Tentang Android M yang Hadir Tahun 2015 Ini

9 May 2015 08:00 4516 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang Android M

Data menunjukkan baru 10 persen pengguna smartphone Android yang menggunakan Android Lollipop 5.0, namun Google kini bersiap untuk ke versi berikutnya yang diberi nama Android M (Android 6.0). Versi Google ini diharapkan meningkat pada fitur notifikasi serta suport ke TV Android dan Android Auto. Walau masih berupa leak, tetapi Google tak pernah ingkar janji dan bocoran-bocoran tentang versi baru Android sering sekali benar walau tidak 100 persen benar, tetapi mayoritas bocoran-bocoran yang dikeluarkan media-media di Amerika Serikat benar. Sampai sejauh ini, ada beberapa bocoran yang paling banyak diamini media-media AS dan fitur-fitur ini sepertinya juga tidak terlalu berlebihan dan layak untuk ponsel masa depan.

 

Desain Android M dan interface

Harapan banyak orang untuk Android M adalah perubahan interface yang mencolok seperti perubahan dari iOS 7 ke iOS 8 di interface, Materail Design di implementasikan pada Android 6.0. Namun, dilihat dari peralihan dari versi-versi Android, perubahan di Materail Designa dan interface. Dan peralihan dari Android Lollipop ke Android M sepertinya kita tidak bisa terlalu berharap ada perubahan besar untuk interfacenya. Bila ada perubahan tampilan yang mencolok plus fitur yang evolusioner itu baru namanya jagoan smartphone. Mudah-mudahan Google membuat gebrakan karena persaingan dengan OS lain semakin ketat saat ini.

 

Fitur Android M

  • Peningkatan pada notifikasi

Notifikasi pada Android terus diperbaiki setiap versi baru yang terbit karena banyak keluhan untuk fitur yang satu ini. Yang agak sulit, setiap orang menginginkan notifikasi yang muncul adalah notifikasi yang mereka butuhkan dan ketika pengguna memang muncul saat dibutuhkan, ini bukan ilmu pasti dan memang sulit di implementasikan. Di Lollipop kita sudah melihat perbaikannya, Google menambahkan pilihan notifikasi Silen,Priority dan All ketika Anda menekan tombol volume. Ini memang cukup mempermudah pengguna dalam menentukan mode notifikasi mereka. Rumor mengatakan langka Google berikutnya adalah menghubungkan notifikasi ke semua platform. Notifikasi yang terlihat di PC Anda tidak akan muncul pada ponsel atau tablet, atau notifikasi pada tablet tidak akan muncul pada ponsel. Ini masih awal, tetapi kita tentu ingin perubahan yang lebih mencengangkan dari Android M.

  • Smart home

Android 5.0 Lollipop sudah fokus pada memperbaiki dan dari semua versi Android. Lollipop (inisial L) berusaha menyediakan sebuah platform yang lebih stabil dan kualitas yang terjamin. Di Android M, Smart Home akan menjadi fitur yang semakin penting dan Android. Dengan Android, Anda akan terhubung dengan rumah dan kantor melalui Nest dan aplikasi pihak ketiga lainnya. Memang saat ini sudah banyak smart home yang bisa dikendalikan dari Android, namun penggunaannya belum terlalu luas. Ada keterbatasan Android saat ini yang membuat penyedia layanan smart home kurang berkembang. Berita buruknya, tentu ini akan hanya dirasakan untuk pengguna yang memiliki uang lebih karena kita tahu, smart home bukan lah barang yang murah.

Tentang Android M yang Akan Segera Hadir Pada Tahun 2015

  • Security

Karena penggunaan smartphone semakin luas, bahkan bisa dibilang untuk semua kegiatan keamanan adalah sesuatu yang sangat penting. Orang-orang bertransaksi lewat ponsel, email, akun sosial media, dan data-data penting lainnya, bahkan ada yang bisa bekerja dari tablet atau ponselnya. Smartphone menjadi bagian sangat penting untuk orang yang beraktifitas di dunia multimedia. Google baru-baru ini memperkenalkan fitur Google Find My Phone dan fitur ini akan membuat pencuri menyesal bila mencuri perangkat Android 5.1. Kemampuan ini akan semakin dipertajam pada Android M dan mudah-mudahan akan bekerja lebih baik.

  • Android Wear

Setelah Apple Watch terjual satu juta unit (lebih dari yang bisa dilakukan Android Wear pada tahun 2015) Google akan mencari cara untuk melawannya. Android M akan membawa beberapa perbaikan bagaimana smartphone dan smartwatch berinteraksi. Kemungkinan sekali lagi akan berhubungan dengan notifikasi dan perintah suara. Smartwatch cukup diminati selain untuk gaya juga untuk mempermudah melihat notifikasi pada ponsel Anda. Saat ini, Android Wear masih belum cukup berkembang begitu juga dengan Android Wear Store, padahal Google sudah menyediakan fasilitas bagi developer untuk membangun aplikasinya. Sayangnya, Android Wear memang belum terlalu fleksibel sehingga developer masih terbatas dalam pembuatan aplikasi.

Demikian informasi dan kabar terkait Android M. JIka ada informasi terbaru tentang sistem operasi Android 2015 ini, akan segerak dikabarkan. [RIC]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel