Berkreasi dengan Teknik Mewarnai Baju Celup Ikat

12 Sep 2016 21:42 4919 Hits 0 Comments
Berbicara soal kreatifitas memang tak pernah ada habisnya. Seperti kreatifitas dalam bidang fashion. Pada kali ini saya akan membahas tentang kreatifitas fashion yaitu mewarnai baju dengan teknik celup ikat

Berbicara soal kreatifitas memang tak pernah ada habisnya. Seperti kreatifitas dalam bidang fashion. Pada kali ini saya akan membahas tentang kreatifitas fashion yaitu mewarnai baju dengan teknik celup ikat. Teknik mewarnai baju ini memang sudah lama telah diterapkan oleh orang orang dahulu. Tetapi entah kenapa hasil dari teknik celup ikat ini sangat keren bahkan tetap eksis sampai sekarang. itu mengapa kami membuat video tutorial mengenai pewarnaan dengan teknik celup ikat.

Teknik celup ikat sangatlah mudah dilakukan bahkan bagi orang awam sekalipun. karena langkah langkah pengerjaannya mudah dan bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan di sekitar kita seperti, Pewarna tekstil, tali, dan tentu saja baju yang berwarna putih. 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendidihkan air yang nanti akan di campur dengan pewarna tekstil. Lalu ketika sudah mendidih, tuangkan pada wadah plastik supaya pewarna tekstil tidak menempel. Lalu tentu saja masukkan 1 bungkus pewarna tekstil, warnanya bebas. Aduk sampai rata pewarna tekstil tersebut. Langkah selanjutnya adalah menaruh batu kecil pada tengah baju dan taruh di bawah baju. Lalu lakukan gerakan memelintir baju hingga berbentuk spiral dan ikatlah baju tersebut menjadi 4 bagian seperti di video. Setelah itu tuangkan pewarna tekstil tadi pada baju, tuangkan pada bagian bagian yang telah dibagi menjadi 4 tadi. Setelah itu, diamkan kira kira 15 menit, dan cucilah dengan air yang mengalir. Dan kamu bisa melihat perubahan yaitu warna baju berubah dan berbentuk motif bunga bunga.

Baju dengan teknik celup ikat biasanya dijumpai pada baju santai dan baju baju pantai. biasanya menggunakan warna warna cerah agar terlihat menarik. Kamu juga bisa mengombinasikan warna warna agar dapat menghasilkan warna yang lebih menarik.

About The Author

Arief Cahyadi 15
Pensil

Arief Cahyadi

With god, everything is gonna be Possible

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Arief Cahyadi