1

Lumia 940 dan Lumia 940 XL, Dua Jagoan dari Microsoft untuk Menghadapi Android

29 May 2015 21:15 3781 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lumia 940 dan Lumia 940 XL merupakan ponsel cerdas besutan Microsoft yang memiliki spesifikasi kelas atas dan siap melawan smartphone premium Android dan iPhone.

Microsoft memiliki dua smartphone andalan yang bernama Lumia 940 dan Lumia 940 XL. Kedua smartphone ini sedang digarapa Microsoft dan siap menggebrak pasar. Smartphone ini juga jadi jagoan Microsoft untuk menghadapi “serangan” dari  berbagai vendor yang memproduksi smartphone Android. Tentu, Microsoft tahu posisinya sedikit sulit mengingat smartphone Windows masih sangat jarang digunakan. 

Salah satu langkah yang bisa dilakukan Microsoft adalah dengan menghadirkan berbagai produk agar bisa bersaing dengan Android dan juga perangkat iOS. Tentu saja produk yang dihadirkan haruslah bagus, menarik, dan juga bisa menarik perhatian pengguna. Dan tampaknya, langkah ke arah sana sedikit terlihat dengan kehadiran dua produk unggulan Lumia 940 dan Lumia 940 XL. 

Kedua produk ini memiliki spesifikasi kelas atas. Mulai dari layar, prosesor yang digunakan, dan juga kamera. Yang menarik, kedua smartphone ini juga akan mengusung sistem operasi terbaru Windows 10 for Phones. Tentu saja nilai jual Windows masih cukup menarik dan bisa membuat produk pesaing menjadi wasapada. Apalagi, Windows 10 merupakan sitem operasi Windows dengan perubahan fitur besar-besaran. 

Lumia 940 dan Lumia 940 XL, Dua Jagoan dari Microsoft untuk Menghadapi Android

Untuk spesifikasi Lumia 940 sendiri, smartphone ini akan mengusung layar 5,2 inci. Layar tersebut akan mengusung resolusi 2560 x 1440 piksel. Jenis layar yang digunakan adalah jenis layar AMOLED dan ClearBlack. Jenis layar ini tentu saja akan membuat Lumia 940 memiliki kualitas visual yang sangat baik. Sementara Lumia 940 XL memiliki spesifikasi layar yang sama. Yang membedakan hanyalah dimensinya yang lebih lebar, yakni 5.2 inci. 

Umumnya, smartphone Windows diotaki dengan prosesor Intel. Tapi lain cerita untuk Lumia 940 dan Lumia 940 XL. Kedua smartphone ini justru dirumorkan mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 810. Chipset yang sama yang banyak digunakan untuk smartphone Android. Chipset ini sendiri memiliki spesifikasi quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,5GHz dan quad-core ARM Cortex-A57 dengan kecepatan 2GHz. Tentu ini berarti, kedua smartphone tersebut mengusung prosesor octa core sebagai jeroannya. Prosesor ini akan didukung dengan RAM 3GB dan didukung oleh pengolah grafis dari Adreno 430. Namun, ada juga yang menyebutkan jika kedua smartphone Lumia tersebut akan menggunakan Snapdragon 808 seperti halnya LG G4.

Kamera, masih jadi jualan utama dari Microsoft Lumia. Kedua smartphone dengan merek yang dulunya dikembangkan Nokia ini  hadir dengan kamera 20MP untuk kamera utamanya. Kamera ini didukung dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan dual LED flash. Sementara untuk kamera depan, keduanya mengusung kamera 5MP. 

Untuk baterai, keduanya mengusung kapasitas baterai yang berbeda. Lumia 940 hadir dengan baterai 3000mAh. Sementara Lumia 940 XL didukung dengan baterai berkapasitas 3300mAh. Dan, untuk penyimpanan data, keduanya memiliki memori internal 32GB. 

Rumor lainnya yang menguat adalah dukungan USB Type-C. Dilansir dari GSM Arena (2905/2015), Lumia 940 dan Lumia 940 XL akan mendukung USB Type-C. Sayangnya, belum ada rumor terkait harga kedua smartphone ini. Yang pasti, keduanya akan dibanderol cukup mahal. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel