Tips Cara Menggunakan YouTube Secara Maksimal dengan Akses Fitur-Fitur Baru (2)

12 Feb 2012 18:00 4314 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebagai lanjutan dari artikel Tips Cara Menggunakan YouTube Secara Maksimal dengan memaksimalkan Setting, kini Paseban akan membahas tentang cara menggunakan YouTube secara maksimal dengan memanfaatkan fitur-fitur baru pada YouTube. Berikut fitur-fitur baru yang bisa Anda gunakan:

Sebagai lanjutan dari artikel Tips Cara Menggunakan YouTube Secara Maksimal dengan memaksimalkan Setting, kini Paseban akan membahas tentang "cara menggunakan YouTube" secara maksimal dengan memanfaatkan fitur-fitur baru pada YouTube.

Berikut fitur-fitur baru yang bisa Anda gunakan: "Keyboard Shortcuts" Keyboard Shortcuts umum terdapat pada "software" seperti Microsoft Words dan "software edit" foto untuk mempercepat proses penggunaan "software".

Tips cara menggunakan YouTube ini akan memberikan Anda Keyboard Shortcuts untuk mengoperasikan situs YouTube dengan lebih cepat. Ketika Anda melihat video, Anda bisa klik video untuk "pause/play" video. Spacebar pada "keyboard" Anda pun bisa menjadi "shortcut" untuk fungsi tersebut. Sementara tombol kiri dan kanan bisa berfungsi sebagai "shortcut" untuk "rewind" dan "fast forward," serta tombol atas dan bawah sebagai "shortcut" untuk kontrol volume. Dan "shortcut" terakhir pada "cara menggunakan YouTube" ini adalah tombol "Home" dan "End" pada "keyboard", yang akan berfungsi sebagai "shortcut" untuk membawa Anda pada bagian paling awal dan paling akhir video.

"Search dengan BAHASa yang Berbeda" Banyak bahasa yang ada di dunia ini, bahkan beberapa menggunakan penulisan huruf yang berbeda. Tips cara menggunakan YouTube berikutnya ini akan membahas cara memunculkan *on-screen keyboard* untuk bahasa asing tersebut. Tips cara menggunakan YouTube ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mencari video dengan mengetik dalam bahasa asing, tidak peduli keyboard komputer Anda tidak mendukung bahasa asing tersebut.

Untuk mengetik menggunakan bahasa asing dengan huruf yang berbeda”seperti huruf Arab, Yunani, Rusia, Thailand, dan masih banyak lagi pertama Anda harus mengubah "setting" bahasa dengan

cara: scroll ke bagian paling bawah halaman situs YouTube -> klik pada "drop-down menu" bahasa (secara default "drop-down menu" ini akan bertuliskan "English") -> pilih bahasa yang Anda kehendaki. Apabila Anda memilih bahasa dengan huruf khusus, ikon *keyboard* kecil akan muncul di YouTube "search bar", klik ikon tersebut untuk mulai mengetik.

Cara ini pernah Paseban ulas dalam pembahasan keyboard Hangul Korea, Anda bisa melakukan cara yang sama untuk pencarian setting bahasa di dunia yang lain. "Fitur "Leanback" "YouTube's "Leanback" adalah fitur yang diperkenalkan untuk browsing konten video lebih mudah melalui TV yang terkoneksi, tetapi fitur ini bisa Anda gunakan pada perangkat lain.

Cara menggunakan YouTube "Leanback" ini bisa Anda lakukan dengan login ke akun YouTube Anda dan akses link ini. Di awal tampilan "Leanback" Anda akan menemukan cara pengoperasian halaman situs tersebut.

Anda pun bisa menggunakan YouTube Leanback dengan "smartphone" Android sebagai "remote control". Untuk cara menggunakan YouTube Leanback dengan "smartphone" Android ini, klik "Try Something New" yang terdapat pada bagian paling bawah halaman situs YouTube -> kemudian pilih YouTube Leanback + YouTube Remote Android App.

"Game YouTube Slam" Satu lagi fitur baru dan menarik yang dimiliki oleh YouTube, yaitu YouTube Slam. Fitur ini lebih mengarah pada sebuah "game" di mana Anda bisa bermain membandingkan video. Saat ini kategori "game" membandingkan YouTube Slam adalah Cute Slam, Bizzare Slam, dan Comedy Slam.

Untuk cara menggunakan YouTube slam, klik "Try Something New" yang terdapat pada bagian paling bawah halaman situs YouTube -> kemudian pada pilihan pertama Anda bisa menemukan YouTube Slam, klik gambar yang tersedia. "Try Something New!" Apabila Anda mengakses fitur "Try Something New!" pada cara menggunakan YouTube Leanback + YouTube Remote Android App dan YouTube Slam diatas, di halaman tersebut Anda bisa menemukan fitur-fitur baru yang dimiliki oleh YouTube.

Anda bisa mencoba sendiri fitur-fitur baru tersebut dan mendapatkan cara menggunakan YouTube yang lebih maksimal, karena dari deskripsi yang dituliskan, fitur-fitur tersebut memiliki fungsi yang sangat menarik. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel