1

Sony ILCE-QX1, Lensa Pintar Pengubah Android Menjadi Kamera Mirrorless

23 Dec 2014 12:00 10051 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sony memiliki teknologi lensa pintar yang bisa dipasangkan di perangkat smartphone Android. Kehadiran kamera jenis ini tentu saja cukup menarik. Pasalnya, perangkat yang berbentuk seperti lensa kamera ini bisa menjadi solusi bagi pengguna yang ingin meningkatkan kualitas kamera yang ada di smartphone mereka. Selain itu, lensa pintar ini juga bisa membuat Android sebagai sebuah kamera mirrorless. Teknologi tersebut Sony hadirkan lewat produk QX Smart Lens bernama DSC-QX10 dan DSC-QX100 yang Sony hadirkan tahun 2013 lalu.

Sony memiliki teknologi  lensa pintar  yang bisa dipasangkan di perangkat smartphone Android. Kehadiran kamera jenis ini tentu saja cukup menarik. Pasalnya, perangkat yang berbentuk seperti lensa kamera ini bisa menjadi solusi bagi pengguna yang ingin meningkatkan kualitas kamera yang ada di smartphone mereka. Selain itu, lensa pintar ini juga bisa membuat Android sebagai sebuah kamera mirrorless. Teknologi tersebut Sony hadirkan lewat produk QX Smart Lens bernama DSC-QX10 dan DSC-QX100 yang Sony hadirkan tahun 2013 lalu.

Di tahun 2014, Sony pun menghadirkan perangkat yang sama. Kali ini lensa pintar tersebut diberi nama Sony ILCE-QX1.  Sebuah seri yang tidak berbeda jauh dibandingkan sebelumnya. Sony menyebutnya sebagai sebuah perangkat lensa  yang tidak memiliki layar. Sama seperti dua seri sebelumnya, Sony ILCE-QX1 pun harus dipasangkan dengan smartphone Android atau iOS untuk pengganti layarnya. Seperti apa detail dari produk ILCE-QX1 ini? Simak ulasannya berikut ini.

 

BENTUK DAN DESAIN

Sony ILCE-QX1 memiliki bentuk seperti lensa pada umumnya. Bentuknya membulat dengan desain yang cukup kokoh. Warnanya sendiri mengambil tema warna hitam, sama seperti warna desain lensa pada umumnya. Perangkat ini sendiri terbagi menjadi tiga bagian yang bisa disatukan dengan mudah kemudian diterapkan di bagian belakang smartphone. Secara keseluruhan lensa pintar ini memiliki bentuk yang tidaklah terlalu aneh-aneh, cukup umum dengan sentuhan desain yang lebih bergaya.

 

FITUR

Sony ILCE-QX1 pada dasarnya adalah sebuah lensa cerdas atau smart lens yang bisa mengubah perangkat Android menjadi kamera mirrorless . Produk yang satu ini memiliki fungsi untuk memotret berbagai momen menggunakan lensa pintar yang sudah tersemat didalamnya. Uniknya, lensa pada ILCE-QX1 bisa diganti-ganti. Inilah yang membuat produk ini bisa disebut sebagai lensa pintar. Dengan memanfaatkan fungsi mounting besutan Sony atau yang biasa disebut sebagai E-mount, pegguna bisa mengganti lensanya sesuai selera.

Lensa pintar  Sony ILCE-QX1 dibekali dengan sensor jenis  APS-C. Sensor ini diklaim memiliki kemampuan yang sama dengan kamera mirrorless APS-C pada produk Sony a6000.  Contohnya, adalah terdapatnya sistem AF. Sistem ini merupakan keunggulan dari Sony a6000. Dengan sistem ini, serta sensor kamera 24 MP, maka hasil gambar yang diperoleh tentunya tidak akan mengecewakan. Bahkan, cukup luar biasa jika dibandingkan menggunakan smartphone Sony.

 

Lantas, bagaimana Sony ILCE-QX1 bisa terhubung dengan smartphone? Perihal yang satu ini, Sony mendesain lensa pintar ini dengan menyematkan semacam pengait yang mudah ditempelkan di punggung smartphone. Selain itu, produk ini juga memiliki lubang skrup yang berguna ketika perangkat ini dihubungkan dengan tripod.

 

HARGA

Sony ILCE-QX1 adalah lensa pintar yang memang bisa “menyulap” perangkat ponsel pintar Android atau iOS  menjadi sebuah perangkat kamera mirrorless. Kemampuannya yang unik ini tentu saja menjadi suatu ciri khas tersendiri. Terlebih lensa pintar ini bisa menghadirkan kualitas gambar yang tajam dan jernih. Tidak heran jika perangkat yang satu ini dibanderol cukup mahal oleh Sony.

Untuk sebuah lensa pintar, ILCE-QX1 akan dibanderol pada harga 300 Euro atau berkisar antara Rp 4,7 juta. Harga tersebut masih belum dibekali dengan lensa. Jika pengguna ingin membela perangkat sepaket dengan lensa, maka dana yang harus dikucurkan adalah sekitar Rp 7-jutaan. Dengan harga tersebut, pengguna sudah mendapatkan ILCE-QX1 lengkap dengan lensa 16-50mm f/3.5-5.6.

 

KESIMPULAN

Lantas, apakah produk lensa pintar ILCE-QX1 yang bisa mengubah smartphone Android menjadi sebuah kamera mirrorless ini cukup valueble untuk dibeli? Sebenarnya dengan harga tersebut, pengguna bisa membeli sebuah perangkat kamera DSLR dengan kualitas yang sama atau bahkan bisa lebih baik.

Namun, kehadiran lensa pintar ini tentu saja tidak sembarang dihadirkan. Sony tampaknya ingin memberi solusi kepada pengguna yang senang fotografi tapi tidak perlu repot membawa kamera DSLR yang cukup berat. Dengan hanya bermodalkan smartphone dan lensa lpintar ILCE-QX1, pengguna bisa merasakan sensasi layaknya menggunakan kamera DSLR.  [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel