Tool Untuk Belajar Bahasa Pemrograman Online dan Gratis!

13 Feb 2012 10:00 6465 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda bisa belajar menjadi seorang programmer secara online dan gratis. Tertarik dengan hal semacam ini, Paseban kemudian menemukan bahwa terdapat banyak tool belajar bahasa pemrograman lain yang bisa Anda manfaatkan secara gratis.

Plimbi pernah membahas Cara Mudah dan Interaktif "Belajar bahasa pemrograman" di Codeaacademy, di mana Anda bisa belajar menjadi seorang programmer secara online dan gratis.

Tertarik dengan hal semacam ini, Plimbi kemudian menemukan bahwa terdapat banyak "tool" belajar bahasa pemrograman lain yang bisa Anda manfaatkan secara gratis. Berikut "tool" tersebut: "Processing" Processing adalah bahasa pemrograman "open source" dan lingkungan untuk Anda yang ingin membuat gambar, animasi, dan interaksi. Situs ini salah satu cara "belajar bahasa pemrograman" termudah untuk Anda para desain grafis dalam memahami akar dari kode pemrograman yang sering mereka gunakan dalam mengolah gambar dan animasi menggunakan aplikasi edit foto atau animasi.

Processing bisa Anda klik di sini. "Bloc & Ruby" Ruby adalah bahasa pemrograman "open source" dinamis, mudah dimengerti dan produktif yang pertama kali dirilis pada 1995. Sintaks Ruby elegan, natural, mudah dibaca dan ditulis. Dan Bloc adalah situs untuk belajar bahasa pemrograman menggunakan bahasa pemrograman Ruby.

Situs belajar bahasa pemrograman ini memungkinkan siapa saja untuk membangun dan menggunakan aplikasi web pada browser mereka tanpa membutuhkan setup yang kompleks, serta langsung menunjukkan hasil. Apa beda belajar bahasa pemrograman menggunakan Codeacademy dengan Bloc? Codeacademy menggunakan JavaScript sebagai dasarnya, sementara Bloc menggunakan bahasa pemrograman Ruby di mana Anda bisa deploy aplikasi online Anda. Untuk lebih Ruby Anda juga bisa mengakses Tryruby. "Mozilla's Developer Network" Tentu Anda mengenal Mozilla dengan produk paling populernya Firefox.

Perusahaan pengembang salah satu "web browser" populer ini juga memiliki situs belajar bahasa pemrograman yang bisa membantu Anda belajar programming online dan gratis. Di situs Mozilla ini Anda bisa belajar HTML, CSS, dan JavaScript. Anda bisa mempelajarinya di sini. "Google Code University" Tidak mau kalah dengan Mozilla, Google juga memiliki situs belajar bahasa pemrograman. Pada Google Code University, Anda bisa menemukan pelajaran yang lengkap mulai dari bahasa pemrograman, pemrograman web, keamanan web, algoritma, hingga Android.

Google Code University bisa Anda pelajari di sini. "P2PU" P2PU adalah situs yang berisi guru dan siswa belajar bahasa pemrograman yang bisa saling berinteraksi secara gratis, lengkap dengan kursus dan tugas untuk Anda selesaikan. Kelas ini pada Haml dan SASS adalah contoh dari jenis program studi yang tersedia. Tertarik? Anda bisa mempelajarinya di sini. "Belajar bahasa pemrograman melalui perangkat iOS" Belajar bahasa pemrograman terakhir adalah secara mobile menggunakan iPhone atau iPad.

Tentu ide ini akan lebih menarik, Anda bisa belajar bahasa pemrograman sambil menunggu pesawat di bandara atau saat mobil Anda terjebak macet di perjalanan. Untuk belajar bahasa pemrograman melalui perangkat iOS, Anda bisa menginstal GLSL Studio, aplikasi yang memberikan kemudahan kepada Anda dalam belajar bahasa pemrograman dan menciptakan game melalui iPhone atau iPad. Anda bisa mendapatkannya di sini.

Aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk belajar bahasa pemrograman melalui iPhone atau iPad adalah PR0C3551N6. Aplikasi ini bisa digunakan pada iPhone, iPad, dan juga iPod Touch, sayangnya aplikasi ini masih belum tersedia di App Store, "coming soon".

Untuk informasi lebih jelas tentang PR0C3551N6, Anda bisa mengunjungi situs resminya di sini. Aplikasi baru iTunes U milik Apple juga bisa menjadi solusi untuk belajar bahasa pemrograman melalui perangkat iOS. Dengan memanfaatkan konten audio, video, buku, dan konten lainnya di iTunes U, Anda bisa mencari kategori pelajaran programming yang Anda inginkan. Anda bisa mendapatkan iTunes U di sini. Selamat belajar bahasa pemrograman! [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel