Solusi dari RExa Education Center untuk 3 Masalah Besar Siswa SMA di Indonesia

8 Mar 2012 15:00 4360 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dengan mengusung semboyan-*Total Treatment, Total solution-*, RExa Education Center sebagai lembaga bimbingan dan konsultasi studi terkemuka terus mengembangkan diri. Di awali dengan suatu analisis terhadap tiga masalah besar yang menghinggapi siswa/i SMA di Indonesia, RExa berusaha mengembangkan suatu solusi total untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan mengusung semboyan"Total Treatment, Total solution”, RExa Education Center sebagai lembaga bimbingan dan konsultasi studi terkemuka terus mengembangkan diri. Di awali dengan suatu analisis terhadap tiga masalah besar yang menghinggapi siswa/i SMA di Indonesia, RExa berusaha mengembangkan suatu solusi total untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun tiga masalah utama yang yang menjadi centrum kajian analisis RExa adalah pertama, hambatan psikologis dan motivasi. Kedua, dasar-dasar berhitung. Ketiga, ketuntasan.

Hambatan psikologis dan motivasi yang terjadi terutama disebabkan oleh adanya trauma yang dialami para siswa terhadap pelajaran eksakta (Matematika, Fisika, Kimia). Siswa sudah memiliki respon negatif setiap kali belajar atau menghadapi soal-soal. Biasanya hal ini adalah hasil dari pengalaman belajar yang kurang menyenangkan di tahun-tahun sebelumnya. Masalah lain adalah masalah motivasi, seperti ketidakmampuan mengalahkan rasa malas.

Mengenai dasar-dasar berhitung, harus diakui ada fakta yang kurang menggembirakan. Yakni, sebagian (besar) siswa/i SMA masih lemah dalam hal dasar-dasar berhitung. Karena di tingkat SD dan SMP ketuntasan tidak tercapai, maka masih banyak skill dasar berhitung yang belum dikuasai siswa. Padahal pelajaran Matematika, Fisika dan Kimia hanya dapat dinikmati jika siswa sudah bisa "berlari” dengan skill berhitungnya.

Bagaimana dengan masalah ketuntasan? Seringkali, walaupun secara formil dinyatakan lulus dalam suatu bab tertentu, sebenarnya pemahaman siswa masih jauh dari tuntas. Dan karena dalam pelajaran eksakta satu bab dengan bab lain saling berkaitan, siswa menjadi kesulitan mengikuti bab-bab berikutnya.

SOLUSI : Delapan Kunci Sukses Bersama RExa

Setelah menganalisis beberapa masalah besar yang dialami siswa SMA di Indonesia, RExa mencoba menyajikan solusi pemecahannya. Dengan solusi ini, diharapkan para siswa dapat menempuh studi dengan lancar. Solusi dari RExa Education Center ini dinamakan "8 Kunci Sukses Bersama RExa”. Inilah kedelapan kunci sukses tersebut:

  • Merencanakan kesuksesan sejak awal

    Merencanakan kesuksesan dilakukan pertama, dengan cara mengikuti Diagnostik Test yang terdiri dari Tes Akademik, Psikotes, Talents Mapping dan Finger Print. Dengan mengikuti tes-tes tersebut siswa dapat mengenali potensi akademik dan bakat yang dimilikinya sehingga memudahkan perjalanan akademiknya, menetapkan tujuan serta menyusun rencana bersama RExa. Selanjutnya, siswa menetapkan tujuan dan menyusun rencana sukses bersama RExa.

  • Mengikuti bimbingan belajar kelas kecil

    Dengan kelas yang kecil, pemantauan terhadap kemajuan akademik per individu siswa dapat berjalan dengan baik. Di RExa Education Center, semua kelas bimbingan belajar adalah kelas kecil, terdiri dari 5 - 15 orang /kelas.

  • Belajar di tempat yang nyaman

    Untuk kenyamanan belajar ini, semua ruang belajar di RExa berkarpet dan ber-AC. Juga, ada ruang khusus untuk konsultasi. Dilengkapi pula dengan fasilitas WiFi 24 jam untuk membantu belajar. Dengan kenyamanan yang diberikan RExa, diharapkan siswa menjadi betah belajar. RExa menjadi rumah kedua bagi siswa.

  • Belajar dengan pengajar berkualitas

    RExa sangat menyadari peran krusial para pengajar dalam kesuksesan belajar siswa. Maka, RExa pun menyediakan para pengajar berkualitas lulusan PTN terkemuka (ITB, IPB, UNPAD, UPI) sehingga belajar menjadi mudah dan menyenangkan.

  • Fokus materi tes PTN sejak awal

    Bagi mayoritas siswa kelas XII SMA yang ikut bimbingan belajar, lulus tes masuk PTN merupakan tujuan utama mereka. RExa melayani keinginan siswa ini dengan memfokuskan belajar pada materi tes PTN sejak awal. RExa pun memberlakukan sistem moduler untuk memastikan siswa tuntas menguasai bahan.

  • Konsultasi di luar jam pelajaran

    Seringkali siswa merasa kesulitan untuk memecahkan soal-soal PR, tugas sekolah, dan lain-lain. Mereka membutuhkan tempat bertanya dengan waktu yang fleksibel. Untuk melayani kebutuhan siswa ini RExa menyediakan waktu dan ruangan khusus serta guru piket. Siswa dapat bertanya atau berkonsultasi kapan saja mereka inginkan di luar jam pelajaran.

  • Pemantauan berkala

    Pemantauan berkala dilakukan oleh RExa untuk memastikan program masih on the track (berada pada jalur yang semestinya). Dalam pemantauan berkala ini, tiap bulan siswa melakukan konseling dengan wali. Tiap bulan pula progress siswa dilaporkan ke orang tua. Siswa yang belum mencapai target mendapat treatment khusus.

  • Penguatan motivasi

    Untuk membangun kekuatan mental siswa, sebulan sekali diadakan training motivasi yang diberikan oleh trainer khusus.

By: Edi Atmawinataand Hartantofrom RExa Education Center

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel