Ada "Keyboard dan Mouse" Khusus untuk PS4

28 Jul 2015 10:07 4835 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
HORI meluncurkan joystick FPS bergaya PC untuk PS4
Gamer mana suaranya?

Pada artikel ini Plimbi akan Berbagi informasi terhadap para antusias game atau yang lebih kita kenal dengan istilah ‘Gamer’.

Apa konsol favorit kalian? Xbox? PC? Nintendo DS?

Yang akan di bahas berikut ini ternyata bukan tentang ketiga konsol di atas, melainkan konsol yang sudah sangat popular sejak dulu, yaitu Playstation.

Playstation sudah merilis berbagai generasi dimulai dari Playstation 1 atau yang lebih dikenal dengan PS1/PSX, kemudian Playstation 2 atau biasa disebut PS2, Playstation 3/PS3, Playstation 4/PS4, Playstation Portable/PSP, dan yang terakhir Playstation Vita.

Kabar baik kali ini muncul untuk para fans Playstation 4 khususnya para penggemar joystick FPS bergaya PC yang dikeluarkan oleh produsen perangkat peras penunjang konsol game ternama dan berlisensi asal Jepang bernama HORI.

Ada

Sedikit Sejarah HORI

HORI merupakan salah satu produsen perangkat keras yang bertujuan memberikan dan meningkatkan rasa berbeda dalam bermain game. Ditemukan pada 1969 dan mulai bekerja sama dengan manufaktur konsol game sejak 1983.

Produknya sendiri sudah diberikan lisensi sebagai perangkat keras eksklusif untuk Nintendo, Sony dan Microsoft di Jepang.

Salah satu produknya adalah Joystick yang dibuat khusus untuk bermain game FPS. Joystick ini memberikan pengalaman bermain seperti ketika anda bermain FPS di PC. Nama controller ini adalah Tactical Assault Commander.

Hubungan kerjasama juga terjalin antara perusahaan HORI dengan para pembuat gamer seperti Capcom, Konami, Square Enix, Namco-Bandai dan Sega. Sehingga HORI dapat terus mengembangkan produk-produknya ke tingkatan berikutnya.

Produk yang diproduksi HORI ini  sendiri berfokus ke game ber-genre­ balapan, pertarungan dan simulasi pesawat terbang.

 

Tactical Assault Commander 4

Adalah produk teranyar keluaran HORI. Terdiri dari Mouse dan Keyboard, versi lebih kecil dari keyboard ini didesain khusus untuk memberikan kenyamanan dalam bermain game PC di konsol Playstation 4.

Mengutip dari Mashable, “rancangan joystick ini paling cocok dimainkan untuk game yang mirip dengan Call of Duty, tapi masih sulit membayangkan bagaimana sebenarnya kustomisasi kontrol joystick ini sebelum hands-on atau mencobanya sendiri”.

Ada

Penerus Tactical Commander 3?

TAC4 atau Tactical Commander 4 ternyata merupakan evolusi dari Tactical Commander 3 yang sebelumnya hadir untuk konsol Playstation 3. Selain Karena memberikan pengalaman bermain bergaya FPS khas PC, TAC 4 dan TAC 3 ternyata punya desain yang mirip. Yaitu Joystick mirip keyboard dengan mouse yang terhubung langsung.

Yang membedakan keduanya yaitu TAC 3 untuk Playstation 3, sedangkan TAC 4 untuk Playstation 4. Lalu terdapat pula tombol-tombol standar pada joystick Playstation 4 seperti Touchpad, Option dan tombol Share.

Lalu, jika dilihat dari harga, ternyata harganya tidak berbeda jauh walau jika dilihat harga TAC4 masih sedikit lebih mahal dari TAC4

User-Friendly atau Tidak User-Friendly?

Kabar yang cukup mengecewakan datang bagi sebagian gamer.

Tactical Assault Commander 4 digosipkan tidak begitu nyaman digunakan bagi pengguna tangan kiri. Apalagi bagi yang memang sering bermain PC menggunakan tangan kiri pasti sudah tahu seperti apa masalahnya.

Bagi yang belum tahu, letak masalah pada TAC4 adalah pemasangan tombol ‘X’ yang memang tidak pas bagi orang yang biasa menggunakan mouse di tangan kiri.

Mungkin masalah ini tidak terjadi bagi setiap orang bertangan kidal, tapi tidak ada salahnya mempertimbangkan lagi bagi orang yang memang merasa kurang nyaman soal penempatan tombol tersebut.

 

Harga TAC4 berapa?

Harga joystick nya sendiri relatif mahal, yaitu 86 euro atau jika kita konversikan ke Rupiah jadi sekitar 1.2 juta-an. Tapi bagi fans loyal Playstation 4 harga segitu sepertinya tidak begitu masalah.

Bagaimana bagi yang sudah memiliki dana dan mau membeli TAC4?

Eits, tahan dulu rekan gamer!

Bagi yang sudah menyiapkan uang untuk membeli TAC4 ternyata harus bersabar dulu karena joystick ini belum hadir di pasaran. Rekan gamer sekalian harus menunggu tanggal rilisnya yaitu pada 9 Oktober 2015.

Tapi bagi rekan gamer yang takut kehabisan stok bisa langsung melakukan pre-order di situs Amazon Inggris karena barang tersebut dapat dikirim langsung ke Indonesia.[FM]

                                                                      

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel