1

Drone akan membantu menyelamatkan pendaki tersesat di Pegunungan swiss

11 Feb 2016 18:14 1803 Hits 0 Comments
Swiss mengembangkan Drones untuk membantu pendaki tersesat

Kelihatannya dengan seiringnya perkembangan teknologi, kehidupan manusia dalam hal tertentu juga semakin mudah, teknologi yang sekarang sedang berkembang dengan cepat adalah Drones, Drones yang merupakan pesawat kecil yang dikendalikan jarak jauh dengan menggunakan Remote Control mengalami perkembangan yang cepat dari segi kehidupan, setelah orang Amerika yang menggunakan ajang drones sebagai balapan mirip lomba F1 akan tetapi bernuansa Star Wars, kini teknologi Drones sudah digunakan untuk menyelamatkan nyawa orang yang tersesat di pegunungan, setidaknya hal ini sudah dilakukan di Negara Swiss.

Para peneliti di Swiss telah mengembangkan sebuah Drone yang dapat bernavigas melalui daerah pegunungan dan hal ini digunakan untuk mencari para pendaki yang tersesat. Menurut EPFL, sekitar seribu orang tersesat di hutan Swiss setiap tahunnya dan sering membutuhkan bantuan. Daripada memperbanyak jumlah tim SAR atau tim penyelamat, yang juga mempunyai resiko yang cukup tinggi terutama ketika cuaca sedang ekstrim, tampaknya Drones akan digunakan untuk pencarian jejak kepada orang yang hilang.

Team telah memutuskan untuk membangun sebuah pembelajaan jaringan yang akan digunakan untuk melihat gambar lintasan jalan setapak  di pegunuangan dan kemana jalan setapak tersebut akan mengarah. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan gambar tersebut, hal ini dapat diwujudkan dengan pemakaian semacam kamera pada pada pendaki gunung yang akan berkelana di ganasnya medang pegunungan swiss. dan apabila kejadian yang tidak diinginkan terjadi atau pendaki gunung tersesat di hutan maka mereka dapat menggunakan drones untuk mengeluarkan mereka. Meskipun hal ini belum terlaksana dan setelah sukses akan membantu orang orang pendaki gunung untuk menghindari kematian akibat tersesat di hutan.

Nampaknya perkembangan drones di Negara Negara maju semakin berkembang pesat, perkembangan drones tersebut nampaknya tidak hanya sekedar hoby saja seperti ajang balapan, akan tetapi juga sebagai alat untuk menyelamatkan orang orang yang tersesat di hutan, akan tetapi jika Drones tidak dilakukan dengan baik juga akan membahayakan orang disekitar, contohnya ketika salah seorang warga amerika yang tidak sengaja menabrakkan drone yang dikendalikannya ke Empire State building. Pertanyaannya apakah semakin populernya drones di Negara maju akan membuat Indonesia ikut ikuta, nampaknya Indonesia belum begitu popular penggunaan Drones. 

Tags

About The Author

supriyanto 55
Expert

supriyanto

Menyukai sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From supriyanto