Internet.org akan Menjangkau Banyak Negara

29 Jul 2015 13:09 1673 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Akan banyak negara bisa internetan secara gratis

Satu tahun berlalu sejak awal keluarnya situs portal Internet.org. Hasil kerjasama antara media sosial terkemuka, Facebook dengan enam perusahaan besar lainnya ini memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman berselancar di dunia internet.

Walaupun gratis, website yang dapat diakses melalui Internet.org umumnya adalah situs-situs popular di Indonesia. Sehingga ada batas jumlah situs yang dapat diakses secara gratis.

Di ulang tahunnya yang sekarang, Mark Zuckerberg yang merupakan CEO dari Facebook akan membantu memberikan jalan bagi penyedia layanan nirkabel untuk bergabung dengan platform ini.

 

Sedikit sejarah Internet.org

Internet.org yang lahir pada tahun 2013 sebagai organisasi non-profit ini ditemukan oleh Mark Zuckerberg, yaitu CEO sebuah media sosial terkemuka bernama Facebook.

Dalam perjalanannya Internet.org pernah dikritik karena telah menyalahi prinsip kesetaraan internet, dimana semua penyedia jasa harus memperlakukan semua data yang ada di internet dengan adil. Yang dikritik adalah kuasa Facebook untuk memasukkan situs apa saja yang dapat tergabung di Internet.org.

Bahkan di India, Internet.org pernah ada kritikan pedas yang mengatakan bahwa Internet.org hanya akal-akalan Facebook untuk menipu kaum miskin di India.

Namun, kini Internet.org terus berkembang. Internet.org tetap dibawah asuhan Mark, selaku pemilik Facebook dan dibantu oleh Chris Daniels, Vice President  Internet.org

Internet.org akan Menjangkau Banyak Negara

Menjangkau seluruh pengguna

Pada sebuah post perayaan ulang tahun Internet.org di blog milik Facebook hari Minggu kemarin,mereka mengumumkan bahwa platformnya sudah membuka kesempatan kerjasama bagi penyedia jaringan nirkabel apa saja di seluruh dunia yang ingin menyediakan layanan internet dasar bagi penduduk di Negara berkembang.

Setiap operator yang ingin bergabung harus terlebih dahulu setuju untuk memberikan akses internet dasar secara gratis kepada para penggunanya.

Internet.org yang diluncurkan tahun lalu di Zambia, memiliki tujuan untuk menyediakan akses internet ke semua orang di semua belahan dunia terutama bagi mereka yang belum pernah merasakan pengalaman ber-internet.

 

Hadir di mancanegara

Selama 12 bulan ini, Internet.org – yang didukung oleh perusahaan-perusahaan besar di bidang teknologi seperti Samsung, Nokia, Facebook dan perusahaan besar lainnya telah online di 17 Negara.

Salah satunya di Indonesia dan India, yang tentunya dari ketujuh belas Negara berhasil menyediakan akses gratis ke milyaran orang.

 

Baca Juga :

Layanan Akses Internet Gratis di Indonesia

15 Situs yang Bisa Diakses Gratis 

 

Strategi pemasaran

Setelah penandatanganan kontrak antara penyedia layanan nirkabel dengan Facebook, penyedia layanan tersebut kemudian menyediakan akses layanan internet gratis. Para pengguna Internet.org sendiri harus memakai perangkat dasar untuk mengakses Internet.org seperti smartphone.

Setelah pengguna Internet.org masuk layanan melalui aplikasi smartphone atau langsung ke situsnya, mereka akan disajikan situs-situs popular seperti Wikipedia, Facebook Messenger, UNICEF’s Facts of Life dan tentunya situs-situs lokal yang populer.

Semua partner Internet.org, dituntut untuk menggunakan bandwidth minimal agar para pengguna Internet.org tidak terhambat oleh akses internet yang lambat. Karena berdasarkan survey, kebanyakan yang bukan pengguna internet adalah orang-orang di wilayah dengan koneksi yang lambat.

Pada bulan Mei kemarin, Facebook mengumumkan perluasan portal developernya ke perusahaan atau situs yang ingin menjadi bagian dari Internet.org.

 

Tujuan hadirnya Internet.org

Tujuan utama Internet.org menurut Mark Zuckerberg sendiri adalah untuk mengajak semua orang di dua pertiga belahan bumi lain yang belum merasakan akses internet untuk mencobanya.

Dilansir dari CNET, Zuckerberg pernah berkata “Jika anda tidak dapat membayar untuk akses internet, memiliki sedikit akses selalu lebih baik daripada tidak ada sama sekali.”

Hal ini dia ungkapkan di Hindustan Time pada bulan april kemarin. Hindustan Time sendiri merupakan salah satu media massa terbesar di India.

Dan dihari minggu kemarin Facebook di dalam blognya menambahkan argument bahwa gratis itu lebih baik. Orang mana yang tidak suka gratisan?

 

Penghasilan bagi partner Internet.org

Sementara Facebook masih meminta agar seluruh penyedia layanan untuk menyediakan konektivitas bagi Internet.org secara gratis,

Facebook juga ingin meredakan kekhawatiran perusahaan-perusahaan soal pendapatan dari Internet.org ini dengan mengatakan bahwa dalam waktu 30 hari lebih dari setengah pengguna layanan Internet.org membeli paket data internet karena ingin pengalaman berselancar yang lebih.

Dalam pernyataannya yang dilansir oleh cnet, “Internet.org bukanlah sebuah alat yang hanya berfungsi untuk membantu orang agar mulai menggunakan akses internet, tapi juga memperlihatkan para penggunanya nilai dari internet dan pemakaiannya”[FM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel