1

Playstation 4 Secara Diam-Diam Mengalami Peningkatan Performa

2 Dec 2015 10:36 2084 Hits 0 Comments
Core ke-7 dari Playstation 4 telah di-unlock.

Banyak orang yang suka bermain game. Diantara mereka pasti juga banyak yang sudah memiliki konsol Playstation 4 yang diproduksi oleh Sony. Tapi ada satu fakta yang mungkin para pemilik Playstation 4 ataupun para fans dari konsol seharga 5 jutaan ini tahu.

Yaitu Playstation 4 sekarang ini sudah mengalami peningkatan performa.

Playstation 4 muncul dengan dibekali sebuah CPU octa-core. Dari sembilan core pada prosesor di konsol tersebut, para pengembang game hanya dapat menggunakan 6 core saja. Sedangkan 2 core lainnya digunakan untuk sistem operasi.

Yang menjadi “peningkatan performa” dari Playstation 4 ini adalah baru-baru ini Sony telah men-unlock core ke 7 yang juga adalah core terakhir dari konsol yang sering kita sebut PS4 ini.

Sony belum secara resmi mengumumkan tentang apa yang telah pihaknya lakukan, tapi beberapa pengembang game sudah langsung berinisiatif untuk memanfaatkan “power-up” tersebut.

Salah satu yang memanfaatkan peningkatan performa tersebut adalah sebuah pembuat audio middleware bernama Firelight Technologies yang telah merilis versi terbaru dari sound effect engine buatannya bernama FMOD.

Untuk pertama kalinya, peningkatan performa pada Playstation 4 ini ditemukan oleh sebuah situs bernama Eurogamer yang menemukan bahwa pada changelog Playstation 4 terdapat sebuah tulisan “Added FMOD_THREAD_CORE6” yang memungkinkan untuk para pengembang game mengakses core ke-7 dari Playstation 4.

FMOD sendiri digunakan oleh semua jenis konsol game yang ada diluar sana, mulai dari Playstation 2,3, Portable, Vita, Xbox, Xbox 360, Xbox One, Nintendo Wii, Nintendo Wii U, Nintendo 3DS, iOS, Android, OS X, Windows Linux, dan masih banyak lagi.

FMOD juga telah terintegrasi dengan berbagai engine yang sudah populer seperti Unreal Engine, Unity, Source, CryEngine dan lain-lain.

Dan sebagai catatan tambahan, Microsoft juga pernah melakukan hal yang sama seperti apa yang dilakukan pihak Sony pada Playstation 4 pada awal tahun 2015 ini.

Baik Playstation 4 maupun Xbox One sudah menggunakan core yang sama untuk menjalankan system tasks seperti voice commands.

Peningkatan performa yang dilakukan oleh Sony pada konsol Playstation 4 sendiri tidak akan terasa sebelum game yang sudah diproduksi sebelum dilakukannya peningkatan performa ini. Karena semua game yang dibuat sebelumnya sudah dioptimasi untuk berjalan pada enam core saja.

Dengan kata lain, peningkatan performa dengan dapat digunakannya core ke-7 pada Playstation 4 hanya dapat dirasakan ketika pengguna konsol tersebut membeli game baru di masa mendatang atau mungkin ketika game yang sudah dimiliki mendapatkan patch dari pihak pengembangnya untuk dapat berjalan secara maksimal pada konsol Playstation 4 dengan ketujuh core yang sudah dapat digunakan.

 

 

 

sumber: techcrunch

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel