1

Inikah Kemampuan dan Keunggulan Intel Skylake?

24 Jul 2015 12:00 2718 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
 Intel Skylake  memiliki peningkatan grafis sampai 50% dan peningkatan lainnya 

Seperti yang diketahui, saat ini Intel sudah mengeluarkan produk Intel Core generasi kelima dengan kode nama Broadwell.  Dan tahun 2015, Intel ternyata sudah memasuki era prosesor Intel Core generasi keenam, Skylake.

Intel Skylake, begitu disebut sebagai prosesor yang lebih efektif dan efisien. Prosesor ini dibangun dengan teknologi fabrikasi  yang sama dengan Broadwell, yakni, 14nm. Hanya saja Intel menyematkan teknologi mikroarsitektur terbaru. 

Teknologi mikroarsitektur tersebut meliputi penurunan konsumsi daya, performa prosesor yang lebih baik, dan juga peningkatan pengolah grafis terintegrasinya. 

Dikutip dari Liliputing (24/07/2015), Intel Skylake faktanya memiliki peningkatan sampai 50% untuk kemampuan grafis bermain games dibandingkan Intel Broadwell. 

Fakta yang ditulis oleh Liliputing tersebut diambil dari bocoran gambar yang terkuak di situs Fanless Tech. 

Dari gambar yang diungkap, dapat diambil ekspektasi tentang Intel Skylake sebagai berikut

1. Intel Skylake memiliki 10 hingga 20% lebih baik dalam hal performa per-watt dalam hal kinerja single threaded CPU-nya. 

2. Peningkatan performa Intel HD meningkat sampai 50%. Ini berartif performa grafisnya tidak bisa dianggap remeh lagi. Beberapa seri Intel HD pada prosesor sebelumnya bahkan sudah bisa mendukung game dengan grafis kelas menengah. 

3. Dukungan terhadap HEVC yang merupakan teknologi video terbaru (H265) 

4. Dukungan terhadap kamera beresolusi 4K

5. Efisiensi penggunaan baterai lebih hemat hingga 30%. Misalnya, jika sebuah perangkat dengan CPU Intel Broadwell menyala sampai 8,5 jam, maka jika perangkat dengan Intel Skylake, daya tahannya bisa sampai 11 jam lamanya

6. Mendukung teknologi  enhanced audio processing yang membuat kualitas suara lebih baik

7. Peningkatan dukungan penuh terhadap teknologi sensor sentuh. 

8. Dukungan terhadap konektivitas seperti tipe Cat6 LTE


Selain keunggulan tersebut, Intel Skylake juga mendukung penuh tipe konektivitas baru semacam WiDi 6.0, Bluetooth 4.1, eMMC 5.0, SDXC 3.0, dan masih banyak lagi. 

Keunggulan dan kemampuan Intel Skylake tersebut tentu membuat prosesor ini lebih menarik. Hanya saja, yang perlu diingat, tidak semua prosesor Intel Skylake akan memiliki kemampuan yang sama. 

Hal tersebut tentu berkaitan dengan kebutuhan prosesor tersebut. Misalnya, prosesor Intel Skylake untuk desktop akan berbeda kemampuan dengan prosesor Intel Skylake untuk laptop dan untuk perangkat mobile lainnya. 

Kabarnya, ada tiga seri prosesor Intel Skylake. Pertama seri S untuk desktop, seri H untuk laptop dengan performa tinggi, dan seri U untuk tipe laptop hemat daya.

Tersedia pula seri Y, yakni prosesor Intel Core M sebagai penerus Intel Core M Broadwell. Intel Core M Skylake ini tentu akan memiliki kemampuan lebih baik, yakni 17 persen peningkatan kemampuan prosesor, peningkatan hingga $1% untuk pengolah grafis, dan membuat perangkat bisa bertahan lebih lama dalam soal baterai. 

Mari tunggu saja kabar tentang seri Intel Skylake atau seri Intel generasi keenam ini. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel