Gagal Dalam Smartphone, Firefox OS Mozilla Akan Terus Dikembangkan

10 Dec 2015 09:39 1818 Hits 2 Comments
Mozilla: "Selalu gagal bukan berarti tidak akan pernah berhasil."

Seperti halnya Microsoft, Produk mozilla yang satu ini juga tampak tidak begitu diminati di perangkat mobile. Hal ini berlawanan dengan kepopuleran produknya yang lain yaitu browser Mozilla Firefox yang baik di perangkat komputer maupun smartphone cukup banyak digunakan oleh orang-orang.

Beberapa tahun lalu, Mozilla pernah menetaskan dan menjalankan sebuah rencana, yaitu untuk menjadi sebuah perusahaan yang membuat sebuah sistem operasi untuk smartphone. Nama dari sistem operasi yang dikembangkan oleh Mozilla ini bernama Firefox OS.

Dan sekarang, rencana yang telah dikembangkan dan dijalankan tersebut dinyatakan oleh pihaknya sebagai rencana yang gagal.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Mozilla pada hari rabu kemarin di konferensi developer yang diselenggarakan Mozilla di Orlando bahwa pihaknya akan menghentikan penjualan sistem operasi mobile-nya yang bernama Firefox OS yang diperuntukkan untuk smartphone.

Dan sebagai penggantinya, Mozilla akan mengalihkan pengembangan Firefox OS untuk platform lain seperti perangkat Internet of Things, yaitu perangkat-perangkat selain smartphone yang juga terhubung ke internet.

Dalam konferensi developer Mozilla, Ari Jaaksi sebagai Senior Vice President dari Mozilla menyatakan, “Tim dari OS Firefox yang sekarang akan tetap ada dan melanjutkan pekerjaannya dengan melakukan eksperimen-eksperimen terhadap perangkat-perangkat elektronik yang terhubung ke internet.”

Mozilla, sebagai organisasi pencari profit yang dimiliki oleh organisasi non-profit selama ini telah berjuang untuk menemukan sebuah relevansi di era sekarang ini yang juga adalah era media sosial dan era mobile web.

Browser flagship yang diperuntukkan bagi perangkat komputernya juga sudah selama bertahun-tahun ini selalu kehilangan sahamnya.

Kegagalan dari promosi Firefox OS juga semakin menurun bahkan ketika Mozilla dalam perannya Korporasi yang saat ini sedang berusaha meninggalkan jejaknya di platform mobile lain dengan produk-produk terbarunya seperti Content Blocker untuk iOS, yang baru hari ini diperkenalkan serta browser Firefox untuk iOS yang baru saja dirilis bulan lalu.

Selain itu kegagalan dari bisnis Mozilla juga terlihat seperti apa yang penulis Wan sampaikan pada artikel “Mozilla Lempar Handuk di Bisnis Smartphone” dimana berbagai smartphone dari berbagai vendor ternama seperti Alcatel, ZTE, Huawei dan LG yang tadinya ingin menggunakan Firefox OS, batal melakukan hal tersebut.

 

 

 

sumber: Wired

 

 

 

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel