Mengenal Langkah dan Strategi Perusahaan Polytron Elektronik dalam Pasar Mobile di Indonesia

9 Dec 2013 06:00 20827 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perusahaan Polytron dikenal sebagai penghasil perlengkapan barang elektronik. Televisi, radio lemari es, LED TV, dan masih banyak lagi barang elektronik lainnya pernah dibuat oleh Polytron. Ketika ranah mobile sedang hangat seperti sekarang, Polytron pun masuk ke ranah ini. Tak heran tidak sedikit produk Polytron berupa  smartphone dan tablet beredar di pasaran. Tentu produk smartphone dan tablet ini semakin meramaikan persaingan vendor lokal di pasar mobile.

Polytron elektronik dikenal sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang elektronik yang cukup besar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan 16 Mei 1975 di Kudus, Jawa Tengah. Perusahaan ini tadinya bernama PT. Indonesian Electronic & Engineering namun kini berubah nama menjadi PT. Hartono Istana Electronic setelah sebelumnya sempat juga berubah menjadi PT. Indonesian Electronic & Engineering. Kini perusahaan ini dikenal sebagai salah satu perusahaan elektronik terkemuka di Indonesia. Apalagi perusahaan ini memiliki ribuan karyawan yang membuat perusahaan ini semakin memantapkan diri sebagai perusahaan besar.

Perusahaan Polytron elektronik dikenal sebagai penghasil perlengkapan barang elektronik. Televisi, radio lemari es, LED TV, dan masih banyak lagi barang elektronik lainnya pernah dibuat oleh Polytron. Ketika ranah mobile sedang hangat seperti sekarang, Polytron pun masuk ke ranah ini. Tak heran tidak sedikit produk Polytron berupa  smartphone dan tablet beredar di pasaran. Tentu produk smartphone dan tablet ini semakin meramaikan persaingan vendor lokal di pasar mobile. Sayangnya produk dari Polytron ini kurang "manis" dari segi penjualan. Sadar akan hal ini, tampaknya Polytron melakukan strategi lain untuk tetap eksis di pasar mobile. Seperti apa gambaran strategi Polytron? SImak ulasannya berikut.  

Membangun Pabrik Sendiri

Sebenarnya  perusahaan Polytron  tidaklah murni membuat smartphone di Indonesia. Perusahaan ini mendesain dan merakit tablet serta smartphone di Tiongkok atau di Cina. Namun kabar baiknya, Polytron dalam waktu dekat akan membuat produk perangkat bergerak di  Indonesia. Tepatnya Polytron akan memindahkan produksi telepon seluler (ponsel) dari Tiongkok ke Indonesia. Sebuah pabrik di Kudus pun sedang dibangun sebagai sebuah pabrik yang khusus merakit perangkat bergerak besutan Polytron.

Dengan hadirnya pabrik perakit  smartphone di Indonesia tentu akan semakin membuat geliat teknologi dan informasi di Indonesia semakin meningkat. Polytron setidaknya menjadi perusahaan ketiga setelah Evercoss dan Axioo. Kedua perusahaan tersebut merupakan vendor lokal yang sudah memiliki prabik tersendirinya di Indonesia.

Kehadiran pabrik Polytron di Indonesia ini pun akan melahirkan daya serap tenaga kerja baru. Selain itu kehadiran pabrik ini pun akan membuat kemampuan industri elektronik di Indonesia selangkah lebih maju. Meski jika dibandingkan dengan negara maju, Indonesia masih tetap kalah karena chip masih tetap harus mengimpor, langah ini meupakan langkah baik. Setidaknya munculnya pabrik rakitan di Indonesia bisa membuat industri elektronik  melangkah kedepan. Dan itu sudah dilakukan oleh Polytron, Axioo, dan Evercoss. Tentu yang paling penting dengan kehadiran pabrik ini adalah harga produk yang bisa ditekan. Jika hal ini bisa dilakukan oleh Polytron, bukan tidak mungkin Polytron bisa menjadi vendor perangkat mobile yang ternama, setidaknya di Indonesia

Langkah perusahaan Polytron dengan menghadirkan pabrik rakitan ponsel sendiri merupakan salah satu langkah perusahaan ini untuk terus meningkatkan kualitas produknya. Tampaknya kedepan produk smartphone atau tablet besutan Polytron akan tampak berbeda dengan produk yang sebelumnya dibuat. Namun hal tersebut baru kemungkinan karena bagaimanapun keputusan ada di pimpinan Polytron. 

Jika ditelisik lebih lanjut, Polytron tampaknya memang sedang mempersiapkan langkah besar dalam menghadapi persaingan ketat bisnis pasar mobile. Perusahaan ini tampak mencoba mengeksesikan diri, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar Indonesia. Hal ini terlihat dengan langkah serius Polytron untuk mensponsori salah satu klub Inggris yang tampil di divisi utama, Everton. 

Tetap Fokus Perangkat Display

Apa hal tersebut  merupakan salah satu langkah Polytron untuk mengekspansi internasional dengan produknya terutama smartphone? Tampaknya strategi tersebut hanyalah langkah Polytron untuk memperkenalkan produk elektronik besutannya yang lain terutama LED TV.  Namun  tentu saja ada kemungkinan juga bahwa Polytron bisa memperkenalkan produk smartphone atau tablet ke publik internasional.

Meskipun ada niatan serius dari Polytron dalam meramaikan persaingan perangkat mobile produksi lokal, tampaknya Polytron masih tetap fokus pada ranah bisnis display.  Hal ini terbukti karena penjualan LED TV produksi mereka sangatlah bagus di pasaran. Bahkan bisa dibilang jajaran produk Display besutan Polytron mampu bersaing dengan merk ternama lain seperti Samsung, LG, Philips, dan sebagainya.

Setelah menguraikan tentang perusahaan Polytron, dapat diambil kesimpulan bahwa perusahaan ini memang berencana serius dalam merambah pasar mobile. Dukungan kehadiran pabrik rakitan, menjadi sponsor klub sepakbola adalah langkah-langkah yang akan membuat produk Polytron menjadi terkenal di internasional. Sayangnya tampaknya untuk urusan smartphone, Polytron tidak akan terlalu mengumbar produknya terlebih dahulu dalam waktu dekat. Fokus perusahaan ini tampaknya lebih ke ara TV LED terlebih dahulu. Barangkali Polytron masih butuh waktu setidaknya menunggu pembangunan pabrik selesai untuk fokus dan serius mengembangkan smartphone dan tablet berkualitas. Polytron tampaknya  harus belajar dari kurang terkenalnya produk smartphone mereka, seri Polytron Wizard yang tidak begitu baik penjualannya di pasar. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel