Qualcommm Siapkan Snapdragon dengan 10 Core

12 May 2015 09:00 2018 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak mau kalah dengan MediaTek, Qualcomm Siapkan Prosesor 10 Core

Akhir April 2015 lalu, dikabarkan bahwa MediaTek mempersiapkan prosesor dengan sepuluh inti didalamnya, yakni MediaTek Helio X20. Prosesor tersebut dihadirkan agar MediaTek dapat mengejar kemampuan prosesor Qualcomm yang dianggap bnayak orang lebih baik. Namun, upaya menghadirkan prosesor sepuluh inti ini tampaknya mendapat halangan dari Qualcomm.

Dikutip dari Phone Arena (12/05/2015), kabarnya Qualcomm akan menghadang prosesor MediaTek Helio X20 dengan prosesor sepuluh inti yang sedang dikembangkannya. Prosesor tersebut dibuat dengan teknologi fabrikasi 20nm. Nama prosesor tersebut adalah Qualcomm Snapdragon 818 yang tentunya akan lebih baik dibandingkan Snapdragon 810.

Sama seperti MediaTek Helio X20, prosesor sepuluh inti dari Qualcommm tersebut akan terbagi ke dalam tiga bagian atau cluster prosesor dengan dukungan teknologi arsitektur big.LITTLE.
Ketiga cluster prosesor tersebut yakni, ARM Cortex-A72, ARM Cortex-A53 dual core , dan ARM Cortex-A53 quad core. ARM Cortex-A72 merupakan prosesor quad core dengan kecepatan tinggi 2GHz. Sementara ARM Cortex-A53 merupakan prosesor dual core dengan kecepatan sedang 1,2GHz. Cluster ketiga, yakni ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,2GHz yang khusus untuk kinerja low power.

Qualcommm Siapkan Snapdragon dengan 10 Core

Prosesor tersebut akan didukung dengan pengolah grafis Adreno terbaru, yakni Adreno 532. GPU ini diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan GPU Adreno 430 yang tersemat pada Snapdragon 810. Tentu saja ini membuat Snapdragon 818 cukup bagus dari segi  performa, mengingat Adron 430 juga tidak kalah untuk memainkan banyak game dengan grafis tinggi. Selain itu, chpset ini juga didukung dengan teknologi LTE Cat10. Yang tidak terdapat di MediaTek Helio X20.

Untuk perbandingan, MediaTek Helio X20 juga memiliki teknologi tiga cluster prosesor.  Ketiga cluster tersebut adalah ARM Cortex-A72 dual core dengan kecepatan 2,5GHz yang akan diposisikan untuk mode extreme performance. Kluster kedua, adalah ARM Cortex-A53 quad core 2GHz untuk mode power balance. Sementara, yang ketiga adalah prosesor quad core ARM Cortex-A53 berkecepatan 1,4GHz untuk mode power efficiency.

Tentu akan sangat menarik melihat pertarungan kedua produsen chipset mobile tersebut ini untuk chipset terbaru mereka. Hanya saja, jika MediaTek sudah dipastikan akan menghadirkan MediaTek Helio X20, kabar keberadaan Snapdragon 818 masih misteri atau masih belum pasti. Mari tunggu saja kabar selanjutnya.

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel