1

Bebas dari Konami, Hideo Kojima Menjalin Kerjasama dengan Sony

16 Dec 2015 15:18 2455 Hits 1 Comments
Tahu Hideo Kojima? Yang membuat game Metal Gear itu lho.

Seorang gamer tidak bisa disebut gamer sejati jika tidak mengenal sosok dari tokoh berusia 52 tahun yang berasal dari Jepang bernama Hideo Kojima.

Seperti yang sudah diketahui secara umum, Hideo Kojima adalah seorang tokoh di industri game yang berhasil menggebrak dan merubah dunia game hingga seperti sekarang ini.

Salah satu gebrakannya di dunia game adalah dengan bukti kepopuleran salah satu seri game yang sudah belasan tahun berjaya yaitu Metal Gear.

Game Metal Gear sendiri pertama kali diciptakan oleh Hideo Kojima pada tahun 1987 dan dipastikan berakhir pada tahun 2015 ini dengan seri terakhirnya berjudul Metal Gear Solid V: The Phantom Pain, dimana game terakhirnya ini berhasil merebut perhatian para gamer dan meraih berbagai penghargaan.

Akan tetapi, walaupun game tersebut berhasil memenangkan hati para gamer, hubungan antara Konami Digital Entertainment yang sudah mempekerjakan Kojima selama 30 tahun dengan Kojima sendiri tidak begitu baik.

Hubungan yang tidak baik antara keduanya itu terlihat pertama kalinya ketika pihak Konami Digital Entertainment secara tiba-tiba membatalkan proyek dari game Silent Hills dimana Hideo Kojima menjadi salah satu pihak yang terlibat dalam proyek tersebut.

Selain itu, hal lainnya yang memperlihatkan semakin pudarnya hubungan antara Konami dan Kojima adalah tindakan pihak Konami yang menghilangkan nama Kojima dari game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain sebagai salah satu creator-nya.

Padahal sudah bukan rahasia umum bahwa pembuatan game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain tidak luput dari kontribusi besar Kojima.

Seiring bertambahnya waktu, hubungan tidak baik antara Konami dan Hideo Kojima pun semakin tidak dapat diperbaiki lagi, sampai mengakibatkan Kojima tidak dapat memunculkan ide-ide kreatif yang berujung pada pengambilan libur Kojima.

Setelah beberapa bulan berlalu, akhirnya pada tanggal 15 Desember 2015 kemarin kontrak resmi yang mengikat Hideo Kojima dengan Konami berakhir. Dan sepertinya, dengan berakhirnya kontrak ini Hideo Kojima dapat merasakan ketenangan karena telah lepas dari Konami tanpa meninggalkan rekam jejak yang tidak baik untuk karirnya.

Dengan pertimbangan bahwa game-game yang telah dibuat oleh Kojima banyak peminatnya, Kojima sudah bertekad akan melanjutkan pekerjaannya di industri game; tentunya di tempat yang berbeda dari yang sebelumnya.

Rencana tersebut direalisasikan Kojima dengan membuat perusahaan game miliknya sendiri dengan fokus utamanya adalah membuat game-game yang berfokus pada konsol buatan Sony.

Dan pada hari ini, tepatnya tanggal 16 Desember 2015, Hideo Kojima yang baru sehari keluar dari Konami Digital Entertainment dan membuat perusahaannya sendiri bernama Kojima Productions.

Di hari yang sama juga Kojima mengumumkan partnership terbarunya dengan Sony Computer Entertainment. Serta peluncuran situs kojimaproductions.jp dimana terdapat banyak lowongan bagi mereka para ahli di berbagai bidang di industri game.

Dari selesainya hubungan kerja antara Hideo Kojima dan pihak Konami, satu hal yang mengecewakan adalah penguasaan konami atas seri Metal Gear yang sudah dikenal dunia internasional sebagai “game buatan kojima”.

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel