Veho VMS-004 - Perangkat Mikroskop Digital USB yang Memiliki Kemampuan Hingga 400x Pembesaran

21 Mar 2012 15:00 5119 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di zaman yang serba digital ternyata juga mempengaruhi perkembangan mikroskop menjadi mikroskop digital USB. Jika dulu harga mikroskop tergolong mahal, kini perangkat ilmiah ini dapat digunakan secara portable dengan harga terjangkau.

Jika ingat pelajaran Biologi di sekolah, tentu Anda pernah memakai alat yang bernama mikroskop. Alat ini digunakan untuk melihat benda yang berukuran mikro, yang mampu memperbesar obyek kecil sehingga mudah dilihat. Di zaman yang serba digital ternyata juga mempengaruhi perkembangan mikroskop menjadi mikroskop digital USB. Jika dulu harga mikroskop tergolong mahal, kini perangkat ilmiah ini dapat digunakan secara portable dengan harga terjangkau.

Mikroskop digital USB tersebut bernama Veho VMS-004. Veho sendiri biasa dikenal sebagai produsen scanner terbaik, lalu mereka menciptakan produk mikroskop digital USB dengan kualitas yang lebih baik lagi. Dengan alat ini, Anda dapat memperoleh sebuah mikroskop dengan perbesaran mencapai 200 kali dan secara langsung akan mengirimkan hasil gambarnya ke layar monitor komputer. Inilah cara menarik yang ditawarkan oleh Veho dalam menjelajahi dunia di kelas mikroskopis.

Hal pertama yang harus Anda sadari adalah bahwa mikroskop digital USB seperti Veho VMS-004 ini jauh berbeda dari mikroskop optik konvensional. Tidak ada pegangan untuk slide kaca, juga tidak terdapat cermin atau sumber cahaya di bawah objek untuk menerangi. Sebaliknya, mikroskop ini dibekali dengan LED putih yang mengelilingi lensa untuk menerangi objek dari atas. Alat ini sedikit mirip seperti menggunakan senter yang memiliki kamera built-in pada bagian lampunya.

Penemuan mikroskop digital USB ini didukung pula dengan sebuah applet yang disebut MicroCapture. Ini merupakan penampil yang cukup dasar, dengan mengambil sinyal dari mikroskop kemudian menampilkannya pada layar secara full-screen. Anda dapat menggunakan mikroskop digital ini untuk mengambil gambar dengan resolusi hingga 2650 x 1920 piksel, atau juga bisa dengan video yang berjalan 30 frame per second. Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk mengambil gambar adalah dengan menekan tombol yang ada di dekat tube, namun cara ini cenderung menggerakkan mikroskopnya. Jadi lebih baik untuk meng-klik MicroCapture saja.

Pembesaran rata-rata yang diklaim oleh Veho VMS-004 adalah 20x hingga 400x. Pada tingkat perbesaran 20x, frame yang diambil oleh mikroskop digital USB ini mencakup jarak satu sentimeter dari kiri ke kanan. Sedangkan pada mode 400x, sebagian besar frame yang dihasilkan sama dengan ruang antara tanda millimeter pada suatu penggaris. Bagaimana Veho VMS-004 ini memperbesar 20x dan 400x tepatnya masih kurang jelas. Informasi teknis tentang mikroskop digital Veho ini juga masih sangat sedikit.

Dengan hadirnya mikroskop ini, Anda tidak perlu mengintip lagi untuk melihat benda-benda mikro. Selain lebih murah meriah, perangkat ini cukup berguna untuk menghiasi meja kerja atau laboratorium pribadi Anda. Dengan harga sekitar US$80, Anda sudah bisa memperoleh sebuah mikroskop digital USB dengan kualitas terbaik. [RK]

 

26. Veho VMS-004 Deluxe USB Microscope Review

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel