Cubify Cube - Printer 3D Portable untuk Menghasilkan Prototipe dengan Tingkat Presisi Tinggi

23 Mar 2012 16:00 4377 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Printer 3D bisa dikategorikan sebagai perangkat printer yang masih baru dan jarang ditemukan, terlebih lagi dengan harga yang tergolong masih mahal untuk ukuran sebuah printer. Sekarang ini, mungkin agak sulit untuk menemukan percetakan 3D, selain alat maupun jasa yang tersedia masih kurang mencukupi.

"Printer 3D" bisa dikategorikan sebagai perangkat printer yang masih baru dan jarang ditemukan, terlebih lagi dengan harga yang tergolong masih mahal untuk ukuran sebuah printer. Sekarang ini, mungkin agak sulit untuk menemukan percetakan 3D, selain alat maupun jasa yang tersedia masih kurang mencukupi. Oleh karena itu, 3D Systems Corporation menghadirkan Cubify Cube sebagai sebuah perangkat printer 3D dengan tawaran harga yang lebih murah dari printer lainnya. Pembuatan prototype di rumah bisa menjadi lebih mudah dengan adanya printer Cube 3D. Setidaknya itulah yang diharapkan 3D System sebagai perusahaan yang sama yang menemukan stereolithography. Cubify Cube merupakan sebuah "printer 3D" portable yang dirancang sangat sederhana, dan fungsi yang dimilikinya juga terbatas. Mungkin karena itulah harga printer 3D yang satu ini sedikit lebih murah dibanding printer 3D lainnya.

Cube adalah printer warna 3D dari Cubify, sebuah divisi dari 3D Systems. Hasil cetak yang dihasilkan menggunakan plastic jenis ABS yang terdiri dari 10 warna. Sementara itu, Cube Printer ini hanya dapat mencetak satu warna dalam satu waktu. Ketika Anda membelinya, Cube sudah menjadi satu kesatuan, jadi Anda tidak perlu lagi bongkar pasang printer 3D ini. Printer satu ini juga dibekali dengan kabel USB sekaligus WiFi, sehingga Anda dapat mencetak benda 3D secara nirkabel. Dengan jaringan WiFi ini juga memungkinkan Anda untuk langsuing melakukan *print*lewat perangkat smartphone Anda yang tentunya support WiFi. Cube sendiri dapat menghasilkan sebuah benda 3D dengan ukuran maksimal 140 x 140 x 140 mm dan berdasarkan uji coba yang dilakukan Cube dapat mencetak sebuah benda kecil yang berukuran seperempat inci dalam waktu kurang lebih 45 menit.

Printer 3D Cube ini cukup sederhana dan mudah digunakan, Cubify sendiri telah merencanakan untuk menyediakan library dari CAD file untuk editing. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk membangun sesuatu meskipun Anda bukanlah desainer yang berpengalaman. Ada pula layanan cetak Cubify Cloud 3D, di mana Anda akan mendapatkan banyak hal yang Anda inginkan, mulai dari prototype dengan single color hingga objek yang komplek dengan multicolor. Anda dapat memiliki printer 3D ini dengan harga $1299 atau sekitar 10 jutaan rupiah dan cartridge print dari EZ Load seharga $49.95 untuk tiap warna. [RK]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel