu. Suguhan kue yang renyah ini memang seolah sudah menjadi budaya turun-temurun untuk menyediakan camilan bagi sanak saudara yang berkunjung. 

Mendekati hari raya biasanya ibu-ibu sudah mulai berburu resep aneka jenis kue kering untuk menghiasi meja tamu. Suguhan kue yang renyah ini memang seolah sudah menjadi budaya turun-temurun untuk menyediakan camilan bagi sanak saudara yang berkunjung. Namun seiring berjalannya waktu ternyata menikmati kue garing ini tidak selalu bertepatan dengan hari raya. Bisa saja disajikan di hari biasa terutama oleh ibu yang memang gemar sekali berkreasi di dapur.

Memastikan Memakai Tepung yang Bagus

Membuat kue renyah ini memang gampang-gampang susah, ada kalanya Kita bahagia karena sukses namun kadang bisa sebaliknya. Supaya resep kue yang dibuat berhasil ada baiknya sebelum bertempur di dapur membaca resep dengan seksama. Hafalan point penting dalam langkah pembuatan kue supaya meminimalisir kesalahan sekaligus menghemat waktu di dapur. Sebab memasak sembari menengok resep sekian kali akan menjadikan kegiatan memasak super lama dan repot.

Supaya sukses pun baiknya memilih bahan kue berkualitas, dan salah satunya adalah tepung terigu sebagai bahan utama yang berperan vital. Adapun cara memilih tepung terigu yang baik adalah:

  1. Memastikan warna dan aromanya segar,

Tepung terigu yang bagus memiliki warna putih dan bersih sehingga dipastikan merupakan tepung segar dan baru keluar dari dapur produksi. Cek pula aroma tepung dan hindari aroma yang apek namun segar sekaligus ringan sehingga merupakan bahan makanan sehat.

  1. Memilih jenis tepung yang cocok dengan resep,

Semua jenis kue maupun roti dan mie menggunakan bahan dasar tepung namun jenisnya haruslah sesuai. Khusus untuk kue kering idealnya menggunakan tepung terigu rendah protein supaya hasilnya nanti renyah namun tidak keras. Beda resep yang dibuat otomatis membutuhkan tepung terigu dari jenis berlainan. Maka baca resep dengan cermat jika memang tidak ada tambahan keterangan pada tepung maka menggunakan tepung protein rendah.

  1. Tepung dalam kondisi kering dan tidak menggumpal,

Tepung terigu yang bagus juga ditunjukkan dengan tekstur yang lembut sebab kering sehingga sebelum diolah mudah diayak. Tidak banyak tepung yang terbuang sebab yang menggumpal biasanya dalam kondisi jelek. Jangan lupa saat membeli tepung memeriksa teksturnya dan memastikan kering serta tidak ada yang menggumpal. Terlebih jika Kita membeli tepung terigu di warung yang tidak bermerk maka perlu lebih teliti lagi.

  1. Tekstur tepung yang halus dan menempel di tangan,

Tepung terigu bagus juga akan memiliki tekstur halus sebab tidak ada yang menjadi gumpalan sehingga tepung terasa kasar. Jika dijumpai tepung yang kasar segera cek apakah ada kerikil atau ada tepung yang menggumpal. Gumpalan ini menunjukan usia tepung sudah lumayan lama ataupun disimpan penjual dengan metode yang keliru. Saat disentuh maka tepung akan menempel di tangan sehingga seketika telapak tangan menjadi putih. Hal ini menunjukan bahwa tepung memang kering dan layak dikonsumsi.

  1. Dijual dalam kemasan tertutup rapat,

Jika memungkinkan baiknya membeli tepung yang ada merknya, sebab oleh pabrik pembuatnya akan dikemas secara steril. Wadah tepung yang tertutup rapat akan memastikan tepung bersih sekaligus lebih tahan lama. Tepung di warung yang tidak ada merk biasanya dijual karungan sehingga kadang di warung dibiarkan terbuka. Jika sudah lama maka akan terlihat ulat tumbuh di tepung tersebut, maka baiknya memang tepung dengan wadah rapat dan steril. Gunakan tepung berkualitas untuk menghasilkan kue kering yang istimewa.

Tags

About The Author

Mila Millis 19
Pensil

Mila Millis

Semua tentang bayi dan ibu nya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel