1

Waspada! Kota Bandung dan Sekitarnya Bakal Diguyur Hujan Disertai Petir

25 Nov 2015 21:47 1771 Hits 0 Comments
BMKG memberi peringatan dini, agar masyarakat waspada.
Illustrasi. (foto: shutterstock)


BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini, agar masyarakat waspada. Cuaca hujan yang terjadi pada Kamis (26/11/2015) bakal disertai kilat / petir skala menengah. Terutama di wilayah Jawa Barat bagian Barat, meliputi Bogor, Bandung, dan Sukabumi.

Selengkapnya, untuk wilayah Kota Bandung dan sekitarnya diprakirakan bakal diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Suhu udara yang menyertai berkisar antara 19 - 31 derajat celcius, kelembapan 55 - 95 persen.

Sedangkan, kecepatan angin rata-rata pada kondisi cuaca hujan dengan intensitas sedang tersebut 15 kilometer per jam dari arah Tenggara.

Informasi ini disampaikan oleh  BMKG melalui situs resminya, bmkg.go.id yang memprakirakan prakiraan cuaca ini akan berlangsung mulai Kamis (26/11/2015), pukul 07.00 hingga Jumat (27/11/2015), pukul 07.00.

Wilayah-wilayah yang juga mengalami hujan dengan intensitas sedang itu antara lain, Cibinong, Pelabuhan Ratu, Cianjur, Soreang, Kuningan, Sumber, Majalengka, Sumedang, Ngamprah, Bogor, Depok, dan Cimahi.

Beberapa wilayah di Jawa Barat yang diprakirakan bakal mengalami hujan dengan intensitas ringan, antara lain: Garut, Singaparna, Ciamis, Indramayu, Subang, Purwakarta, Karawang, Cikarang, Cirebon, Bekasi, Tasikmalaya, dan Banjar.

Adapun wilayah Jabodetabek sepanjang pagi besok diprakirakan berawan, kecuali Kepulauan Seribu yang diprakirakan berawan namun tak menutup kemungkinan bakal turun hujan dengan intensitas ringan.

Memasuki siang hari, sebagian Jabodetabek berawan, namun ada beberapa wilayah yang diprakirakan bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan. Antara lain, wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Tangerang.

Di malam hari, semua wilayah di Jabodetabek diprakirakan berawan, namun tak menutup kemungkinan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan bakal turun.

Waspada! Kota Bandung dan Sekitarnya Bakal Diguyur Hujan Disertai Petir
Illustrasi hujan. (foto: shutterstock)

 

Hasil pantauan BMKG prakiraan cuaca mingguan, 24 - 30 November 2015 sebagai dasar pertimbangan adalah
terdapat siklon tropis IN-FA (955 hPa) di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina dan Sirkulasi tertutup di utara Papua Barat.

Hal ini mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan angin di Kalimantan Utara dan wilayah perlambatan angin di Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua bagian barat.

Suhu muka laut umumnya berkisar antara 27.0 C - 30.0 C. Anomali suhu muka laut ( -0.5 - +1.5 0C) dengan anomali positif berada di Pesisir Barat Sumatera, Perairan Kep. Natuna, Laut Jawa, Samudera Hindia barat Sumatera Barat hingga selatan NTT, Selat Makassar, Laut Sulawesi, Perairan Teluk Tomini, Perairan Agats - Amamapare, dan Perairan Fak Fak - Kaimana.

Angin gradien di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari Timur Laut - Selatan dengan kecepatan angin berkisar antara 9 - 59 km/jam. Kecepatan angin tertinggi terjadi di Samudera Hindia barat Bengkulu hingga selatan Jawa, Laut Cina Selatan, dan Laut Arafuru.

Hujan dengan intensitas sedang - lebat berpotensi terjadi di NAD, Riau, Sumatera Selatan bagian barat, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Papua bagian tengah.


CATATAN DAN KETERANGAN
Hujan ringan dengan intensitas ; 0,1-5,0 mm/jam atau 5-20 mm/hari
Hujan sedang dengan intensitas ; 5,0-10,0 mm/jam atau 20-50 mm/hari
Hujan lebat dengan intensitas ; 10,0-20 mm/jam atau 50-100 mm/hari
Hujan sangat lebat dengan intensitas ; >20 mm/jam atau >100 mm/hari .(*)

 

 

 

Tags

About The Author

sri mulyani fadiar 43
Ordinary

sri mulyani fadiar

ibu rumah tangga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel