Cara Mengetik Cepat pada Layar Touchscreen Smartphone

22 Mar 2012 12:00 6704 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda seringkali kesulitan dan tidak mengetahui bagaimana **cara mengetik cepat** pada layar *touchscreen smartphone*, mungkin permasalahan Anda ini juga dirasakan oleh pengguna *smartphone* pada umumnya. Pada kesempatan ini, Plimbi akan sedikit mengulas cara mengetik cepat dan penggunaan aplikasi apa saja yang bisa menunjang pengetikkan layar *touchscreen* dengan cepat dan mudah.

Anda seringkali kesulitan dan tidak mengetahui bagaimana cara mengetik cepat pada layar touchscreen smartphone, mungkin permasalahan Anda ini juga dirasakan oleh pengguna smartphone pada umumnya.

Alternatif cara mengetik cepat yang biasa digunakan oleh sebagian pengguna smartphone touchscreen adalah mempergunakan keyboard virtual untuk. Ada berbagai keyboard virtual yang biasa dipakai oleh para pengguna smartphone, ada yang berbentuk seperti keyboard pada umumnya dan ada pula keyboard yang berbentuk tipis dengan tingkat fleksibelan tertentu.

Cara penggunaanya pun cukup mudah dan cepat, Anda tinggal menempelkan keyboard pembantu tersebut pada layar smartphone Anda . Setelah itu Anda pun bisa merasakan suasana pengetikan yang sama dengan keyboard pada umumnya pada notebook. Akan tetapi permasalahan kembali muncul dengan hadirnya keyboard virtual tersebut, dengan harga yang realtif tinggi banyak pengguna smartphone berlayar touchscreen yang enggan untuk meluangkan sedikit uangnya untuk membeli keyboard virtual ini.

Meskipun dengan harga yang relatif murah di kantong para pemilik smartphone ini, tetapi tetap saja mereka malas untuk mempersenjatai smartphone berlayar touchscreen-nya dengan keyboard pembantu ini. Alternatif cara mengetik cepat yang lain pun dipilih oleh sebagian pengguna smartphone ini, banyak dari sekian pengguna yang memakai aplikasi untuk mendukung kinerja pengetikkan keyboard dengan cepat. Mereka lebih memilih mempergunakan aplikasi ketimbang harus membeli keyboard virtual yang ada di pasaran.

Pada kesempatan ini, Plimbi akan sedikit mengulas cara mengetik cepat dan penggunaan aplikasi apa saja yang bisa menunjang pengetikkan layar touchscreen dengan cepat dan mudah. Berikut paparannya:

Penggunaan Vlingo

Aplikasi ini dapat membantu Anda semua yang membutuhkan akses cepat dalam pengetikkan. Aplikasi cara mengetik cepat ini tergolong canggih, karena dapat mengintegrasikan semua yang Anda butuhkan terkait kebutuhan pekerjaan. Anda dapat mempergunakan Vlingo ini untuk mencari nomer kontak, mengirim pesan atau email, mencari situs atau informasi pada search enggine yang biasa Anda gunakan. Dengan Vlingo ini, Anda dapat menghemat penggunaan jari untuk mengetik pada layar touchscreen smartphone yang Anda miliki. Dengan kontrol suara ini, Vlingo seolah menjadi asisten Anda dalam hal pengetikkan dan pencarian konten. Aplikasi Vlingo dapat diunduh secara gratis pada situs Google Play Shop.

Penggunaan Google Voice

Serupa dengan aplikasi Asisten Voice lainnya, Google Voice juga hadir menjadi alternatif lain Anda dalam membantu pengetikkan layar touchscreen smartphone yang dimiliki. Berbeda dengan Aplikasi Vlingo yang sudah dibahas di atas, Aplikasi Google Voice ini mengambil segmen para pengguna smartphone dengan versi OS Froyo. Jadi penggunaanya tidak membutuhkan versi OS yang terlalu tinggi untuk men-support kerja aplikasi ini. Selain itu pula, Google Voice juga memiliki keunggulan yang tidak dimiliki aplikasi serupa. Yaitu supportnya dengan beberapa perintah yang cukup familiar, misalnya Send Text To, Call, Send Email To, Navigate To, Direction To dan Map Of. Jadi kesimpulannya Anda bisa memilih aplikasi pendukung Voice yang sesuai dengan kebutuhan Anda saja, karena memang setipa aplikasi asisten seperti itu memiliki keunggulan masing-masing.

Pergunakan Android Voice-To-Text

Yaitu sebuah fitur penerjemah pengenal suara/voice. Fitur ini biasanya sudah support untuk smartphone dengan versi OS Android 2.1 ke atas. Dengan fitur ini Anda dapat semakin mudah mengetikkan suatu teks dengan fitur penerjemah tersebut. Fitur pemindaian suara menjadi salah satu keunggulannya, Anda tinggal menyentuh tanda microphone di jajaran bawah pada keypad virtual atau dengan menyapu jari kearah kanan guna memunculkan Box Speak Now. Nah, sesaat kemudian Anda tinggal mengucapkan kata yang ingin Anda ketik, secara otomatis system pun akan menerjemahkan dan menampilkannya dalam bentuk tulisan. Dengan kecepatan pemindaian tersebut Anda akan semakin terbantu mengetik suatu teks atau SMS.

Pergunakan Fitur Prediksi SwiftKey

Tips cara mengetik cepat berikutnya adalah penggunaan fitur prediksi SwiftKey, sama persis dengan fitur prediksi kata menggunakan Bahasa Inggris atau biasa disebut T9. Dengan fitur ini Anda bisa mempertinggi kecepatan pengetikkan teks pada keyboard layar touchscreen tersebut. Dengan penebakan kata yang cepat itulah Anda bisa memangkas kecepatan penulisan teks tersebut. Fitur SwiftKey ini dapat menebak sesuai dengan sinonim kata atau EYD yang telah ada atau terinstal di ponsel. Anda pun dapat menyimpan kata favorit Anda sendiri dalam fitur ini. Jadi apabila lain kali Anda ingin mengulang kata yang sama, maka fitur ini telah dengan cermat dapat menebaknya. Dan proses pengetikkannya pun akan semakin efesien.

Dengan sedikit paparan cara mengetik cepat dari Plimbi ini, semoga Anda semakin terbantu dalam setiap penggetikkan layar touchscreen pada smartphone yang dimiliki. [AD]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel