Kisah Sukses Pengusaha Muda Pendiri Blog Wordpress Matt Mullenweg

13 Jun 2013 07:00 3422 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Matt Mullenweg pantas menjadi sosok yang dijadikan inspirasi, Kisah Sukses Pengusaha Muda ini tidak hanya penuh perjuangan tetapi juga sebagai gambaran bahwa melakukan sesuatu yang dicintai tidak hanya menghasilkan uang tetapi juga memberikan kepuasan

Anda mungkin merasa asing ketika mendengar nama Matt Mullenweg. Namun, ketika mendengar kata Wordpress, Anda pasti tidak merasa asing lagi. Matt Mullenweg merupakan pendiri blog Wordpress, content management system yang banyak digunakan oleh penulis blog amatir hingga pengelola website profesional. Bagaimana perjalanan hidup Matt Mullenweg hingga akhirnya ia dan Wordpress bisa sukses seperti saat ini? Berikut ini adalah kisah sukses pengusaha muda pendiri Wordpress tersebut.

Pendidikan

Matt pada saat kecil diarahkan untuk mendalami musik. Oleh karena itu, ia disekolahkan di High School for the Performing and Visual Arts, sekolah yang khusus mempelajari seni, dan ia mempelajari jurusan musik jazz. Akan tetapi, bukannya mendalami musik, kisah sukses pengusaha muda ini bergulir ke arah yang lain. Ia malah lebih serius mengembangkan minatnya di bidang perangkat lunak. Sambil bersekolah ia kerap kali mengerjakan proyek pembuatan perangkat lunak yang bersifat Open Source.

Akhirnya ketika Matt berusia 19 tahun dan menjadi mahasiswa di University of Houston, ia memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya dan langsung memasuki dunia kerja. Ia terus melanjutkan apa yang didalaminya ketika duduk di bangku SMA, yaitu perangkat lunak Open Source. Matt bekerja di Cnet yang berlokasi di San Fransisco. Pada awalnya, hal ini adalah keputusan yang sulit, terutama bagi ibu Matt. Namun, ia mencoba meyakinkan dirinya dan mendukung jalan yang dipilih anaknya tersebut. Inilah awal kisah sukses pengusaha muda Matt Mullenweg.

Keluarga

Sebenarnya, keluarga Matt, terutama ayahnya, sudah tiak asing dengan hal yang berbau komputer. Ayah Matt adalah seorang teknisi komputer dan bekerja di Housten, Texas, sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Keluarga Matt juga menyukai musik, sehingga Matt sejak kecil mempelajari alat musik saksofon. Seiap hari Matt diperdengarkan dengan musik jazz di rumahnya. Ia juga merupakan seorang pencinta musik jazz. Namun, nasib berkata lain. Matt harus meninggalkan perguruan tinggi. Ia mulai bekerja di bidang perangkat lunak Open Surce. Kisah sukses pengusaha muda ini pun dimulai dengan restu dari kedua orangnyanya.

 

Baca juga :

                    Cara Memasang Iklan Google Adsense di Wordpress

                    Bubur Ayam Satrio yang Tak Pernah Dilupakan Penggemarnya

 

Karir

Kisah sukses pengusaha muda ini di dunia piranti lunak Open Source diawali ketika ia bekerja di Cnet. Di sana Matt memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman baru sehingga ia akhirnya memutuskan untuk membuat Wordpress. Sebelum seperti seperti sekarang ini, blog Wordpress sebenarnya diawali dari sebuah perangkat lunak Open Source yang bernama b2/cafelog.

Seiring dengan perkembangannya, Wordpress yang pada awalnya dimulai dari perangkat lunak Open Source b2/cafelog berkembang menjadi perangkat lunak yang berdiri sendiri. Ketika berdiri sendiri, Wordpress merupakan sebuah Open Source dengan lisensi GPL. Wordpress dalam kisah sukses pengusaha muda Matt Mullenweg lahir dari harapan terhadap sebuah sistem penerbitan yang bersifat personal dengan basis PHP dan MySQL dan dengan tampilan yang elegan.

Dalam perjalanan kisah sukses pengusaha muda pendiri Wordpress ini, terdapat beberapa orang lainnya yang turut mengambil peran mulai dari pendirian hingga pengembangan Wordpress. Ketika pertama kali didirikan, nama Wordpress merupakan usulan dari Christine Selleck,  teman Matt. Michael Valdrighi, pengembang b2, juga turut ambil andil dalam mengembangkan Wordpress.

Musik jazz merupakan salah satu bagian kisah sukses pengusaha muda Matt Mullenweg. Kecintaan Mat terhadap musik jazz tidak dapat ia lepaskan dari kecintaannya terhadap Wordpress. Terbukti, kode seri Wordpress selalu dinamai dengan nama pemusik jazz terkenal, misalnya Mingus untuk Wordpress 1.2 hingga Thelonius untuk Wordpress 3.0.

Mengenai model bisnis yang ingin diterapkan terhadap Wordpress, Matt ingin menjadikan Wordpress seperti eBay, Amazon, maupun Google yang memungkinkan orang lain memanfaatkan dengan maksimal apa yang telah ia buat. Inilah alasan untuk mempertahankan sifat Wordpress sebagai Open Source. Dengan bersifat Open Source, orang-orang dapat mengakses kode penyusun Wordpress secara bebas. Pada akhirnya, kisah sukses pengusaha muda ini berbuah manis. Banyak perusahaan yang menggunakan Wordpress, seperti New York Times, CNN, Nikon, Sony, National Geographic, maupun Ford.

Saat ini, semua usaha keras Matt yang terukir di dalam kisah sukses pengusaha muda ini telah menunjukkan hasil yang luar biasa. Wordpress telah digunakan sebagai platform oleh 66,283 juta website di seluruh dunia. Hal ini berarti Wordpress dijadikan platform oleh 16 persen dari total keseluruhan website dan digunakan oleh banyak perusahaan besar. Bahkan, pada tanggal 27 Mei 2013, bertepatan dengan ulang tahunnya yang kesepuluh, Wordpress telah menjalin kesepakatan investasi sebesar kurang lebih Rp490 miliar. [NAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel