Apakah Tablet PC Windows 8 Akan Menjadi Penantang Serius The new iPad?

21 Mar 2012 19:00 3623 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada satu hal yang membuat rilis the new iPad kali ini berbeda dengan produk sebelumnya: The new iPad akan menjadi perangkat Apple yang secara langsung *head-to-head* dengan tablet PC Windows 8 yang juga akan tiba tahun ini.

Sekarang the new iPad telah terungkap, semua orang memberikan komentar apakah itu mengecewakan atau upgrade yang dilakukan merupakan terobosan fantastis. Tentu tak satu pun dari komentar ini memiliki pengaruh dalam keberhasilannya. Setiap peluncuran produk iPhone dan iPad sebelumnya selalu terjual dalam jumlah yang sangat besar tidak peduli apa yang dikatakan para ahli, pembenci maupun fanboy. Namun, ada satu hal yang membuat rilis the new iPad kali ini berbeda dengan produk sebelumnya: The new iPad akan menjadi perangkat Apple yang secara langsung head-to-head dengan tablet PC Windows 8 yang juga akan tiba tahun ini.

Sistem operasi Microsoft ini akan menelurkan spesies tablet PC baru yang sama sekali berbeda dibanding perangkat Android yang sejauh ini merupakan kompetisi utama Apple. Dan jika Microsoft memainkan kartunya dengan benar, bisa jadi tablet PC Windows 8 akan menjadi salah satu produk yang akhirnya memberi iPad tantangan serius di pasaran.

Sejauh ini, belum ada produk yang mampu melakukan hal tersebut. Tantangan pertama yang nyata adalah dari tablet Android seperti Xoom Motorola, namun sebagian besar diabaikan oleh konsumen. Tablet PC lebih baru dan upgrade terbaru Android tentu akan lebih baik, tetapi mereka masih terhambat oleh ekosistem yang masih kurang berkarakter seperti iPad. Mampukah tablet PC Windows 8 memiliki karakter yang dibutuhkan seperti ini?

Tablet Non-Contenders

Non-Android tablet bahkan tampak lebih buruk lagi. Peluncuran RIM atas BlackBerry PlayBook yang bisa dibilang meraba-raba dan kehilangan momen membuatnya nampak begitu buruk, dan bahkan hal ini mungkin merusak kredibilitas RIM secara keseluruhan. HP membunuh penawaran tablet PC miliknya, TouchPad yang hanya minggu setelah rilis, karena menyadari iPad adalah lawan yang tidak bisa mereka kalahkan.

Tentu saja, Amazon Kindle Fire dan Barnes & Noble adalah satu kisah sukses, tetapi dalam cerita sukses yang sedikit berbeda. Keduanya hanya berhasil mengukir nama di pasar tablet PC dengan menjual perangkat mereka di bawah harga normal. Jadi bisa dibilang kedua produk tablet PC ini tidak head-to-head dengan iPad, mereka mengambil remah-remah sisa pasar yang ditinggalkan iPad. Sejauh ini belum ada perangkat yang mampu untuk serius menantang iPad secara keseluruhan dan menggeser dominasi pasar tablet PC Apple.

Windows 8 to the Rescue?

Bisakah ksatria yang menyeimbangkan pasar tablet PC dari dominasi iPad adalah tablet PC Windows 8? Hal itu dianggap paling mungkin oleh para ahli, dan sebagai satu-satunya harapan melihat upaya gagal dari platform lain. Tetapi hal ini sepenuhnya bergantung pada bagaimana konsumen merespon user interface baru Windows 8, Metro.

Kepercayaan kepada Windows 8 adalah bahwa ia membawa UI yang sama untuk tablet PC dan PC tradisional (desktop dan laptop). Metro cocok untuk layar sentuh, tetapi ia juga berfungsi dengan mouse dan keyboard.

Ada alasan Microsoft melakukan hal ini, dan alasan itu tidak benar-benar membawa fitur tablet untuk laptop Anda, sebenarnya justru sebaliknya. Demi satu harapan untuk berhasil dalam tablet PC Windows, Microsoft telah meyakinkan tentara pengembang Windows untuk membuat aplikasi bagi tablet PC mereka. Tapi tidak ada yang akan mengembangkan aplikasi untuk OS yang belum terbukti kesuksesannya.

Namun, jika seluruh perangkat Anda, termasuk PC tradisional, menggunakan OS yang sama maka pengembang tidak punya pilihan selain untuk merancang aplikasi bagi OS tersebut. Windows 8 pada dasarnya mengubah semua developers Windows menjadi developers tablet PC, dan memberikan potensi kepada tablet PC Windows 8 untuk memiliki bahan bakar yang dibutuhkan dalam berkembang pesat dan akhirnya menjadi lawan nyata bagi iPad.

UI Metro, langkah brilian atau menjerumuskan?

Sekali lagi, ada satu hal yang bisa menjadi rintangan upaya Microsoft: konsumen menolak Metro. Windows 8 memungkinkan setiap pengguna mematikan Metro dan menggunakan UI desktop tradisional. Namun jika hal ini terjadi, banyak pengembang akan memilih untuk tidak membuat aplikasi Metro. Lagi pula, jika sebagian besar pengguna beralih ke UI Windows lama, mengapa repot-repot? Apabila hal ini yang nantinya terjadi tentunya upaya Microsoft untuk membangun tablet PC WIndows yang berbeda dari produk lainnya akan sia-sia.

Microsoft perlu untuk membuat Metro secara benar 100% jika menginginkan tablet PC Windows 8 memiliki harapan. Jika pengguna menyukai Metro, maka pengembang aplikasi akan mengikuti, dan ekosistem yang nyata akan muncul. Jika tidak, iPad mungkin akan menjadi tablet PC yang tetap mendominasi dan selalu dibicarakan dalam waktu yang sangat lama. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel