Cara Aman Upgrade OS BlackBerry Menggunakan Desktop Manager

23 Apr 2012 14:00 22960 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebagian besar pengguna BlackBerry dengan sistem operasi lama tentu juga ingin merasakan sensasi OS BlackBerry terbaru tanpa harus membeli perangkat baru lagi. Hal ini bisa dilkukan dengan melakukan upgrade OS BlackBerry, untuk mendapatkan fitur terbaru yang tidak tersedia pada OS versi sebelumnya.

BlackBerry merupakan salah satu smartphone yang laris manis di Indonesia. Padahal, di negara asalnya sendiri yaitu Amerika Serikat, BlackBerry tidak begitu populer. Sebagian besar pengguna BlackBerry dengan sistem operasi lama tentu juga ingin merasakan sensasi OS BlackBerry terbaru tanpa harus membeli perangkat baru lagi. Hal ini bisa dilkukan dengan melakukan upgrade OS BlackBerry, untuk mendapatkan fitur terbaru yang tidak tersedia pada OS versi sebelumnya. Biasanya, jika ingin melakukan upgrade OS BlackBerry, Anda bisa datang ke toko ponsel langganan Anda dengan membayar jasa sebesar 50-100 ribu. Padahal, sebenarnya Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Cara upgrade OS BlackBerry, sangatlah mudah. Pastikan Anda melakukan backup semua data penting sebelum melakukannya, dan tentu saja untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Untuk melakukan upgrade OS BlackBerry menggunakan Desktop Manager yang biasanya sudah terdapat pada CD *installer* bawaan ketika membeli, Anda bisa melakukan langkah-langkah sederhana berikut:

1. Install terlebih dahulu BlackBerry Desktop Manager pada komputer atau laptop Anda.

2. Lanjutkan dengan install BlackBerry OS versi terbaru yang tentunya kompatibel dengan tipe BlackBerry yang Anda miliki. Anda bisa men-download OS BlackBerry tersebut di situs resmi RIM di sini atau juga bisa dari sumber lain yang terpercaya. Setelah men-*download* dan meng-install OS yang akan di-upgrade ke PC,restart PC Anda.

3. Hapus file vendor.xml di folder "C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader” lalu cari file bernama "Vendor.xml”

4. Sebelum proses upgrade OS BlackBerry berjalan, matikan semua network termasuk WiFi dan Bluetooth. Jalankan Desktop Manager, kemudian sambungkan BlackBerry Anda ke komputer. Pada tahap ini Desktop Manager akan melakukan deteksi otomatis untuk sinkronisasi data dilanjutkan dengan otomatis cek untuk update yang muncul. Jika OS baru tidak terdeteksi tutup Desktop Manager dan masuk ke director vendor.xml yang baru saja dihapus, klik loader.exe dan ikut petunjuk selanjutnya.

5. Saat terjadi permintaan untuk upgrade OS BlackBerry batalkan terlebih dulu. Pilih backup untuk menyalin data-data penting dari BlackBerry Anda. Perlu diperhatikan, proses backup tidak menyalin data di memory card, Anda dapat melakuan backup memory card secara rutin tanpa harus menggunakan Desktop Manager.

6. Setelah selesai melakukan backup, masuk ke application. Pilih aplikasi apa saja yang ingin ditambahkan atau dikurangi. Bagian OS yang akan di-upgrade adalah tulisan abu-abu dengan status required. Setelah selesai, klik apply dan ikuti perintah selanjutnya hingga proses upgrade OS BlackBerry selesai. Setelah selesai, akan muncul notifikasi bahwa Anda telah berhasil melakukan upgrade OS BlackBerry.

Anda harus melakukan setting ulang untuk waktu, email, WiFi dan pengaturan lainnya. Desktop Manager sudah bisa ditutup dan kabel data juga sudah bisa dicabut dari komputer. Tunggu sekitar 30 menit, baru Anda dapat menggunakan BBM. Apabila Anda langsung menggunakannya untuk BBM, dikhawatirkan akan terjadi reinvite atau grup BBM tidak bisa dikembalikan. Apabila proses upgrade OS BlackBerry terjadi kegagalan, ulangi langkah ke-enam. Cukup mudah bukan? Yang penting Anda mempunyai keberanian untuk mencobanya. [RK]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel