1

Presiden FIFA Mengundurkan Diri Setelah 15 tahun Menjabat Baca Fakta Menariknya

3 Jun 2015 06:26 1686 Hits 0 Comments

Joseph "Sepp" Blatter mengundurkan diri sebagai presiden FIFA, seperti yang telah diketahui bersama, Blatter telah menjabat sebagai Presiden FIFA sejak tahun 1998 atau tepatnya 17 tahun. selama kurun 5 kali pemilihan Presiden FIFA

Joseph "Sepp" Blatter mengundurkan diri sebagai presiden FIFA, seperti yang telah diketahui bersama, Blatter telah menjabat sebagai Presiden FIFA sejak tahun 1998 atau tepatnya 17 tahun. selama kurun 5 kali pemilihan Presiden FIFA

Pengunduran diri ini ia sampaikan pada sesi jumpa wartawan yang berlangsung Selasa (2/6) siang waktu Zurich setempat.

Pengunduran diri Blatter terjadi setelah skandal baru menerpa FIFA, yaitu terungkapnya keterlibatan Sekertaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke, dalam skandal suap US$ 10 juta untuk mengamankan Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010.

Lalu siapa sebenarnya Joseph Seep Blater?, dikutip dari wikipedia :

Joseph "Sepp" Blatter (lahir di Visp, Valais, Swiss, 10 Maret 1936; umur 79 tahun) adalah presiden FIFA kedelapan. Ia dilantik pada 8 Juni 1998, menggantikan João Havelange (Brasil).

Lulusan Universitas Lausanne dalam bidang Administrasi dan Ekonomi (Fakultas Hukum), Blatter pernah bekerja di Badan Pariwisata Valais, Federasi Hoki Es Swiss, dan Longines S.A.. Ia mulai bekerja di FIFA pada tahun 1975, sebagai Direktur Teknis (1975-81), Sekretaris Umum (1981-98), dan kemudian Presiden (sejak 1998). Ia terpilih kembali sebagai presiden pada tahun 2002 (mengalahkan Issa Hayatou) dan sekali lagi pada tahun 2007.

Antara kebijakan yang dibuatnya sebagai Presiden FIFA adalah diperkenalkannya sistem gol perak untuk menggantikan gol emas (sejak Euro 2004; sistem ini kemudian dihentikan bersama dengan gol emas sehingga semua pertandingan kini memainkan babak tambahan penuh); ditiadakannya kualifikasi otomoatis bagi juara Piala Dunia FIFA bertahan setelah Piala Dunia FIFA 2002; berbagai perubahan terkait standar moral, misalnya pemberian kartu kuning bagi pemain yang membuka bajunya setelah merayakan pencetakan gol.

Blatter mampu berbahasa Jerman, Perancis, Inggris, Spanyol, dan Italia.

dan ini beberapa fakta menarik tentang Seep Blatter :

  1. Blatter berjanji takkan maju lagi dalam pemilihan Presiden FIFA pada 2015. Setelah terpilih lagi, ia menjanjikan akan melakukan langkah efektif untuk empat tahun ke depan.
  2. Blatter membuat FIFA 'sangat kaya' dengan mendapatkan pemasukan luar biasa dari hak siar televisi dan sponsor. Ia menyebut FIFA telah meraih lebih dari 1 miliar dolar AS dari dua sumber pemasukan itu.
  3. Blatter bergabung ke FIFA sejak 1975 sebagai pegawai pengembangan. Ia mengaku jatuh cinta kepada Afrika seusai mengunjungi Ethiopia pada 1976. Ia akhirnya merealisasikan mimpi membawa Piala Dunia ke Afrika Selatan pada 2010.
  4. Blatter menjadi Sekjen FIFA pada 1981. Setelah 17 tahun melayani Presiden Joao Havelange, ia menggantikan posisi pria Brasil itu pada 1998.
  5. Pada 2002, Sekjen FIFA, Michel Zen-Ruffinen mengklaim terpilihnya Blatter sebagai Presiden pada 1998 diwarnai penyuapan dan korupsi.
  6. Pada 2004, Blatter mendapatkan hujatan ketika menginstruksikan agar para pesepakbola wanita memakai celana lebih ketat.

Well, itulah biografi singkat nya ... yang jelas pengunduran Sepp Blatter ini banyak disambut baik oleh para pejabat organisasi sepak bola di seluruh dunia, dan terlebih para penggemar sejati sepak bola dunia.

Mudah-mudahan FIFA semakin baik sepeninggal Blatter

 

Tags

About The Author

Ihsan Firdaus 23
Novice

Ihsan Firdaus

Writer Online ~ Soccer Geek :~ Social Media Expert ;-)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel