1

Ketahui Tentang SoC dan Macam-macam Chipset Smartphone

12 Feb 2015 18:00 85522 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Chipset dalam smartphone sering disebut sebagai SoC. SoC sendiri memiliki berbagai jenis atau ragam. Macam-macam Chipset atau SOC tersebut dihadirkan oleh perusahaan penyedianya sebagai pilihan bagi para vendor untuk menggunakan inti otak sebuah smartphone atau tablet.

Sering mendengar istilah Chipset? Tentu di era terbuka seperti sekarang, istilah ini semakin dikenal. Apalagi kini istilah ini semakin lekat karena mulai dikenal di perangkat mobile, dalam hal ini smartphone dan tablet. Istilah Chipset mengacu pada sebuah sistem di dalam sebuah perangkat mobile yang terdiri dari kumpulan microchip. Microchip tersebut dibangun untuk bekerja sesuai tugasnya dalam mendukung berbagai fitur dan fungsi tertentu. Di smartphone dan tablet sendiri, Chipset ini memiliki fungsi yang penting. Dan Chipset ini terdiri dari berbagai macam merek. Apa saja macam-macam Chipset tersebut? Berikut penjelasannya.

 

MENGENAL CHIPSET & SoC

Sebelum membahas macam-macam Chipset pada smartphone dan tablet, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Chipset pada smartphone dan tablet berbeda dengan Chipset pada komputer PC. Dalam perangkat komputer PC, Chipset bekerja lebih spesifik dan terpisah dari CPU yang bekerja dalam menangani perhitungan. Di perangkat PC, Chipset justru bekerja mengontrol memori, grafis, sound, dan CPU itu sendiri. Lain hal dengan perangkat smartphone atau tablet. Chipset pada perangkat mobile sering dikenal sebagai sebuah SoC. Istilah ini berarti system-on-a-chip yang berarti sebuah chip silikon yang didalamnya terdiri dari semua komponen.

Di dalam sebuah SoC, terintegrasi berbagai komponen yang mendukung kinerja smartphone. Di dalamnya terdapat sebuah prosessor, pengolah grafis, memori, USB controller, pengontrol manajemen daya dan pengontrol konektivitas jaringan (WiFi, 3G, 4G LTE, dan sebagainya). SoC ini dibangun agar lebih efektif dan fungsional. Hal ini juga berhubungan dengan bentuk smartphone yang memiliki ukuran relatif kecil. Dengan teknologi SoC ini tentunya semua sistem bekerja lebih optimal dan memakan daya yang lebih sedikit dibandingkan dengan sistem CPU pada perangkat PC.

 

MACAM-MACAM CHIPSET SMARTPHONE

Setelah mengetahui perihal SoC, maka saatnya mengenal Chipset yang ada di smartphone atau tablet. Apa saja macam-macam Chipset tersebut? Berikut pemaparannya.

 

 

  1. MEDIATEK

Jenis Chipset yang pertama adalah Chipset MTK dari MediaTek. Perusahaan ini memang dikenal sebagai perusahaan penyedia Chipset terkemuka. Banyak Chipset dari perusahaan ini yang digunakan oleh berbagai vendor, baik ternama maupun vendor lokal atau perusahaan baru. Bahkan boleh dibilang, Chipset dari MediaTek saat ini cukup besar peredarannya. Hal ini tentu saja karena Chipset MTK dikenal sebagai Chipset murah namun memiliki kemampuan yang baik. Chipset dari MediaTek ini memiliki berbagai macam varian. Bahkan kini, Chipset yang diawali dengan kode MT dan diikuti dengan empat kode angka ini sedang mengembangkan Chipset 64-bit.

 

  1. EXYNOS

Samsung tidak hanya dikenal sebagai penyedia smartphone. Perusahaan ini juga memiliki divisi pengembangan System on Chip di bawah perusahaan Samsung Electronics. System on Chip (SoC) yang dikembangkan oleh Samsung ini dinamakan Exynos. Chipset dari Samsung ini umumnya digunakan untuk produk kelas atas seperti Samsung Galaxy Note 3 dan beberapa seri Samsung Galaxy Tab.

 

  1. SNAPDRAGON

Macam-macam Chipset lainnya adalah Snapdragon. Chipset yang dikembangkan oleh Qualcomm ini merupakan jenis Chipset yang paling terkenal dan paling banyak digunakan di smartphone kelas atas. Chipset dari Qualcomm ini memiliki keunggulan dari segi performa, konsumsi daya, dukungan grafis, dan koneksi 4G. Jenis Chipset yang terkenal dari perusahaan ini adalah Qualcomm Snapdragon 400 dan Qualcomm Snapdragon 800.

 

  1. NVIDIA TEGRA

Nvidia juga dikenal sebagai penyedia SoC yang cukup ternama. Perusahaan yang dikenal sebagai penyedia kartu grafis ini memang menghadirkan Chipset yang berkualitas. Salah satu Chipset andalannya adalah Nvidia TEGRA 3 dan Nvidia TEGRA 4. Kedua Chipset ini dikenal sebagai Chipset yang powerful terutama untuk mendukung kebutuhan bermain games baik lewat tablet maupun lewat smartphone.

 

  1. OMAP

Di Indonesia, Chipset OMAP memang jarang terdengar. Hal ini karena vendor lokal, bahkan vendor Asia jarang atau mungkin tidak pernah menggunakan Chipset yang dikembangkan oleh Texas Instrument ini. Chipset OMAP ini memang lebih dikenal di negara Amerika. Vendor yang banyak menggunakan Chipset ini juga banyak berasal bukan dari Asia. Sebut saja Motorola, Archos, dan juga Nokia. Namun, vendor Samsung, Lenovo, LG, dan Huawei juga pernah memakai Chipset OMAP pada beberapa produk mereka.

 

  1. PXA

PXA merupakan Chipset yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Marvell. Chipset ini memang jarang sekali terdengar. Namun beberapa perangkat Android banyak yang menggunakan Chipset ini. Samsung juga pernah menggunakan Chipset dari PXA ini namun yang paling banyak menggunakan Chipset ini adalah vendor Coolpad.

 

Demiikianlah penjelasan dan pemaparan tentang macam-macam Chipset dan pengetahuan tentang SoC atau system-on chip. Semoga informasi ini berguna bagi pembaca Portal Paseban. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel