Mengetahui Fungsi dan Kelebihan Lensa Fix Atau Prime

14 May 2013 10:00 119750 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Yang terpopuler tentunya adalah lensa kit atau standard zoom, karena biasanya sudah merupakan satu paket pembelian kamera. Namun sudah tahukah Anda tentang lensa Prime dan kelebihan lensa Fix ini?

Seberapa tahu Anda tentang berbagai jenis lensa DSLR? Ada lensa kit (standard zoom), telephoto, makro, super zoom (sapu jagat), maupun lensa wide angle. Yang terpopuler tentunya adalah lensa kit atau standard zoom, karena biasanya sudah merupakan satu paket pembelian kamera. Namun sudah tahukah Anda tentang lensa Prime dan kelebihan lensa Fix ini?

Sebelum lebih jauh membahas mengenai fungsi dan kelebihan lensa Fix atau Prime, Anda harus tahu dahulu apa itu lensa Prime. Ada banyak sebutan untuk perangkat DSLR jenis ini, lensa Prime kadang disebut lensa Fix, lensa tetap yang dalam bahasa Inggris disebut Prime lens. Dari namanya saja sudah jelas, lensa tetap artinya sama saja dengan lensa dengan panjang fokus tunggal. Beberapa orang awam mungkin akan menganggap untuk apa lensa Prime yang tidak bisa zoom itu? Kamera handphone saja bisa melakukan zooming, kenapa lensa Prime dibuat tidak dapat melakukan perbesaran?

Tunggu dulu, pabrik tidak akan membuat lensa Prime yang tetap ini jika tidak memiliki keunggulan dan fungsinya. Perlu Anda ketahui bahwa lensa Prime diklaim memiliki nilai lebih untuk ketajaman hasil gambar. Didukung dengan ukuran yang cukup kecil, lensa Prime ini mempunyai bobot sangat ringan dibandingkan lensa jenis lain serta harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan lensa zoom pada kualitas dan fitur yang sama.

Lensa Prime yang tetap ini juga dibedakan dengan ukurannya masing-masing, di antaranya adalah 24, 35, 50, dan 85mm. Agaknya ukuran 50mm adalah ukuran lensa Prime yang paling banyak digunakan. Sebagai tambahan lagi, istilah Prime dalam bahasa Inggris untuk konteks pengertian lensa saat ini telah digunakan sebagai lawan kata zoom. Lalu apa saja kelebihan dan fungsi lensa Prime ini

Kecepatan lensa

Kecepatan adalah salah satu kelebihan utama dari lensa Prime. Salah satu contohnya pada lensa Prime ukuran 50mm ternyata mempunyai aperture maksimal yang bisa memungkinkan Anda memotret pada kondisi cahaya yang minim. Anda bisa mengatur bukaan maksimal hingga f/1.8 atau f/1.4 sehingga Anda dapat memotret di kondisi remang pada saat lensa jenis lain sudah tidak mampu. Sebagai tambahan, sebuah lensa Prime sangat handal untuk dipakai pada pemotretan low light photography serta dengan menimbulkan efek blur pada kedalaman  ruang (DOF) yang cukup rendah.

Ukuran tetap yang berguna

Keterbatasan lensa Prime yang tidak mampu melakukan zooming sebenarnya tidak menjadi penghalang untuk mencapai hasil gambar bagus. Karena ketetapan inilah, Anda bisa mengubah framing sebuah obyek foto dengan berpindah posisi atau menggerakkan badan dan kaki. Hal ini sebenarnya membantu Anda dalam membangun komposisi dan pemahaman tabiat terhadap lensa.

 

Baca juga :

               Sony ILCE-QX1, Lensa Pintar Pengubah Android Menjadi Kamera Mirrorless

               Review Modem Mi-Fi Andromax M2Y

 

Kualitas komponen optik yang mumpuni

Salah satu kelebihan utama lain dari lensa Prime yakni susunan optik didalamnya yang relatif lebih sederhana dibanding lensa jenis lain. Sebagai contoh, lensa Prime ukuran 50mm dengan harga murah sekalipun dapat memberi kualitas foto yang cukup tajam, bahkan bebas Chromatic Aberration.

Bagus untuk fotografi makro

Jika sudah mempunyai lensa Prime, untuk memotret fotografi makro tampaknya Anda tidak perlu lagi membeli lensa khusus makro. Cukup padukan lensa Prime dengan tambahan extension tube atau dengan reverse ring maka lensa murah ini sudah mampu bersaing dengan lensa makro khusus yang harganya mahal sekalipun. Ketajaman dan fokusnya dijamin sangat mumpuni.

Pembuatan foto bokeh

Semua lensa tampaknya bisa membuat foto bokeh atau dengan kedalaman ruang sempit. Namun tampaknya lensa Prime memiliki hal lebih dalam pemotretan bokeh, dan inilah salah satu kelebihan lensa Prime. Dengan aperture maksimal yang besar sehingga kualitas bokeh akan makin bagus pula.

Kecil, ringan dan mudah dibawa

Lensa Prime umumnya berukuran lebih kecil dibanding lensa kit standard zoom. Inilah yang membuat beberapa orang menyukai lensa ini, Anda bisa dengan santai membawa peralatan forografi tanpa harus membawa beban berat jika menggunakan Prime.

Harga yang murah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lensa Prime banyak dijual dengan harga yang relatif cukup murah. Salah satu contohnya Anda bisa membeli lensa Prime ukuran 50mm f/1.8 untuk Nikon maupun Canon hanya dengan harga sekitar Rp 1 jutaan. Bandingkan dengan lensa lain dengan kualitas sama namun harganya bisa mencapai Rp 3 jutaan untuk yang termurah. Dengan kelebihan lensa Fix ini, biasanya banyak digunakan oleh kalangan professional, namun bukan berarti tidak untuk pemula, Anda bisa mencobanya. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel